Desain Buku Ajar Matematika Bilingual Materi Bangun Datar Menggunakan Pendekatan PMRI Berkonteks Kebudayaan Lokal

Authors

  • Lisnani Universitas Katolik Musi Charitas
  • Sheilla Noveta Asmaruddin Universitas Katolik Musi Charitas

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.515

Keywords:

design research, PMRI, buku ajar bilingual, kebudayaan lokal, bilingual text book, local cultural

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran dari sesuatu yang bersifat konkret menuju abstrak. Hal ini sejalan dengan materi bangun datar yang cenderung abstrak. Namun, pada kenyataannya cara pemikiran siswa bersifat konkret. Maka dari itu, untuk menjembataninya diperlukan pendekatan yang mengutamakan pembelajaran yang bersifat konkret yaitu pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Pendekatan ini dilakukan dengan cara mendesain buku ajar bilingual berkonteks kebudayaan lokal melalui serangkaian aktivitas pembelajaran bangun datar menggunakan pendekatan PMRI. Penelitian ini merupakan penelitian design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary design, the design experiment, dan retrospective analysis. Penelitian ini bertujuan menghasilkan lintasan belajar menggunakan buku ajar bilingual materi bangun datar. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan lembar aktivitas siswa. Data dianalisis menggunakan lembar validasi dari ahli. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan buku ajar bilingual ini dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang bangun datar dari tahap informal ke tahap formal.

Learning mathematics is learning deriving from abstract towards concrete similar to two-dimensional figure material. However, based on facts, the students’ thinking process is concrete, which is abstract. Hence, to connect them, it is advisable to prioritize concrete learning. That is through the Indonesia Realistic Mathematics Education (PMRI) approach by designing a bilingual Mathematics textbook based on local cultural context. This research is a design research consisting of three steps. There are the preliminary design, the design experiment, and the retrospective analysis. The aim of the research produce a bilingual textbook in which the material focuses on two-dimensional figures. Data collection by using observation sheets, interviews, and students’ worksheets. The data analysis by using a validation sheet from the expert. The research is that the use of bilingual textbooks using the PMRI approach can improve the students’ concept understanding in two-dimensional figures from informal to formal steps.

References

Adawiyah, R. (2015). Pengembangan Buku Ajar Biologi Bilingual SMA Kelas XI Semester 1. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015. Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, tema: “Peran Biologi dan Pendidikan Biologi dalam Menyiapkan Generasi Unggul dan Berdaya Saing Global”, 561 – 570.

Adisendjaja, H.&Yusuf. (2007). Analisis Buku Ajar Sains Berdasarkan Literasi Ilmiah Sebagai Dasar Untuk Memilih Buku Ajar Sains (biologi). Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Biologi di Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI American Society for Training & Development. 2007. Job Aid: ISD Models.

Afriansyah, E. A. (2017). Desain Lintasan Pembelajaran Pecahan melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Mosharafa: Jurnal

Pendidikan Matematika, 6(3), 463–474.

Bakker, A. (2004). Design Research in Statistics Education on Symbolizing and Computer Tools. Amersfoort: Wilco Press.

Depdiknas. (2005). Pendekatan Pembelajaran Matematika. Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Djaali. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiyasarana Indonesia.

Fuadi, R., dkk. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika, 3(1), 47-54.

Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis di Sekolah Menengah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13–24

Gravemeijer, K. & van Erde, D. (2009). Design research as a means for building a knowledge base for teachers and teaching in math education. The elementary School Journal, 109(5), 510–524.

Gravemeijer, Koeno, & Cobb, Paul. (2006). Design Research from a Learning Design Perspective. New York: Routledge.

Plomp, T. & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research. Netherlands Institute: SLO.

Pramana, R.C.I., (2017). Design Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Depok: Raja Grafindo Persada.

Rahayu, T., dkk. (2008). Pengembangan Instrumen Penilaian Dalam Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SMP Negeri 17 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 19–35.

Sarumaha, Y. A. Percentage Bar: A Model for Helping Fifth Grade Students Understand Percentages. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2). 155-166.

Simanulang, J. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Materi Himpunan Konteks Laskar Pelangi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 25–35.

Simon, M. A. (1995) Reconstructing mathematics pedagogy from a constructivist perspective. Journal for Research in Mathematics Education,

, 114–145.

Sztajn, P., Confrey, J., Holt Wilson, P., & Edgington, C. (2012). Learning trajectory based instruction: toward a theory of teaching. Educational

Researcher, 41(5), 147–156.

Ullya, dkk. (2010). Desain Bahan Ajar Penjumlahan Pecahan Berbasis Pendidikan Matematikan Realistik Indonesia (PMRI) untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). 86–96.

Zulkardi. (2009). The "P" in PMRI: Progress and Problems. ICMA Mathematic Education (pp. 773-780). Yogyakarta:

IndoMS.

Downloads

Published

2018-09-30

How to Cite

Lisnani, & Asmaruddin, S. N. (2018). Desain Buku Ajar Matematika Bilingual Materi Bangun Datar Menggunakan Pendekatan PMRI Berkonteks Kebudayaan Lokal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 345–356. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.515

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.