Pembelajaran Matematika dengan Media Software GeoGebra Materi Dimensi Tiga

Authors

  • Syarifatul Maf’ulah STKIP PGRI Jombang
  • Suci Wulandari SMP NU Ma’arif NU Miftahul Ulum Gresik
  • Lia Jauhariyah SD Islam Roushon Fikr Jombang
  • Ngateno MA Al-Asy’ari Jombang

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.676

Keywords:

hasil belajar matematika, proses pembelajaran matematika, software GeoGebra, mathematics learning outcomes, mathematics learning process, GeoGebra software

Abstract

Kesulitan siswa dalam memahami materi dimensi tiga perlu diatasi. Misalnya dengan menggunakan bantuan media pembelajaran yang tepat seperti  Software GeoGebra. Penelitian bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran dan hasil belajar matematika menggunakan software GeoGebra. Penelitian deskriptif kualitatif ini terdiri dari 19 subjek kelas XII IPS salah satu MA swasta di Jombang. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa proses pembelajaran dengan media software GeoGebra diawali dengan menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengingatkan materi sebelumnya, menjelaskan unsur-unsur bangun ruang, memperkenalkan software GeoGebra, menjelaskan fungsi masing-masing menu, menjelaskan materi dimensi tiga menggunakan software GeoGebra, dan memberikan penguatan serta menyimpulkan inti materi yang telah dipelajari. Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah pemanfaatan GeoGebra. Software GeoGebra cocok digunakan untuk membantu siswa memahami materi dimensi tiga dengan baik.

Students' difficulties in understanding three-dimensional material need to be overcome. For example, by using the help of appropriate learning media such as GeoGebra Software. The purpose of this research was to describe the learning process and learning outcomes of mathematics using GeoGebra software. This qualitative descriptive study consisted of 19 subjects of class XII IPS, one of the private MA in Jombang. The research instruments are observation sheets, tests, and documentation. Based on the results of the study, it is known that the learning process using the GeoGebra software media begins with conveying the learning objectives and reminding the previous material, explaining the elements of spatial structure, introducing the GeoGebra software, explaining the function of each menu, explaining the Three-Dimensional material using the GeoGebra software, and closing with providing reinforcement and conclude the core material that has been studied. The results of other studies indicate that there are significant differences in student learning outcomes between before and after the use of GeoGebra. GeoGebra software is suitable to help students understand three-dimensional material well.

References

Andraphonova, N. V. (2015). Geometrical Similarity transformation in Dynamic Geometry Environment GeoGebra. European Journal of Comtemporary Education, 12(2), 116-128.

Arini, L., & Surya, E. (2017). An Analysis Of Realistic Mathematic Approch Effectiveness To Improve Student’s Visual Thinking Ability. IJARIIE, 3(2).

Damaningsih, E. N. (2016). Dampak Strategi Pembelajaran dan Kemandirian Peserta didik terhadap Hasil Belaja Matematika SMP Materi Him Himpunan. Naskah Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standart Isi dan Standart Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Hikmawati, dkk. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Tekno-Pedagogi, 3(2), 1-11.

Hohenwarter, M., Hohenwaeter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008). Teaching and Calculus with Free Dynamic Matgematics Software GeoGebra. ICME 11.

Ina V. S Mullis., et.al. (2012). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. MA: TIMSS and PIRLS International Study Center, 157.

Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Think Pair Share Sebagai Model Pembelajaran Kreatif Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35-46.

Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take And Give Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179-188.

Mahmudi, A. (2011). Pemanfaatan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Makalah terdapat pada Seminar Proceeding National Seminar on Science and Math Education. LPM UNY Yogyakarta Indonesia.

Misel, E. S. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Didaktik, 10(2), 27-36.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Fibonacci, 2(2).

Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207-222.

Rochim, A., Herawati, T., & Nurwiani, N. (2021). Deskripsi Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Geogebra dan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 269-280.

Sadiman, Arief. (2002). Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sahrudin, A. (2014). Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Peserta didik SMA. JUDIKA: Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 1-12.

Suandito, B. (2017). Bukti informal dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Al-Jabar, 8(1).

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Utomo, E. S., Rahman, F., & Fikrati, A. N. (2020). Eksplorasi Penalaran Logis Calon Guru Matematika Melalui Pengintegrasian Pendekatan STEM dalam Menyelesaikan Soal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 13-22.

Wasserman, N. H. (2010). Inside The Uteach Progam: Implications for Research in Mathematics Teacher Education. Journal of Mathematics Education at Teachers Collage, Spring Summer 2010, 1.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Maf’ulah, S., Wulandari, S., Jauhariyah, L., & Ngateno. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Media Software GeoGebra Materi Dimensi Tiga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 449–460. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.676

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.