Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Respon Peralihan Matematik dari SMP ke SMA pada Materi SPLTV

Authors

  • Siti Zakiyah IKIP Siliwangi
  • Wahyu Hidayat IKIP Siliwangi
  • Wahyu Setiawan IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.555

Keywords:

pemecahan masalah matematis, deskriptif kualitatif, SPLTV

Abstract

Pemecahan masalah merupakan suatu kemampuan yang sangat kompleks di mata siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMA kelas X dan respon peralihan matematika SMP ke SMA terhadap materi SPLTV. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan objek penelitian siswa kelas X di salah satu SMA di Bandung Barat. Instrumen dalam penelitian ini adalah uji soal kemampuan pemecahan masalah dan angket kemampuan matematika siswa apabila ditinjau dari peralihan SMP ke SMA terhadap materi SPLTV. Jumlah soal yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak empat dari enam butir soal yang disediakan dengan angket yang berisikan sepuluh pertanyaan, yang terdiri dari empat pertanyaan tertutup dan enam pertanyaan terbuka. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 September 2018 dan 8 Oktober 2018. Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas X di Bandung Barat terhadap materi SPLTV tergolong tinggi, dengan persentase sebesar 79,868%. Siswa yang memiliki latar belakang pemahaman SPLDV yang baik cenderung mudah memahami SPLTV dengan baik pula.

References

Afriansyah, E. A. (2016). Investigasi Kemampuan Problem Solving dan Problem Posing Matematis Mahasiswa via Pendekatan Realistic. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3).

Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1).

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Questient Siswa SMP melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JNPM, 2(1).

Kafiar, E., Kho, R., & Triwiyono. (2015). Proses Berpikir Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi SPLTV Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 2(1), 48-63.

Kurniawati, V., & Rizkianto, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Guided Inquiry dan Learning Trajektory Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 369-380.

Nur, I. A. K., Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6).

Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Pembelajaran Pelangi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).

Riduan. (2007). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Ruseffendi, E. T. (1990). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiawan, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(1).

Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, M., & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17-33.

Zakiyah, S., Imania, S. H., Rahayu, G., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematik Serta Efisiensi Diri Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4).

Downloads

Published

2019-05-31

How to Cite

Zakiyah, S., Hidayat, W., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Respon Peralihan Matematik dari SMP ke SMA pada Materi SPLTV. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 227–238. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.555

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.