Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Authors

  • Geni Sri Elita Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Mhmd Habibi Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Aan Putra Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Nelpita Ulandari Institut Agama Islam Negeri Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.580

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pendekatan Metakognisi, Problem Based Learning, Mathematical Problem-Solving Ability, Metacognition Approach

Abstract

Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, mengajukan pertanyaan, membuat langkah-langkah penyelesaian, serta menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitafif. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Semerah Kerinci dengan jumlah 84 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Kelas VIII D dan VIII A masing-masing terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data kemampuan pemecahan masalah dilakukan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem-based learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Students have difficulty in solving story problems, asking questions, taking steps to solve, and solving the problems given. The purpose of this study was to determine the effect of problem-based learning models with metacognitive approaches to students' mathematical problem-solving abilities. This type of research is an experimental study using a quantitative approach. The instrument used was a description test. The population in this study was eighth-grade students of MTs Semerah Kerinci with a total of 84 people. Sampling is done by simple random sampling. Class VIII D and VIII A were respectively chosen as the experimental class and the control class. Data analysis of problem-solving ability is done using the t-test. The results showed that there was an influence of the problem-based learning model of learning with a metacognition approach to students' mathematical problem-solving abilities.

References

Abdurrozak, R., Jayadinata, A. K., & Atun, I. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1). 871-880.

Aditiyas, A. O., & Saadi, P. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Aktivitas Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(2). 11-22.

Ahmad, M., & Asmaidah, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3). 373-384.

Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica, 1(1). 29.

Bhoke, W. (2017). Hubungan Antara Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Mauponggo. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1). 29-43.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Habibi, M. (2018). Self-Determination in Mathematics Learning Process by Using Generative Multi–Representation Learning (GMRL) Model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012155). IOP Publishing.

Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di kelas. ERUDIO, 2(2). 14-20.

Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). 1-10.

Komala, E. (2017). Mathematical Resilience Mahaiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar I Menggunakan Pendekatan Explisit Intruction Integrasi Peer Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3). 357-364.

Kurniawati, V., & Rizkianto, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Guided Inquiry dan Learning Trajectory Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3). 369-380. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.38

Kusumawati, E. & Khair, M. S. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Problem BasedIntructions Terhadap Kemampuan Pemecahan masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). 213-223.

Lestari, H. N., Suganda, O., & Widiantie, R. (2017). Hubungan Antara Pengetahuan Metakognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning pada konsep Pecemaran Lingkungan di Kelas X. Quangga: 9(2), 28-37.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajarn Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). 166-175.

Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). 33-44.

Pratiwi, E. A., Rusdi, A., & Putri, A. D. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). 81-92. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.296

Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). 331-340.

Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1). 9-18. DOI: https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.326

Rohani. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran menggunakan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematika. Edu Sciense, 2(2). 19-27.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sopian, A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Resource Based Learning. Jurnal Elemen, 3(1), 97-107.

Tristiyanti, T., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi Dan Reciprocal Learning. JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 1(2), 4-14.

Usman. (2014). Aktivitas Metakognisi Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Pemecahan Masalah terbuka. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2). 21-29.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem Based learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2). 178-191.

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.580

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.