Application of Positive and Negative Board Based on Montessori Method on Junior High School Students' Mathematical Connection Abilities

Authors

  • Utin Desy Susiaty IKIP PGRI Pontianak
  • Muhamad Firdaus IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i2.206

Keywords:

aplikasi, koneksi matematis, metode Montessori, positif negatif, application, mathematical connections, Montessori method, positive negative

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik aplikasi papan positif negatif berbasis metode Montessori terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Subjek penelitian adalah siswa di kelas VII SMP. Data dikumpulkan menggunakan teknik pengukuran dan teknik komunikasi tidak langsung. Soal tes kemampuan adalah alat pengumpul data. Berdasarkan hasil pengembangan, penelitian, dan diskusi tentang penggunaan papan positif negatif berbasis metode Montessori terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP, dapat disimpulkan bahwa pengembangannya mencapai tingkat kelayakan yang sesuai dengan kriteria validitas, praktisitas, dan efektifitas.

The aim of this research is to find out how well the positive and negative board application based on the Montessori method affects junior high school students' mathematical connection abilities. The research subjects were students in class VII of junior high school. Data was collected using measurement techniques and indirect communication techniques. Ability test questions are a data collection tool. Based on the results of development, research and discussions regarding the use of positive and negative boards based on the Montessori method on junior high school students' mathematical connection abilities, it can be concluded that the development has reached a level of feasibility that is in accordance with the criteria of validity, practicality and effectiveness.

References

Adrianto, D., & Pribadi, T. W. (2017). Perancangan Aplikasi Berbasis Android untuk Pemeriksaan Pengecatan Kapal Bangunan Baru. Jurnal Teknik ITS, 6(1). https://doi.org/10.12962/j23373539.v6i1.22775

Gunawan, W. (2019). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah. Jurnal Informatika, 6(1), 69–76. https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5373

Ikhsan, D. M., & Afriansyah, E. A. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Himpunan. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 5(2), 203-214.

Indriani, N. D., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending dan Means Ends Analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 339–352. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1266

Indriani, R., & Sritresna, T. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 121-130.

Istiqomah, Q., & Nurulhaq, C. (2021). Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Ekspositori. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 135-144.

Kosasih, U., Saputra, S., & Mutmainnah, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bernuansa Islami Terkait Kemampuan Koneksi Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 479-488.

Linda, L., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Self-efficacy pada Materi Segiempat dan Segitiga di Desa Sirnajaya. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 2(1), 20-43.

Lubis, R., Harahap, T., & Nasution, D. P. (2019). Pendekatan open-ended dalam membelajarkan kemampuan koneksi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 399-410.

Mariyah, Aprinastuti, & Anggadewi. (2017). Pengembangan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika pada anak dengan ADHD. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia Dengan Tema Peran Psikologi Perkembangan Dalam Penumbuhan Humanitas Pada Era Digital, 5(2), 240–250. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.2977

Montessori, M. (2002). The Montessori Method. Frederick A. Stokes Company.

Mutiarani, A., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat berdasarkan gender di desa sukamenak. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 1-14.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nurudini, N., Susiswo, S., & Sisworo, S. (2019). Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Tidak Lengkap dalam Diskusi Kelompok. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(10), 1323. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i10.12838

Nuryatin, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal On Education, 1(2), 61–67.

Puteri, J. W., & Riwayati, S. (2017). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Model Pembelajaran Conneted Mathematics Project (Cmp). FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 161. https://doi.org/10.24853/fbc.3.2.161-168

Ratnasari, D., Firdaus, M., & Susiaty, U. . (2019). Pengembangan Alat Peraga Papan Positif Negatif Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Koneksi Matematis pada Siswa SMP. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika, 1(1), 45–33.

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian. Alfabeta.

Ridwan, M. (2012). Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. PT SOFMEDIA.

Robiah, S., & Nuraeni, R. (2023). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa mts pada materi himpunan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 215-228.

Setiawan, E., Muhammad, G. M., & Soeleman, M. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 61-72.

Soleha, R. P., & Wulantina, E. (2023). Development of Mathematics Adventure Educational Game on SPLDV Material to Improve Students' Mathematical Connection Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 925-936.

Sulastri, E. (2023). Mathematical communication skills of junior high school students based on statistics. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 373-384.

Susiaty, U. D., Firdaus, M., & Andriati, N. (2021). Pengembangan Alat Peraga Papan Positif Negatif Berbasis Metode Montessori pada Siswa dengan ADHD. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 73–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.870

Tristanti, L. B., Ernawati, W., & Hidayati, W. S. (2021). Penerapan video media pembelajaran penjumlahan bilangan bulat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 413-424.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Susiaty, U. D., & Firdaus, M. (2024). Application of Positive and Negative Board Based on Montessori Method on Junior High School Students’ Mathematical Connection Abilities. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 361–370. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i2.206

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.