Media Ludopoli pada Materi Aritmatika Sosial dalam Melejitkan Keaktifan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.683Keywords:
Media Ludopoli, Aritmetika Sosial, Keaktifan Murid, Ludopoli Media, Social Arithmetic, Student ActivityAbstract
Ludopoli dikembangkan sebagai media pembelajaran matematika. Dalam artikel ini, disajikan temuan bahwa ludopoli berperan meningkatkan pemahaman konsep bagi para murid. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berharap dapat mengumpulkan data yang mencerminkan keterlibatan murid dengan penggunaan media ludopoli dalam pembelajaran aritmetika sosial. Penelitian mengunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subjek murid kelas VII salan satu SMP di Malang sebanyak 19 siswi. Hasil analisis menunjukkan bahwa keaktifan murid sebesar 90,93 persen dengan kategori tinggi. Keaktifan itu ditandai dengan kesungguhan murid saat mencoba perangkat media ludopoli dan pembahasan kelompok hingga mampu menguraikan persamaan aritmetika sosial.
Ludopoli is one of the mathematical learning media that has been advanced. Based on the results of the trials that have been done, Ludopoli media helps students improve their understanding of concepts. Based on this, the researcher wants to obtain information that describes the activeness of students with the application of Ludopoli media in social arithmetic learning. The research used a qualitative descriptive method, with the subject of class VII students from one junior high school in Malang as many as 19 students. The outcomes of the analysis conducted by the researcher showed that the activeness of students was in a high category with a percentage of 90,93%. This activeness is shown by the seriousness of students in conducting experiments using Ludopoli media and group discussions so that they can find social arithmetic formulas.
References
Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII. JMSK: Jurnal Matematik Statistika&Komputasi, 15(1), 64-74.
Almaiah, M. A., Al-Khasawneh, A., & Althunibat, A. (2020). Exploring the critical challenges and factors influencing the E-learning system usage during COVID-19 pandemic. Education and Information Technologies, 25, 5261-5280.
Andayani, A. A. & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-10.
Ariyanto, L., Aditya, D., & Dwijayanti, I. (2019). Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40-51.
Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada Rineka Cipta.
Bylieva, D., Lobatyuk, V., Safonova, A., & Rubtsova, A. (2019). Correlation between the Practical Aspect of the Course and the E-Learning Progress. Education Sciences, 9(3), 167.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research.
Dila, O. R. & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 17-26.
Dimyati & Mudjiono, (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Engelbrecht, J., Llinares, S., & Borba, M. C. (2020). Transformation of the mathematics classroom with the internet. Zdm, 1-17.
Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 395-408.
Fitriana, I. N., & Mampouw, H. L. (2019). Skema Kognitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang Ditinjau dari Pendekatan Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 353-364.
Gustiani, D. D., & Puspitasari, N. (2021). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas VII di Desa Karangsari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 435-444.
Kamza, M., Ibrahim, H., & Lestari, A. I. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120-4126.
Kanaki, K., & Kalogiannakis, M. (2018). Introducing fundamental object-oriented programming concepts in preschool education within the context of physical science courses. Education and Information Technologies, 23(6), 2673-2698.
Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take And Give Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179-188.
Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239-248.
Nurfadilah, P., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Gesture Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 14-29.
Pitriani, Y., & Ocktaviani, N. N. (2020). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Menurut Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 287-298.
Purnomo, M. S. (2015). Peningkatan Minat Belajar IPA Materi Struktur Bumi Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas V SD Negeri Ronggo Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015.
Puspasari, R., Rinawati, A., & Pujisaputra, A. (2021). Pengungkapan Aspek Matematis pada Aktivitas Etnomatematika Produksi Ecoprint di Butik El Hijaaz. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 379-390.
Putri, N. K., Candiasa, I. M., & Suweken, G. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Transformasi Berbasis Geogebra. Jurnal Wahana Matematika Dan Sains, 10 (2), 25–35.
Sapitri, Y., Fitriani, N., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmetika Sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 567–574.
Skaalvik, E. M. (2018). Mathematics anxiety and coping strategies among middle school students: relations with students’ achievement goal orientations and level of performance. Social Psychology of Education, 21(3), 709-723.
Sudjana, N. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Suparmiasih, S. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Ivb Sdn Jajartunggal I/450 Surabaya Dalam Pembelajaran Daring Melalui Pemanfaatan Media Power Point Pada Kelas Teams Microsoft 365 Tahun Pelajaran 2020/2021. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 5(10), 757-770.
Suseno, W., Yuwono, I., & Muhsetyo, G. (2017). Persamaan linear dua variabel dengan pembelajaran kooperatif TGT. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1298–1307.
Suwarto, S. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 285-294.
Wagner, S., & Kieran, C. (2018). An agenda for research on the learning and teaching of algebra. In Research issues in the learning and teaching of algebra (pp. 220-237). Routledge.
Wicaksono, S. (2016). The Development Of Interactive Multimedia Based Learning Using Macromedia Flash 8 In Accounring Course. Journal of Accounting and Business Education , 1(1), 122-139.
Wodak, R. & Meyer, M. (2009). Critical Discourse Analysis: History, Agenda, Theory and Methodology, dalam Wodak, R. dan Meyer, M (eds.). Methods of Critical Discourse Analysis. London, New Delhi, Thousand Oaks, dan Singapore: Sage Publications.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.