Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Authors

  • Ari Suningsih Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Ana Istiani Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.655

Keywords:

Hasil Belajar, Keterampilan Representasi Matematis, whatsapp grup, Learning Outcomes, Mathematical Representation Ability

Abstract

Permasalahan dalam riset ini merupakan rendahnya hasil ulangan harian siswa yang disebabkan oleh rendahnya keterampilan representasi matematis siswa. Riset ini ialah riset deskriptif dengan memanfaatkan instrumen berbentuk soal uji yang berupa soal penjelasan serta pedoman wawancara. subjek penelitian berjumlah 23 orang siswa, penerapan pembelajaran di lakukan secara daring di masa pandemi Covid-19. Instrumen riset di bagikan melalui whatsapp grup, serta wawancara dicoba lewat via telpon. Informasi yang diperoleh dianalisis buat mengenali keahlian representasi matematis siswa. Menurut hasil analisis lembar jawaban serta wawancara dari 23 siswa diperoleh kesimpulan jika ketercapain siswa pada indikator representasi visual 65,2%; indikator representasi ekspresi maupun persamaan 43,5%; dan indikator representasi kata-kata 41,2%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa masih perlu diperhatikan untuk dapat ditingkatkan.

The problem in this research is the low results of students' daily tests caused by the low mathematical representation skills of students. This research is descriptive research using an instrument in the form of test questions in the form of explanatory questions and interview guidelines. The research subjects were 23 students, the application of learning was carried out online during the Covid-19 pandemic. The research instrument was distributed via WhatsApp group, and interviews were tried via telephone. The information obtained was analyzed to identify students' mathematical representation skills. According to the results of the analysis of the answer sheets and interviews of 23 students, it was concluded that the student's achievement in the visual representation indicator was 65.2%; representation indicators of expressions and equations 43.5%; and indicators of representation of words 41.2%. This shows that the mathematical representation ability of students still needs to be considered so that it can be improved.

References

Ainy, C., Shoffa, S., & Soemantri, S. (2019). Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Mengajar Dosen dan Kualitas Pembelajaran dalam Perkuliahan Mata Kuliah Kalkulus I. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 1(2), 82. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v1n2.p82-94

Cahdriyana, R. A., Sujadi, I., & Riyadi, R. (2014). Representasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP N 9 Yogyakarta Dalam Membangun Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(6).

Damayanti, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 30-39.

DiSessa, A. A. (2018). Computational literacy and “the big picture” concerning computers in mathematics education. Mathematical thinking and learning, 20(1), 3-31.

Duval, R. (2017). Understanding the mathematical way of thinking-The registers of semiotic representations. Switzerland: Springer International Publishing.

Goldin, G. A. (2020). Mathematical representations. Encyclopedia of mathematics education, 566-572.

Gorev, P. M., Telegina, N. V., Karavanova, L. Z., & Feshina, S. S. (2018). Puzzles as a didactic tool for development of mathematical abilities of junior schoolchildren in basic and additional mathematical education. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(10), em1602.

Inayah, S., & Nurhasanah, G. A. (2019). Pengaruh Kemampuan Representasi Matematis Siswa Terhadap Kepercayaan Dirinya. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4852

Lestari, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis I-Spring Suite 8 pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1-11.

Lette, I., & Manoy, J. T. (2019). Representasi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 8(3), 569–575.

Lindquist, M. M., & Gates, J. D. (2020). National Council of Teachers of Mathematics. Teaching Children Mathematics. https://doi.org/10.5951/tcm.1.1.0053

Lisarani, V., & Qohar, A. (2021). Representasi Matematis Siswa SMP Kelas 8 dan Siswa SMA Kelas 10 Dalam Mengerjakan Soal Cerita. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 1-7.

Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran take and give dalam upaya mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179-188.

Nurpadilah, E., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Representasi Matematik Pada Materi Segi Empat Siswa Smp Kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 765-772.

Ott, N., Brünken, R., Vogel, M., & Malone, S. (2018). Multiple symbolic representations: The combination of formula and text supports problem solving in the mathematical field of propositional logic. Learning and Instruction, 58, 88-105.

Permendikbud. (2014). Permendikbud 79 Tahun 2014. Permendikbud 79 Tahun 2014 Tentang Muatan Lokal K13.

Purnama, R. N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Al Fattah Semarang. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika. https://doi.org/10.30659/kontinu.3.1.23-36

Rahman, T. (2017). Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i1.618

Romiyansah, R., Karim, K., & Mawaddah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Samsuddin, A. F., & Retnawati, H. (2018, September). Mathematical representation: the roles, challenges and implication on instruction. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012152). IOP Publishing.

Saragih, M. J. (2019). Perlunya Belajar Mata Kuliah Aljabar Abstrak Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 249-265.

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. Prisma, 8(1), 1-13.

Silaen, S. S., Sudjito, D. N., & Sudarmi, M. (2019). Pengembangan Tes Diagnostik Multi Representasi Eksternal (MRE) untuk Mengetahui Profil Kemampuan Representasi Konsep. Publikasi Pendidikan, 9(2), 98.

Sulistyowaty, R. K., Kesumah, Y. S., & Priatna, B. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Pembelajaran Collaborative Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6829.153-162

Ulfa, F. M., Asikin, M., & Dwidayati, N. K. (2019). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dengan Pembelajaran PjBL terintegrasi Pendekatan STEM. Prosiding Seminar

Umar, W. (2016). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2

Utami, N. A., Murtianto, Y. H., & Nizaruddin, N. (2020). Profil kemampuan representasi matematis ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 274–285.

Vernia, D. M. (2019). Peranan Pembelajaran Matematika Untuk Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha Siswa SMK Kota Bekasi. Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(1), 47-65.

Yanni, R. P. (2018). Persepsi Mahasiswa PPKn Tentang Pelaksanaan dan Kebijakan Uang Kuliah Tunggal di Universitas Negeri Padang. Journal of Civic Education. https://doi.org/10.24036/jce.v1i1.6

Yuniarti, Y. (2016). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1). https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2838

Downloads

Published

2021-05-30

How to Cite

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.655

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.