Buna Woven Fabric Based Teaching Materials: ADDIE Model

Authors

  • Meryani Lakapu Universitas Katolik Widya Mandira
  • Irmina Veronika Uskono Universitas Katolik Widya Mandira
  • Maria Gracia Manoe Gawa Universitas Katolik Widya Mandira
  • Agapitus Hendrikus Kaluge Universitas Katolik Widya Mandira

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.837

Keywords:

bahan ajar, kain tenun buna, pengembangan, teaching materials, buna woven, development

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu alat yang dapat membantu guru dan siswa mempelajari sesuatu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berbasis budaya lokal yang berkualitas baik. Bahan ajar berbasis budaya lokal yang dikembangkan berfokus pada materi bangun datar untuk mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Kualitas bahan ajar ini diukur menggunakan beberapa instrumen, antara lain: (1) lembar validasi untuk mengumpulkan data kevalidan, (2) lembar observasi aktivitas dosen dan mahasiswa untuk mengumpulkan data kepraktisan, dan (3) soal pretest dan posttest digunakan untuk mengumpulkan data keefektifan hasil belajar mahasiswa. Simpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar berbasis budaya lokal yang dihasilkan berkualitas baik karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kelebihan dari bahan ajar ini adalah mudah dipahami karena memuat unsur budaya berupa kain tenun, memanfaatkan aplikasi geogebra dalam pengembangannya serta dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pelajar.

Teaching materials are one of the tools that can help teachers and students learn something. This research aims to develop good quality local culture-based teaching materials. The local culture-based teaching materials developed a focus on flat building materials for Elementary School Teacher Education students. The quality of these teaching materials is measured using several instruments, including (1) validation sheets to collect validity data, (2) observation sheets of lecturer and student activities to collect practical data, and (3) pretest and posttest questions used to collect data on the effectiveness of student learning outcomes. This study concludes that the local culture-based teaching materials produced are of good quality because they meet the valid, practical, and effective criteria. The advantage of this teaching material is that it is easy to understand because it contains cultural elements in the form of woven fabrics, utilizes geogebra applications in its development, and is developed according to student needs.

References

Ali, N. N., Lestari, P., & Rahayu, D. V. (2023). Kesulitan Siswa SMP Pada Pembelajaran Geometri Materi Bangun Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 139-146.

Astriandini, M. G., & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian Etnomatematika Pola Batik Keraton Surakarta Melalui Analisis Simetri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13-24.

Auliya', K., & Widjajanti, D. B. (2023). Singaporean and Japanese Maths Textbooks: Character, Structure, and Content. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 155-168.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Divan, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 101-114.

Hernandes, V., Isnaini, M., & Testia, G. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Komputer pada Materi Kesebangunan di Kelas IX MTSNegeri 1 Palembang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 281-292.

Hidayat, F. (2021). Model ADDIE. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 28-37.

Jamil, A., Sa’dijah, C., & Susanto, H. (2022). Media Google Classroom berbantuan animasi PowerPoint terhadap hasil belajar siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 339-348.

Lakapu, M., Uskono, I. V., Jagom, Y. O., Dosinaeng, W. B., Leton, S. I., & Djong, K. D. (2021). Mathematics in Culture: Analysis of Mathematical Elements in Buna Woven Fabric. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 75-84.

Lapenangga, A. K., Rowa, Y. R., & Lakapu, M. (2020). Matematika Dalam Arsitektur: Konsep Susunan Bilangan Real Dalam Konstruksi Atap Lopo di Benteng None. Atrium: Jurnal Arsitektur, 11-22.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Septia, E. R., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 170-187.

Mulyana, T. (2012). Pengembangan Bahan Ajar melalui Penelitian Desain. InfinityJurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 126-137.

Nieveen, N. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.

Nurhanifah, N. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas viii smp pada materi geometri. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 161-172.

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar. JIP: Jurnal Inovasi Pendidikan, 967-973.

Petrus, Z., Karmila, & Riady, A. (2017). Deskripsi Kemampuan Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele. Pedagogy, 145-160.

Prahmana, R. C., & D'Ambrosio, U. (2020). Learning Geometry And Values From Patterns: Ethnomathematics On The Batik Patterns Of Yogyakarta, Indonesia. Journal on Mathematics Education (JME), 439-456.

Puspita, A. M. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Tematik Berbasis Lingkungan Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN III TANGGUNG. Dewantara, 39-48.

Rahimah, N., & Asy'ari. (2017). Keterampilan Dasar Geometri Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Berdasarkan Kemampuan Matematika di MI Al Istiqomah Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 55-63.

Septia, T., & Wahyu, R. (2023). Literasi Digital Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geometri Terintegrasi Geogebra. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 51-60.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif Matakuliah Kurikulum dan Pengajarn. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 277-286.

Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran IPS. JESS : Jurnal Education Social Science, 51-61.

Zaenuri, Dwidayati, N., & Suyitno, A. (2018). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Etnomatematika. Semarang: UNNES Press.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Lakapu, M., Uskono, I. V., Gawa, M. G. M., & Kaluge, A. H. (2023). Buna Woven Fabric Based Teaching Materials: ADDIE Model. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 631–640. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.837

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.