Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan PMRI dan Aplikasi Geogebra
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.440Keywords:
pengembangan, perangkat pembelajaran, pendekatan PMRI, GeoGebra, development, learning materials, PMRI approachAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika pada pokok bahasan lingkaran menggunakan pendekatan PMRI dan Aplikasi Geogebgra yang valid dan praktis serta untuk mengetahui efek potensial perangkat tersebut terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh prototipe perangkat pembelajaran, rancangan pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa, dan soal tes hasil belajar yang valid dan praktis. Kevalidan dipenuhi secara kualitatif oleh para validator. Sedangkan, kepraktisan ditunjukkan oleh para ahli/praktisi telah menyatakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan pada siswa SMP, selain itu sesuai pelaksanaan pada tahap one to one dan small group, semua siswa dapat menggunakan perangkat pembelajaran dengan baik. Dari pengamatan aktifitas belajar siswa, hasil jawaban siswa, terlihat bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki efek potensial untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa. Selain itu dari hasil wawancara pada tahap field test, sebagian besar siswa mengatakan bahwa perangkat pembelajaran dengan menggunakan aplikasi geogebra untuk pokok bahasan lingkaran yang diberikan menarik, dan dapat memacu semangat dalam belajar matematika.
This study aims to produce the learning of mathematics on the subject of the circle using PMRI approach and Applications Geogebra valid and practical as well as to determine the potential effects of such devices on student learning outcomes. Based on the results obtained by the prototype development of learning tools, design implementation of learning, student worksheets, and learning about the test results are valid and practical. Validity fulfilled qualitatively by the validator. Meanwhile, practicality demonstrated by experts / practitioners have expressed learning tools developed can be applied to the junior high school students, in addition to the appropriate implementation of phase one to one and small group, all students can use learning device properly. From observations of student learning activities, the results of students' answers, it appears that the learning device developed has potential effect to improve student math skills. Besides of interviews on the field test stage, most students said that learning device by using GeoGebra application for a given subject interesting circle and may spur enthusiasm in learning mathematics.
References
Akker, J.v.d. (1999). Principes and Method of development research (Eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht : Kluwer Academic Publisher
Anwar dan Harmi. (2011). Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Depdikbud. (2013). Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kiswanto, A. (2015). La Ainiyah: http://eprints/uny/ac/id/26000/2/bab/2011/pdf.
Mangelep, N (2010). Penerapan Desain Perkuliahan ITP berbasis PMRI untuk pokok bahasan Integral. Skripsi. FMIPA UNIMA
Mangelep, N. (2013). Pengembangan Soal Matematika Pada Kompetensi Proses Koneksi dan Refleksi PISA. Jogjakarta: PPPPTK (Jurnal Edukasi Matematika Vol. 4 No. 7, Juni 2013)
Mujid, A. (2014). Software Matematika Dinamis GeoGebra Untuk Guru Matematika. UMN Al-Washliyah Medan
Pandani. (2013).Pengertian Perangkat Pembelajaran. http://pustaka.pandani.web.id/2013/03/pengertianperangkatpembelajaran.html. Diunduh Tanggal 21 September 2015.
Rosyidi, H. 2015. Analisis Ksulitan Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 4 Pandak Bantul Dalam Menyelesaikan Persoalan Lingkaran. Tesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. Philadelphia: Kogan Page.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.