Analisis kemampuan koneksi matematis smp ditinjau dari belief siswa melalui media pembelajaran iSpring suite

Authors

  • Yusi Siti Latifah MTs Annajaat

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2665

Keywords:

Mathematical Connection, Belief students, iSpring Suite, Koneksi Matematis, Belief siswa

Abstract

Abstract

The mathematical connection ability of students in Indonesia is still relatively low. One of the influencing factors is the students' Belief. This study aims to determine students' mathematical connection abilities in terms of students' Belief through iSpring Suite learning media. This type of research is qualitative with descriptive analysis method. The research subjects were selected by purposive sampling technique, namely the eighth grade students of SMP in Garut, totaling 3 people. The data collection technique used was a student Belief questionnaire, mathematical connection ability tests, interviews and documentation. The data analysis technique used is data reduction, data presentation and conclusion. The results showed that students with moderate Belief had high mathematical connection abilities, students with high Belief had high mathematical connection abilities, and students with very high Belief had very high mathematical connection abilities. Thus the ability of mathematical connections in general is quite good when viewed from the students' Belief.

 

Abstrak

Kemampuan koneksi matematis siswa di indonesia masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah Belief siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari Belief siswa siswa melalui media pembeajaran iSpring Suite. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling, yaitu siswa kelas VIII SMP di Garut yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket Belief siswa, tes kemampuan koneksi matematis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan Belief sedang memiliki kemampuan koneksi matematis tinggi, siswa yang memiliki Belief tinggi memiliki kemampuan koneksi matematis tinggi, dan siswa yang memiliki Belief sangat tinggi memiliki kemampuan koneksi matematis sangat tinggi. Dengan demikian kemampuan koneksi matematis secara umum tergolong baik jika ditinjau dari Belief siswa.

References

Adni, D. N., Nurfauziah, P., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Efficacy Siswa. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 957–964

Afriansyah, E. A. (2021). Realistic Mathematics Education Berbasis Emergent Modeling untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis serta Curiosity Mahasiswa Calon Guru (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Anggraeni, N. S., & Sundayana, R. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Team Quiz Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 469-480

Indriani, R., & Sritresna, T. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMP Pada Materi Pola Bilangan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 121-130.

Fatimah, Sundayana. (2022). Kemampuan koneksi matematis berdasarkan disposisi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika. 1 (1), 69-82.

Hayyuningtyas, K., & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint danispring di android untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran ipa di kelas 3 sd. mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(1), 61-69. doi: 10.19105/mubtadi.v3i1.4804.

Indriani, N. D., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending dan Means Ends Analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 339-352

Ishak, D., Suherman, U., Maskur, M., & Margana, A. (2020). Efektivitas penggunaan media pembelajaran i-spring presenter untuk meningkatkan kemampuan tahfizh al-qur’an di pesantren persis tarogong. Teknologi Pembelajaran, 5(1), 964-973. doi: 10.17509/ghm.v3i1.28386

Isharyadi, Deswita, (2017). Pengaruh Mathematical Beliefs terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA. Jurnal Pythagoras. 6(1), 1-10

Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 17(1), 1–12.

Lestari, I., & Luritawaty, I. P. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Model Think Pair Share dan Problem Based Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 353-362.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM. NCTM

Romli. (2016) Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1 (2), 145-157.

Sugiman, (2008) Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 4 (1), 56-67.

Sundayana, R. (2018). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Sutiarso, (2017). Teacher's Beliefs dalam pembelajaran matematika dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 10 (2), 2-3.

Ulya, I. F., Irawati, R., & Maulana. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121–130.

Warih, P. D., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Phytagoras. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), Knpmp I, 377–384.

Wiharso, T. A., & Susilawati, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik dan Self Efficacy Mahasiswa melalui Model CORE. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 429-438

Wulandari, R. D. (2021). Pengembangan media interaktif powerpoint berbantuan aplikasi i-spring untuk meNomoruhkan karakter mandiri siswa sdn 1 gedangan. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 556-560

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Latifah, Y. S. (2024). Analisis kemampuan koneksi matematis smp ditinjau dari belief siswa melalui media pembelajaran iSpring suite. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(3), 474–497. https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2665

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.