Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Sri Sugiarti STKIP Garut
  • Basuki STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v3i3.319

Keywords:

Problem-based Learning, Mathematic Connections, Pembelajaran Berbasis Masalah, Koneksi Matematis

Abstract

Learning mathematics is meaningful if the students can connect the mathematical ideas, connecting between mathematical topic, connecting mathematics to other disciplines, and connecting mathematics in daily activity. The study quasi experiment with Non-Equivalent Control Groups Design was aimed to find out that the ability of mathematical connections that students gain in problem-based learning were better than getting a conventional learning and students' attitudes toward problem-based learning. The sample of this study was the students at Senior High School 2 Garut. Then, the results showed that: (1) The Ability of mathematical connections that students gain in problem-based learning were better than getting a conventional learning, (2) Students’ attitudes toward problem-based learning were positive.

Pembelajaran matematika akan bermakna apabila siswa dapat menghubungkan ide-ide matematika, menghubungkan antartopik matematika, menghubungkan matematika dengan disiplin ilmu lain, dan menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran konvensional, serta sikap siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah. Sampel populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Garut. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran konvensional, (2) Sikap siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah adalah positif.

References

Amir, M.T. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.

Mullis, etc. (2012). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. [Online]. Tersedia:http://timssandpirls.bc.edu/timss2011/downloads/T11_IR_Mathematics_FullBook.pdf. [23 Maret 2013]

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA.

OECD. (2013). PISA 2012 Result in Focus. [Online]. Tersedia: http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf. [12 September 2013]

Permana dan Sumarmo. (2007). “Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”. Educationist, Vol. 1.2 hal 116-123.

Puspitasari, N. (2011). “Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Vol. 1 hal 107-114. Tersedia: http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id. [23 Maret 2014].

Ruseffendi. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiman. (2008). Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. [Online]. Tersedia: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131930135/2008_Koneksi_Mat.pdf. [5 Oktober 2013]

Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sumarmo, U. (2006). “Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah”. Makalah, Universitas Pendidikan Indonesia.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontrukstivistik. Jakarta: Pustaka Setia.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Widjajanti,D.B. (2011). “Problem-Based Learning dan Contoh Implementasinya”. Makalah, Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2014-09-30

How to Cite

Sugiarti, S., & Basuki. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 151–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v3i3.319

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.