Pengaruh Penggunaan Konteks Daun terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Lisnani Universitas Katolik Musi Charitas

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.578

Keywords:

konteks, daun, pecahan, hasil belajar, context, leaves, fractions, learning outcomes

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu kesulitan dalam mempelajari materi pecahan, dengan tujuan mengetahui pengaruh penggunaan konteks daun sebagai solusi permasalan materi pecahan terhadap hasil belajar pecahan siswa SD Kelas IV. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 orang yang terdiri 3 kelas yaitu IV A, IV B, dan IV C. Sampelnya berjumlah 50 orang yang terdiri dari kelas IV A dan IVB masing-masing berjumlah 25 orang. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 42 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang dilakukan terhadap guru terkait dengan penggunaan konteks daun pada materi pecahan, tes untuk mengukur hasil belajar siswa, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan independent sample t-test melalui SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan konteks daun terhadap hasil belajar pecahan siswa SD kelas IV. Penggunaan konteks daun sangat membantu siswa dalam pembelajaran matematika pada topik pecahan.

The background of this study is the difficulty in studying fracton material, with purpose about the use of leaves on the learning outcomes of elementary school students' fractional grades IV. This type of research used in this study is research. The population in this study was 76 people consisting of 3 classes namely IV A, IV B, and IV C. The samples were collected 50 people consisting of classes IV A and IVB, each of which could be taken, 25 people. This research was conducted at 42nd SD Negeri Palembang. Data collection techniques using interviews conducted with teachers related to the use of context in fraction material tests to measure student learning outcomes and implementation. Data analysis techniques using homogeneity test, normality test, and independent sample t-test through SPSS. The results of this study are the results of the use of leaf interactions on the learning outcomes of elementary school students' fractional grades IV.

References

Afriansyah, E. A. (2012). Implementasi PMRI dalam Materi Sifat Komutatif dan Assosiatif pada Bilangan Bulat untuk Level Siswa SD/MI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). 67-72. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v1i2.175

Afriansyah, E. A. (2016). Makna Realistic dalam RME dan PMRI. LEMMA, 2(2), 96-104.

Edo, S. I. & Samo, D. D. (2017). Lintasan Pembelajaran Pecahan Menggunakan Matematika Realistik Konteks Permainan Tradisional Siki Doka. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3). 311-322. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.320

Gumanti, T. A., Yunidar, & Syahrudin. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Lisnani. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik bagi Siswa Kelas VI SD”. Jurnal Basicedu, 3(1). 76-82.

Mahmedi. (2016). Perubahan Kurikulum di Indonesia: Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam yang Ideal. Jurnal Raudhah, IV(1). 49–70.

Musser, G.L. et.al. (2011). Mathematic for elementary Teachers A Contemporary Approach (Ninth edition). Florida: Jhon Wiley & Sons, Inc.

Nababan, S.A., & Hendra, S.T. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pokok Pecahan di Kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang”. Jurnal Bina Gogik, 3(1). 35-42.

Padeng, S. (2017). Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Menggunakan Pendekatan PMRI pada Mata Pelajaran Matematika untuk Siswa Kelas III SD Kanisius Klepu. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Purwanto, & Yusfika, O. (2013). Penggunaan Media Blok Pecahan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengurangan Pecahan di Sekolah Dasar. JPGSD, 01 (02). 1-10.

Rahayu, Y. (2018). Pengembangan Alat Peraga Papan Pelangi pada Operasi Hitung Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdaktika Pendidikan Dasar, 2(2). 37-53.

Sembiring, R. K., Hoogland, K. & Dolk, M. (2010). A decade of PMRI in Indonesia. Bandung-Utrecht: APS International.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suprapto. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Van de Walle, J. (2013). Elementary and Middle School Mathematics Teaching and Developmentally. Boston: Perso Education, Inc.

Wahyuningtyas, D.T., & Amanda, P. (2017). Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian Terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas II SDN Saptorenggo 02. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3). 163-170.

Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2017). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Pecahan di Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3). 451-462. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.333

Warsito, W., Nuraini, Y., & Sukirwan, S. (2019). Desain Pembelajaran Pecahan melalui Pendekatan Realistik di Kelas V. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). 25-36. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.381

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Lisnani. (2019). Pengaruh Penggunaan Konteks Daun terhadap Hasil Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 423–434. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.578

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.