Kemampuan representasi matematis siswa pada materi bilangan berdasarkan self-confidence

Authors

  • Nabilah Citra Amalia Ulfa Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Rostina Sundayana Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v1i2.1389

Keywords:

Mathematical Representation, Numbers, Self-confidence, Representasi Matematis, Bilangan

Abstract

The low ability of students’ mathematical representation has an effect on achievement in mathematics learning. Students find it difficult to understand what is known and asked, also are still not able to find a way out in solving the questions so that many students find it difficult to solve the problems given in the form of story questions. Low self-confidence is also an influence on student success because self-confidence itself is self-confidence in doing tasks and choosing good, appropriate and effective solutions. The purpose of this study was to analyze the mathematical representation ability of number material based on self-confidence. The subjects of this study were three class VIII junior high school students who were taken randomly. The data collection techniques in this study were tests, interviews, documentation, questionnaires. The results of this study indicate that: (1) Respondents with a high self-confidence category can solve problems on the sub-indicators of making mathematical equations or models from other representations, making image representations to clarify problems and facilitate solving, making problem situations based on the data or representations provided; (2) Respondents with moderate self-confidence and low self-confidence categories can only solve the problem in the sub-indicator to create a problem situation based on the data or representation provided.

Rendahnya kemampuan representasi matematis siswa berpengaruh terhadap prestasi dalam pembelajaran matematika. Siswa sulit memahami apa yang diketahui dan ditanyakan, juga masih kurang mampu mencari jalan keluar dalam menyelesaikan soal sehingga banyak siswa yang merasa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan dalam bentuk soal cerita. Rendahnya Self-confidence juga menjadi pengaruh terhadap keberhasilan siswa karena self-confidence itu sendiri merupakan kepercayaan diri dalam melakukan tugas dan memilih cara penyelesaian yang baik, tepat dan efektif.  Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan representasi matematis pada materi bilangan berdasarkan self-confidence. Subjek penelitian ini adalah tiga orang siswa SMP kelas VIII yang diambil acak. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dokumentasi, angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Responden dengan kategori self-confidence tinggi dapat menyelesaikan permasalahan pada sub indikator membuat persamaan atau model matematika dari representasi lain, membuat representasi gambar untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaian, membuat situasi masalah berdasarkan data atau representasi yang diberikan; (2) Responden dengan kategori self-confidence sedang dan self-confidence rendah hanya dapat menyelesaikan permasalahan pada sub indikator membuat situasi masalah berdasarkan data atau representasi yang diberikan.

References

Al Addawiyah, A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan dan Kemandirian Belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 111-120.

Azkiah, F., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 221-232.

Damayanti, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbandingan kemampuan representasi matematis siswa antara contextual teaching and learning dan problem based learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 30-39.

Handayani, H. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. I, hlm. 142–149.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/wp-content/uploads/sites/6/2019/08/Hard-Skills-dan-Soft-Skills.

Inayah, S., & Nurhasanah, G. A. (2019). Pengaruh Kemampuan Representasi Matematis Siswa terhadap Kepercayaan Dirinya. 12(1), hlm. 17–31.

Khoerunnisa, R., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP terhadap Materi Segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 165-176.

Mandur, K., Sadra, I. W., & Suparta, I. N. (2013). Representasi , dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika. 4, hlm. 65–72.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Mudzakir, H. S. (2006). Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP. Disertasi Tidak Dipublikasikan. Bandung: UPI.

Noviyana, I. N., & Dewi, N. R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau. 2, hlm. 704–709.

Nurbayan, A. A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari self-efficacy pada materi aritmatika sosial. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 93-102.

Ristiani, A., & Maryati, I. (2022). Kemampuan representasi matematis dan self-esteem siswa pada materi statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 37-46.

Sa’adah, N. R., & Sumartini, T. S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 505-518.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. 01(2), hlm. 33–44.

Salma, F. A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 265-274.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Syaifatunnisa, I., Noer, S. H., & Gunawibowo, P. (2015). Efektivitas Problem Based Learning terhadap Kemampuan Representasi dan Self-confidence Matematis Siswa. 1.

Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), hlm. 210–219.

Wijaya, Candra Bagus. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi ’ iyah Gondang. 4(2), hlm. 115–124.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Ulfa, N. C. A., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi bilangan berdasarkan self-confidence. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 193–200. https://doi.org/10.31980/pme.v1i2.1389

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.