Pengembangan Soal Matematika Realistik Berdasarkan Kerangka Teori Program for International Students Assesment

Authors

  • Navel Oktaviandy Mangelep Universitas Negeri Manado
  • Derel Filandy Kaunang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.527

Keywords:

soal, matematika, realistik, PISA, Literasi matematika, problem, mathematics, realistic, Mathematical literacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal matematika realistik berdasarkan kerangka teori PISA yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan tipe penelitian formatif yang meliputi tahap preliminary (analisis dan pendesainan) serta tahap prototyping (evaluasi formatif). Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, walk through, tes, observasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Kevalidan dipenuhi berdasarkan validasi pakar secara kualitatif dari aspek konten, konstruk, dan bahasa. Kriteria praktis dipenuhi apabila memenuhi dua hal yaitu; (1) para pakar menyatakan bahwa apa yang dikembangakan dapat diterapkan, dan (2) kenyataan menunjukkan bahwa apa yang dikembangkan tersebut dapat diterapkan. Hasil yang diperoleh adalah telah dihasilkan prototipe soal matematika realistik berdasarkan kerangka teori PISA yang valid dan praktis dan efektif. Selain itu, hasil tes menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Tondano masih tergolong rendah dengan rata-rata nilai 19,6. 

This study aims to develop a valid, practical, and effective realistic mathematics problem based on the PISA theoretical framework. The method is developmental research with a formative research type which includes the preliminary stage (analysis and design) and the prototyping stage (formative evaluation). Data collection techniques in the form of documentation, walk-throughs, tests, observations, and interviews. The data analysis technique used is qualitative descriptive data analysis. Validity is fulfilled based on qualitative expert validation from aspects of content, constructs, and language. Practical criteria are fulfilled when fulfilling two things, namely; (1) the experts state that what is developed can be applied, and (2) the fact shows that what is developed can be applied. The results obtained are a realistic mathematical problem prototype based on the PISA theoretical framework that is valid, practical, and effective. In addition, the test results show that the mathematics literacy skills of grade IX students at SMP Negeri 3 Tondano are still relatively low with an average score of 19.6. 

References

Ahyan, S. (2012). Pengambangan Soal Model PISA Pada Konten Change and Relationship Untuk Mengetahui Kemampuan Model PISA Pada Konten Change and Relationship Untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis. Palembang: FKIP UNSRI

Annisah. (2011). Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penelaran Matematis

Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis. Palembang: FKIP UNSRI

Harahap, T. H. (2013). Penerapan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Nurhasanah Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal EduTech, Maret 2015, Volume 1.

Kemdikbud. (2011). Survey International PISA. Diakses November 29, 2016 melalui http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-intenational-pisa//

Kemdikbud. (2012). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud

Mangelep, N. O. (2013). Pengembangan Soal Matematika Pada Kompetensi Proses Koneksi dan Refleksi PISA. Jurnal Edukasi Matematika, Juni 2013, Volume 4.

Mangelep, N. O. (2014). Implementasi Workshop Pembelajaran Bangun Datar Dengan Pendekatan PMRI Bagi Guru Sekolah Dasar. Engineering and Education (E2J), 2(2).

Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika - VI, (KNPM6, Prosiding), 104-112.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan PMRI Dan Aplikasi GEOGEBRA. Jurnal Mosharafa, 6(2), 193-200.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Mosharafa, 6(3), 431-440

OECD. (2010). PISA 2009 Result: What Students Know and Can Do. STUDENT PERFORMANCE IN READING, MATHEMATICS, AND SCIENCE.

(Volume 1). Paris: OECD

OECD. (2010). PISA 2012 Mathematical Framework. Paris: OECD

Stacey, K. (2010). The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME). Juli 2011, Volume 2

Yosita, E. (2012). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Uncertainty Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis. Palembang: FKIP Unsri

Downloads

Published

2018-09-30

How to Cite

Mangelep, N. O., & Kaunang, D. F. (2018). Pengembangan Soal Matematika Realistik Berdasarkan Kerangka Teori Program for International Students Assesment. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 455–466. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.527

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.