Ethnomathematics of Traditional Houses on Two-Dimensional Figure Decomposition Material
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i4.1066Keywords:
Dekomposisi Bangun Datar, Etnomatematika, Rumah Adat, Ethnomathematics, Two-dimensional figures Decomposition, Traditional HouseAbstract
Abstrak
Penting bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan etnomatematika dalam memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan kemampuan siswa dalam etnomatematika konsep dekomposisi bangun datar. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixing methods). Instrumen yang digunakan yaitu lembar kerja peserta didik saat proses pembelajaran materi dekomposisi bangun datar. Subjek penelitian terdiri dari 15 siswa kelas IV B SD Negeri Bakipandeyan 01. Data yang dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu mereduksi, memaparkan, dan menyimpulkan. Hasil menunjukan bahwa nilai skor siswa ≥ 80 dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang dan persentase 100 % maka dapat disimpulkan tingkat kemampuan siswa dalam etnomatematika konsep dekomposisi bangun datar pada rumah adat Jawa dan menyebutkan sifat-sifat bangun datar tersebut sangat baik dengan kategori A. Dengan demikian, rumah adat Jawa dapat menjadi alternatif dalam sumber belajar Matematika pada materi Dekomposisi Bangun Datar.
Abstract
It is important for students to develop ethnomathematical abilities in solving daily life problems. This study aims to determine the level of students' ability in ethnomathematics of the concept of two-dimensional figures decomposition. This research uses mixed methods. The instrument used was student worksheets during the learning process of two-dimensional figures decomposition material. The research subjects consisted of 15 students of class IV B SD Negeri Bakipandeyan 01. The data were analyzed using qualitative data analysis techniques, namely reducing, describing, and concluding. The results show that the student score ≥ 80 with a total of 15 students and a percentage of 100%, it can be concluded that the level of students' ability in ethnomathematics the concept of decomposition of two-dimensional figures in Javanese traditional houses and mentioning the properties of these two-dimensional figures is very good with category A. Thus, Javanese traditional houses can be an alternative in learning resources for Mathematics on Two-dimensional figures Decomposition material.
References
Amalia, N. A., Wanabuliandari, S., & Rahayu, R. (2022). Pengembangan Ethno–Virtual Card Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dan Rasa Ingin Tahu. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 317-326.
Cahyadi, W., Faradisa, M., Cayani, S., & Syafri, F. S. (2020). Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(2), 157.
Dari, S. W., & Jatmiko. (2024). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Sains, Kesehatan, dan Pembelajaran 3, 269-278.
Hartanti, S., & Ramlah, R. (2021). Etnomatematika: Melestarikan Kesenian dengan Pembelajaraan Matematika. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(2), 33.
Karina, C. D., Supardi, & Suparman. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Indonesia Komunitas TGR (Traditional Games Return). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1599-1615.
Mathews, S. M., & Dr.S., Arulsamy. (2020). Role of Education in Transmitting Culture in Society. ResearchGate, 1 – 6.
Monalisa, A., Methalia, E., Yanti, Y. A., Syahrial, & Noviyanti, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 394-406.
Nada, A. Q., Wulandari, R. I., & Shaleh. (2023). Meningkatkan Asessmen For Leraning, Remidial, dan Pengayaan, Pendekatan Acuan Patokan (PAP) dan Pendekatan Acuan Normatif (PAN). Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 2690-2710.
Nurhalimah, S., Nur’aeni, E., & Nugraha, A. (2020). Desain Didaktis Sifat-sifat Persegi Panjang Berbasis Model Pembelajaran SPADE untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 235-245.
Nurniyati, T., Djafar, S., Putriyani, & Nurdin. (2024). Meta Analisis Pendekatan Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 1981-1993.
Putra, A. P. & Prasetyo, D. (2022). Peran Etnomatematika dalam Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. Jurnal Intersections, 7(2), 1-9.
Reginalis, M. (2021). Penerapan Permainan Kebetok dalam Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar Katolik Waibreno, 1(2), 29.
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656.
Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika berbantuan wingeom berdasarkan langkah borg and gall. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 176-186.
Setiani, D., Rahmawati, E., & Pramesti, S. L. D. (2023). Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Era Society 5.0. Prosiding Santika 3: Seminar Nasional Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Siregar, A. R., Pakpahan, A. F. H., Siregar, E. B., Giawa, F., Siregar, J. M., Ramadhani, N., et al. (2024). Etnomatematika Sebagai Sarana Penguatan Budaya Lokal Melalui Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding MAHASENDIKA III, 44-57.
Soebagyo, J., Andriono, A., Razfy, M., & Arjun, M. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 184-190.
Sulfayanti, N., Aziz, T. A., & Hakim, L. E. (2022). Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran terhadap Karakter Siswa. JPM: Jurnal Pendidikan MIPA, 12(4), 1167-1174.
Talo, Y. A., Cordia, G. M., Rato, E.A., Purnamasari, I, & Roka, D. (2024). Implementasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Rumah Adat dan Batu Kubur Sumba pada Materi Bangun Datar untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 384– 393.
Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A. M., Yolawati, N. N., Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., et al. (2020). Teori Brunner pada Konsep Bangun Datar Sekolah Dasar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 327-349.
Wahyuni, I., & Hasanudin, C. (2023). Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. PROSIDING: Seminar Nasional Daring, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.