Kecerdasan Logis Matematis dan Linguistik sebagai Prediktor Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.658Keywords:
Kecerdasan Logis Matematis, Kecerdasan Linguistik, Hasil Belajar Matematika, Mathematical Logical Intelligence, Linguistic Intelligence, Mathematics Learning OutcomesAbstract
Latar belakang penelitian yaitu pentingnya kecerdasan logis matematis dan linguistik dalam mempengaruhi hasil belajar. Penelitian bertujuan memprediksi hasil belajar matematika siswa berdasarkan kecerdasan logis matematis dan linguistik. Metode penelitian yaitu korelasional-kuantitatif yang dilaksanakan di SMPN 16 Yogyakarta di kelas VII A, VII B, dan VII C tahun pelajaran 2019/2020. Peneliti menggunakan 30 siswa sebagai sampel dan teknik cluster random sampling sebagai metode pengambilan sampel, yaitu dengan mengambil 10 siswa pada setiap cluster yang ditetapkan. Dengan penggunaan cluster random sampling, peneliti dapat menentukan sampel dari pengambilan setiap cluster, sehingga sampel yang digunakan bisa merata. Instrumen yang digunakan adalah skala kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda yang dilakukan dengan SPSS 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif kecerdasan logis matematis dan linguistik terhadap hasil belajar matematika siswa. Kecerdasan logis matematis dan linguistik turut andil sebagai prediktor hasil belajar matematika siswa.
The research background is the importance of mathematical logical intelligence and linguistic in influencing learning outcomes. The research aims to predict student learning outcomes based on mathematical logical intelligence and linguistics. The method of research is correlational-quantitative which was carried out at SMPN 16th Yogyakarta in classes VII A, VII B, and VII C in 2019/2020. Researchers used 30 students as samples and cluster random sampling technique as sampling method, namely by taking 10 students in each cluster that was determined. By using cluster random sampling, researchers can determine the sample from each cluster, so that the sample used can be evenly distributed. The instrument used is a scale of logical-mathematical intelligence and linguistic intelligence. The data analysis technique used multiple regression analysis which was carried out with SPSS 25. The results of the analysis showed that there was a positive effect of mathematical and linguistic logical intelligence on students' mathematics learning outcomes. Mathematical logical intelligence and linguistic contribute as a predictor of student mathematics learning outcomes.
References
Abidin, Z. (2017). Pengembangan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) di Madarasah. Jurnal Elementary, 2(1), 120-131.
Ardilla, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Iskandar Muda Batam. Jurnal Pythagoras, 6(2), 175-186.
Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmara, & Junaedi. (2017). Trend Kurikulum dalam Pendidikan Matematika. Jurnal Sekolah Dasar, 2(1), 1-14.
Cheng, L., Ritzhaupt, A. D., & Antonenko, P. (2019). Effects of the flipped classroom instructional strategy on students’ learning outcomes: A meta-analysis. Educational Technology Research and Development, 67(4), 793-824.
Effendi, E., Mursilah, M., & Mujiono, M. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 17-23.
Ekasari, Y. (2014). Profil Kecerdasan Logika Matematika Dan Linguistik Siswa Kelas VII Smp Dalam Memecahkan Masalah Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. MATHEdunesa. 3(3).
Ernawati, R. (2019). Tiada Pendidikan Tanpa Kegiatan Belajar (Untuk Apa Belajar?). JURNAL SELARAS: Kajian Bimbingan dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 47-56.
Fajriani & Masni, D. E. (2018). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal terhadap hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pedagogy, 2(1), 63-73.
Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, 6(1), 85-99.
Fathani, H. A. (2016). Reorientasi Visi Pembelajaran Matematika Sekolah (Implikasi Teori Kecerdasan Majemuk Gardner dalam Praktik Pembelajaran Matematika di Sekolah). Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 01-10.
Hapnita dkk. (2017). Faktor Internal dan Eksternal yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Padang Tahun 2016/2017. Jurnal Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, 5(1), 20175-2182.
Haridi. (2018). Penerapan Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 7(2), 1-12.
Hasibuan, M. (2019). Hubungan Kecerdasan Linguistik dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Taman Siswa Lubuk Pakam. Journal of Compoter Network, Rchitecture, and High Performance Computing, 1(1), 41-48.
