Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.564Keywords:
ADDIE, kemampuan representasi matematis siswa, pendekatan induktifAbstract
Kemampuan representasi matematis berkontribusi terhadap prestasi belajar matematika. Di lapangan kemampuan representasi matematis masih rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul dengan pendekatan induktif pada materi persamaan linear satu variabel untuk siswa kelas VII SMP/MTs, mengetahui learning obstacle (hambatan belajar) pada materi persamaan linear satu variabel, mengetahui kevalidan dari modul dan pedoman pembelajaran guru, serta apakah terdapat peningkatan sesudah menggunakan modul ini. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), tetapi dibatasi hanya sampai tahap ADD dan diujicobakan secara terbatas pada kelas VII SMP Negeri 1 Tengahtani. Instrumennya adalah soal tes kemampuan representasi matematis, lembar pedoman wawancara, lembar validasi modul dan lembar validasi pedoman pembelajaran guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat learning obstacle saat dilakukan uji coba soal. Kemampuan representasi matematis siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata sebesar 0,37 yang berarti nilai tersebut memiliki interpretasi sedang.
References
Afriansyah, E. A. (2016b). Makna Realistic dalam RME dan PMRI. LEMMA, II(2), 96–104. https://doi.org/10.22202/jl.2016.v2i2.578
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Annajmi, A. & Afri, L. E. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 95-106.
Chomsin, W. S. & Jasmadi. (2008). Panduan menyusun bahan ajar berbasis kompetensi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Effendi, L.A. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan vol.13, No. 2, Oktober 2012.
Ferdianto, F. (2015). Media Audio Visual pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI. Jurnal Euclid, Vol. 2, No. 2, PP.251-365.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka setia.
Hernandes, V., Isnaini, M., & Testiana, G. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Komputer pada Materi Kesebangunan di Kelas IX MTs Negeri 1 Palembang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 281-292.
Hutagaol, Kartini. (2013). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Progam Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Volume 2.
Mandur, K. (2013). Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, dan Disposisi Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA di Kabupaten Manggarai. E-journal Progam Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika, Volume 2.
Nasution, M. D., Nasution, E., Haryati, F. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan MATLAB. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 69-80.
Nurhikmayati, I., & Jatisunda, M. G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Scientific yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 49-60.
Ramziah, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X2 SMAN 1 Gedung Meneng Menggunakan Bahan Ajar Matriks Berbasis Pendekatan Saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 138-147.
Rizkianto, I., & Santosa, R. H. (2017). Analisis Buku Matematika Siswa SMP Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 229-236.
Sagala, D. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Strategi Pembelajaran Induktif terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xii Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumaryati, E. (2013). Pendekatan Induktif-Deduktif Disertai Strategi Think-Pair-Square-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kritis serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Infinity Journal, 2(1), 26-42.
Yamin, M. (2012). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.