Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Agus Yulianto Universitas Negeri Malang
  • Sisworo Yulianto Universitas Negeri Malang
  • Erry Hidayanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.731

Keywords:

daring, video pembelajaran, LKPD, PBL, motivasi, hasil belajar, online learning, tutorial videos, motivation, learning achievement

Abstract

Kemampuan guru memilih media dan mengemas proses belajar mengajar sangat menentukan keberhasilan belajar. Sebab, minat siswa dalam menggunakan buku teks masih kurang. Penelitian bertujuan menerpakan video pembelajaran guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Video pembelajaran dibuat untuk mendampingi LKPD. Subyek penelitian adalah 36 siswa kelas X Akuntansi salah satu SMKN di Trenggalek. Data hasil penelitian di olah dan dianalisis secara deskriptif. Siswa pada awalnya diberikan Vidio pembelajaran dan LKPD melalui WAG, selanjutnya sesuai jadwal masuk ke googlemeet yang sudah disediakan untuk pembahasan apa saja yang kurang jelas dari video pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa, meliputi: Siswa aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran daring, menyelesaikan LKPD yang diberikan tepat waktu sesuai dengan petunjuk yang diberikan, dan prestasi siswa meningkat dengan bantuan Vidio Pembelajaran. Pada siklus 1 tingkat ketuntasan peserta didik mencapai 77,8 % dan pada siklus II mencapai 92%. Video pembelajaran terbukti bermanfaat dalam meningkatkan motivasi belajar.

The teacher's ability to choose the media and package the teaching and learning process will determine success in learning. That was because students' interest to use textbooks is still lacking. This study aims to apply a learning video to increase motivation and learning outcomes. Learning videos made to accompany LKPD. The research subjects were 36 X student's Accounting at one of the Vocational High Schools in Trenggalek. Data from the research were processed and analyzed descriptively. Students are initially given learning videos and LKPD through WAG, then, according to the schedule enter the google meet that has been provided to discuss anything that is not clear from the learning video. The results showed an increase in motivation and student learning outcomes, including students being active in participating in online learning activities, students completing the LKPD given on time according to the instructions given, and student achievement increased with the help of learning videos. In cycle 1, the level of completeness of students reached 77.8%, and in cycle II, it reached 92%. Learning videos are proven to be useful in increasing learning motivation.

References

Abidin, Z., & Saputro, T. M. E. (2020). Google Classroom as a Mathematics Learning Space: Potentials and Challenges. Journal of Physics: Conference Series 1567:022094.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–89.

Astomo, P. (2021). Politik Hukum Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional Yang Responsif Di Era Globalisasi. Masalah-Masalah Hukum, 50(2), 172–83.

Atiyah, A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 103-112.

Burke, J., & Dempsey, M. (2020). Covid-19 Practice in Primary Schools in Ireland Report. Ireland: Maynoth University.

Dewi, R. P., & Afriansyah, E. A. (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Google Classroom pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 39-52.

Fauziah, R., & Puspitasari, N. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMA pada Pokok Bahasan Persamaan Trigonometri di Kampung Pasanggrahan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 325-334.

Ge, Z. (2021). Does Mismatch between Learning Media Preference and Received Learning Media Bring a Negative Impact on Academic Performance? An Experiment with e-Learners.” Interactive Learning Environments, 29(5), 790–806.

Handayani, S, E., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–64.

Hastini, Yossi, L., Fahmi, & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapat Meningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Z Di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28.

Hornstra, Lisette, Stroet, K., & Weijers, D. (2021). Profiles of Teachers’ Need-Support: How Do Autonomy Support, Structure, and Involvement Cohere and Predict Motivation and Learning Outcomes?. Teaching and Teacher Education, 99:103257.

Huda, M. (2018). Blended Learning: Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman (Blended Learning: Improvisation in Experience Writing Learning). Unimus, 8(2), 117–130.

Iswara, E., Darhim, D., & Juandi, D. (2021). Students' Critical Thinking Skills in Solving on The Topic of Sequences and Series. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 385-394.

Lupita, L., & Andriani, S. (2021). Video Edukatif Youtube Berbantuan Powtoon Aplication Berbasis Etnomatematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa SMP/MTs. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan matematika, 8(1), 11.

Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take And Give Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179-188.

Luritawaty, I. P., Herman, T., & Prabawanto, S. (2022). Analisis Cara Berpikir Kritis Mahasiswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 191-202.

Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 392—396.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Daring. Jurnal PERISAI (Jurnal Pendidikan dan Riset ilmu Sains), 1(1), 1-12.

Muawanah, E. I., and Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90-98.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73.

Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dan inquiry. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33-44.

Nopitasari, E., Rahmawati, F. P., & Ratnawati, W. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Blog Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1935–41.

Nurbayan, A. A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari self-efficacy pada materi aritmatika sosial. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 93-102.

Nuryatin, S. (2020). Adaptasi Metode Pembelajaran Melalui E-Learning Untuk Menghadapi Era New Normal.

Permatasari, R. P. D., & Afriansyah, E. A. (2022). Kendala orang tua dalam mendampingi siswa ditinjau dari hasil belajar matematika secara online. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 27-36.

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15.

Putri, N. K., Candiasa, I. M., & Suweken, G. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Transformasi Berbasis Geogebra. Jurnal Wahana Matematika Dan Sains, 10 (2), 25–35.

Reju, C. O., & Jita, L. (2018). Instructional Delivery and Students’ Experiences with Distance and Online Learning of Undergraduate Mathematics in Nigeria. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 19(2).

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran problem-based learning dalam implementasi kurikulum 2013 di smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260.

Sun, A., & Chen, X. (2016). Online Education and Its Effective Practice: A Research Review. Journal of Information Technology Education: Research, 15, 157–90.

Thahir, M., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Identifikasi Persepsi Dosen dan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Website (PBW) di Prodi Pendidikan Matematika FTK UIN Suska Riau. Jurnal Elemen, 4(2), 159.

Tristanti, L. B., Ernawati, W., & Hidayati, W. S. (2021). Penerapan Video Media Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Bulat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan matematika, 10(3), 413-424.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 264-278.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2).

Yu, Z., Gao, M., & Wang, L. (2021). The Effect of Educational Games on Learning Outcomes, Student Motivation, Engagement and Satisfaction. Journal of Educational Computing Research, 59(3), 522–546.

Zaneta, V. (2022). Media Game Online Ular Tangga Perkalian Bilangan Asli Dengan Pendekatan RME Kelas III SD. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 177-186.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Yulianto, A., Yulianto, S., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 403–414. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.731

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.