Hitalessy, M., Mataheru, W., & Ayal, C. S. (2020). Representasi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis, Linguistik dan Visual Spasial. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(1), 1-15.
Ibrahim. (2019). Pendekatan Ramah, Terbuka, dan Komunikatif pada Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Mercumatematika, 4(1), 39-46.
Ibrahim. (2020). Desain Penyajian Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Media Pendidikan Matematika. 8(2), 1-15.
Imanial, & Ayubi. (2019). Kombinasi Model RTE dengan Strategi PQ4R untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. AXIOMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Jember, 4(2), 81-89.
Irvaniyah, I., & Reza, O. (2014). Analisis Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin. EduMa, 3(1), 2086-3918.
Itnawati. (2016). Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, 2(3), 277-282.
Khotimah, H. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 116-123.
Kintu, M. J., Zhu, C., & Kagambe, E. (2017). Blended learning effectiveness: the relationship between student characteristics, design features and outcomes. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14(1), 1-20.
Koponen, T., Georgiou, G., Salmi, P., Leskinen, M., & Aro, M. (2017). A meta-analysis of the relation between RAN and mathematics. Journal of Educational Psychology, 109(7), 977.
Luritawaty, I., P. (2018). Pembelajaran Take and Give Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179-188.
Luritawaty, I., P. & Nuraeni, R. (2015). Model Advance Organizer dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13-19.
Luttenberger, S., Wimmer, S., & Paechter, M. (2018). Spotlight on math anxiety. Psychology research and behavior management, 11, 311.
Milsan, A., & Wewe, M. (2018). Hubungan antara Kecerdasan Logis Matematis dengan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(2), 65-69.
Mukarromah, L. (2019). Kecerdasan Logis Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika melalui Problem Posing pada Materi Himpunan Kelas VII MTs Nurul Huda Mojokerto. JP3, 14(8), 16-22.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 8-18.
Nurfaizi, M. N. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 1-15.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajeman Perkantoran, 1(1) 128-135.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216-2332.
Pingge, & Wangid. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambaloka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 146-167.
Pradana, M. A. M. (2019). Profil Antisipasi Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik dan Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 8(3).
Prihatini, dkk. (2018). Penerapan Konsep Matematika dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada FTK di UIN STS Jambi. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 15-28.
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Belajar Siswa dan Presepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, 1(2), 206-216.
Riana, dkk. (2017). Hubungan antara Kecerdasan Lingusitik dan Kecerdasan Logis Matematis Siswa di Kelas V SD Negeri Lamreung Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 15-23.
Rochmah, S. N. (2018). Hubungan Konsep Diri Guru Terhadap Regulasi Diri Anak Usia Dini (Penelitian Korelasional Pada Guru Dan Peserta Didik PAUD Di Kecamatan Sumedang Selatan). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 160-174.
Rofiah, N. (2016). Menerapkan Multiple Intelligences dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasae, 8(1), 68-79.
Sari, L. N. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII di MTSN 2 Padangsidimpuan. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 7(1), 69-82.
Sawawa, dkk. (2018). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin. Journal of Mechanisal Engineering Education, 5(1), 21-26.
Setyawan, & Simbolon. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kansai Pekanbaru. JPPM, 11(1), 11-18.
Sholihah, D., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175-185.
Siagian, D. M. (2016). Kemampuan Koneksi Matemtaik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67.
Simamora, E. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil belajar Matematika pada Materi Perkalian Siswa Kelas III SD Negeri 067093 Medan T.A 2018/2019. Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(1), 1-7.
Suandito, B. (2017). Bukti Informasi dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13-24.
Sumarsih. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas 4 melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya di MIN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(1), 2527-6794.
Syarifah. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Jurnal Imliah Sustainable, 2(2). 154-175.
Tayibu, N., Q., & Faizah, A., N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117-128.
Verdine, B. N., Golinkoff, R. M., Hirsh‐Pasek, K., & Newcombe, N. S. (2017). I. Spatial skills, their development, and their links to mathematics. Monographs of the society for research in child development, 82(1), 7-30.
Yuliani, S. R., Setiawan, W., & Hendriana, H. (2019). Analisis kesalahan siswa smp pada materi perbandingan ditinjau dari indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Journal on Education, 1(2), 77-82.
Zulaihah, M., & Rahaju, E. B. (2020). MATHedunesa, 9(2), 412-421.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.