Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene

Authors

  • Firdha Razak STKIP Andi Matappa Pangkep
  • Rahmat Kamaruddin STKIP Andi Matappa Pangkep

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.483

Keywords:

Sikap Ilmiah, Hasil Belajar

Abstract

Matematika adalah pelajaran yang kurang diminati oleh siswa, dalam belajar lebih banyak siswa pasif, sehingga sikap ilmiah siswa kurang berkembang, sehingga hasil belajar siswa cenderung menurun. Sehingga guru matematika selalu berusaha mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa, yang berdampak pada hasil belajar siswa. Pernyataan tersebut menarik peneliti untuk mengambil isu studi kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene. Populasi yang diambil adalah kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene, dengan sampel penelitian kelas VIIIA sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data sikap ilmiah dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi sedangkan hasil belajar dengan menggunakan uji. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Signifikansi koefisien regresi dan model regresi kelinearan didapatkan pengaruh sikap ilmiah (X) terhadap hasil belajar (Y), menurut persamaan regresi Y = 0,0109 + 0.138X. Untuk menguji koefisien signifikansi regresi yang diperoleh t hitung 5.197 diatas tabel 2.02 maka Ho ditolak yang berarti koefisien regresi signifikan. Uji kelinearan diperoleh Fhitung 26,801 di atas Ftabel 4,08, dan signifikan 0,00 <0,05, maka Ho ditolak yang berarti pada hubungan linier dari sikap ilmiah dan hasil belajar. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene.

References

Ainurrahman. 2006. Belajar Dan Pembelajaran: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Bandung: Alfabeta.

Amin, Suyitno. 2012. Penilaian Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jakarta: Jurnal Pelangi Ilmu.

Anwar, Herson. 2009. Penilaian Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jakarta: Jurnal Pelangi Ilmu.

Anni, Catharina Tri. 2005. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPTK MKK UNNES.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Dimyati & Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Handini, Isriani. 2012. Strategi Belajar Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia.

Huda, Miftahul. 2011. Condition of Learning. Surabaya: .

Irianto, Agus. 2013. Statistik Konsep Dasar Aplikasi dan Penerapannya. Jakarta:

Mudzakar, Ahmad dan Jiko Sutrisno. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning. Jakarta.

Sudjana. 2011. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Sukino. 2006. Matematika untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga

Sukino. 2006. Matematika untuk SMP Kelas XI. Jakarta: Erlangga

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Downloads

Published

2018-01-31

How to Cite

Razak, F., & Kamaruddin, R. (2018). Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 133–142. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.483

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.