Ethnomathematics: Two-Dimensional Figure Geometry Concept in the Balla Lompoa Traditional House in South Sulawesi

Authors

  • Ja’faruddin Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Ammar Naufal Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.834

Keywords:

etnomatematika, rumah adat, geometri, etnomathematics, traditional house, geometry

Abstract

Rumah adat Balla Lompoa merupakan bangunan adat yang dulunya digunakan sebagai istana tempat tinggal Raja Gowa. Sebagai bagian dari budaya, arsitektur tradisional dan ornamen pada Balla Lompoa berkait dengan konsep geometri yang jika digali dapat dijadikan sebagai bahan ajar. Kajian tentang konsep matematika dengan praktik budaya disebut etnomatematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif, dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan salah satu penjaga rumah adat Balla Lompoa. Eksplorasi rumah adat Balla Lompoa memperlihatkan berbagai konsep geometris bangunan datar seperti bujur sangkar, bujur sangkar panjang, segitiga, lingkaran, dan belah ketupat. Bentuk bangun datar ini dapat ditemukan di Balla Lompoa dan dapat menjadi salah satu bahan ajar berupa media pembelajaran, model dan pendekatan pembelajaran serta modul menggunakan Etnomatematika.

The Balla Lompoa traditional house is a traditional building once used as the palace of the King of Gowa's residence. As part of the culture, the traditional architecture and ornaments on the Balla Lompoa connect with the concept of geometry, which, if explored, can be used as teaching materials. The study of mathematical concepts with cultural practice is called Ethnomathematics. This study is a descriptive exploratory study, with data collected through observation and interviews with one of the guards of the Balla Lompoa traditional house. The exploration of the Balla Lompoa traditional house shows various geometric concepts of flat buildings such as squares, square Panjang, triangles, circles, and rhombuses. This flat shape can be found in the Balla Lompoa and can be one of the teaching materials in the form of learning media, teaching models and approaches, and modules using Ethnomathematics.

References

Afriansyah, E. A. (2016). Makna Realistic dalam RME dan PMRI. Lemma, 2(2), 145174.

Amirah, & Budiarto, M. T. (2022). Etnomatematika: Konsep Matematika pada Budaya Sidoarjo. Jurnal Ilmia Pendidikan Matematika, 311.

Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika terkait Konsep Matematika dalam mendukung literasi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 114-119.

Hariastuti, R. M. (2018). Konsep-Konsep Geometis dakam Rumah Adat Using Banyuangi Sebagai Dasar Pengembangan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 13-21.

Hartono, H., & Putra, M. I. R. (2022). Desain LKM elektronik bermuatan etnomatematika pada pakaian adat Dayak Iban dan bahasa Inggris. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 293-304.

Iqrima, I., Zulkarnain, I., & Kamaliyah, K. (2023). Soal Matematika dalam Materi Statistika Berbasis Etnomatematika untuk Mengukur Literasi Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 39-50.

Mar, A., Mamoh, O., & Amsikan, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Manunis Ka'umnais Suku UIM Bibuika Kecamatan Leobele, Kabupaten Malaka. Jurnal MathEdu, 155-162.

Meilina, A., Mariana, N., & Rahmawati, I. (2023). Implementasi lkpd pmri dalam materi membilang sampai 20 untuk siswa fase a sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 45-54.

Nuqthy, F., Nityana, A. H., & Navia, N. A. (2022). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal berbasis etnomatematika tipe multiple solutions tasks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 495-506.

Ruek, V. D., & Padmasari, E. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Tradisional Bubungan Tinggi Kalimantan Selatan. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 262-271.

Sari, E. P., Somakim, & Hartono, Y. (2018). Etnomatematika Pada KebudayaanRumah Adat Ogan Komering Ulu Sumatera Slatan. Journal of Medives, 137-144.

Sarwoedi, Marinka, D., O., Febriani, Wirne, & I, N. (n.d.). Efektifitas Etnomatematikadalam Meningkatkan KemampuanPemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia, 171-176.

Sulstsyani, A. P., Windasari, V., & Rodiyah, I. W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adata Joglo Tulungagung. 22-28.

Tandililing, P. (2015). Etnomatematika Toraja (Eksplorasi Geometris Budaya Toraja). Jurnal Ilmiah Matematika dan Pebelajarannya, 45-57.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Ja’faruddin, & Naufal, M. A. (2023). Ethnomathematics: Two-Dimensional Figure Geometry Concept in the Balla Lompoa Traditional House in South Sulawesi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 667–674. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.834

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.