Pengembangan Media pembelajaran Multimedia Interaktif Alat Masak Tradisional Berbasis Etnomatematika

Authors

  • Ahmad Faqih STMIK IKMI Cirebon
  • Odi Nurdiawan STMIK IKMI Cirebon
  • Andi Setiawan STMIK IKMI Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.663

Keywords:

Etnomatematika, Budaya, Matematika, Multimedia, Interaktif, Ethnomatematics, Culture, Mathematics, Interactive

Abstract

Anggapan mempelajari budaya merupakan hal yang membosankan dan tidak berguna perlu diperbaiki. Menciptakan kombinasi kebudayaan  dengan pembelajaran, khususnya pada pelajaran yang dianggap sulit serta membosankan, seperti matematika dapat menjadi solusi. Etnomatematika merupakan salah satu jembatan antara matematika dan kebudayaan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis etnomatematika pada materi bangun datar dan bangun ruang dengan pendekatan four-D model. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan pendekatan four-D model, terdiri dari tahap define, design, develop, dan desseminate. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 5 SD Negeri Gamel. Berdasarkan proses dan hasil penelitian pengembangan dapat diketahui proses produksi bahan ajar dilakukan dalam rangka mengembangkan bahan ajar matematika untuk siswa sekolah dasar dengan materi bangun datar dan ruang. Deskripsi hasil validasi pada tahap pengembangan dan validasi ahli isi atau materi menunjukkan bahwa hasil validasi dari ahli media dalam kategori valid. Bahan ajar layak digunakan dalam pembelajaran.

The notion that studying culture is boring and useless needs to be corrected. Creating a cultural combination with learning, especially in subjects that are considered difficult and boring, such as mathematics can be a solution. Ethnomatematics is one of the bridges between mathematics and culture. This study aims to develop interactive multimedia learning media based on ethno-mathematics on plane and solid figure using the four-D model approach. The research method used experimental with a four-D model approach, namely the stages of define, design, develop, and Desseminate. The research subjects were students in grade 5 at SD Negeri Gamel. Based on the process and the results of development research, it can be seen that the production process of teaching materials is carried out in order to develop mathematics teaching materials for elementary school students with flat and room building materials. The description of the validation results at the development stage and the content or material expert validation shows that the validation results from the media experts are in the valid category and worth it to use.

References

Abdullah, A. S. (2017). Ethnomathematics in Perspective of Sundanese Culture. Journal on Mathematics Education, 8(1), 1-16.

Aisara, F., Nursaptini, N., & Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal melalui Kegiatan Ekstrakulikuler untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(2), 149-166.

Albanese, V., Adamuz-Povedano, N., & Bracho-López, R. (2017). The evolution of ethnomathematics: Two theoretical views and two approaches to education. In Ethnomathematics and its diverse approaches for mathematics education (pp. 307-328). Springer, Cham.

Ardiwidjaya, R. (2018). Arkeowisata: Mengembangkan Daya Tarik Pelestarian Warisan. Deepublish.

Arwanto. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Dan Konsep Matematis. Phenomenom: Jurnal Pendidikan MIPA,7(1), 40-49.

Astriandini, M. G. & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian Etnomatematika Pola Batik Keraton Surakarta Melalui Analisis Simetri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13-24.

Astutiningtyas, E. L., Wulandari, A. A. & Farahsanti, I. (2017). Etnomatematika Dan Pemecahan Masalah Kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 3(2), 59-134.

Endriani, R., Sundaryono, A., & Elvia, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran kimia menggunakan video untuk mengukur kemampuan berfikir kritis siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 142-146.

Gaztambide-Fernández, R. (2020). The orders of cultural production. Journal of Curriculum Theorizing, 35(3).

Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary mathematics teachers’ conceptions of mathematical literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 7(3), 222-237.

Gunawan, A., Edison, F. M., Mugnisjah, W. Q., & Utami, F. N. H. (2019). Indonesian Cultural Landscape Diversity: Culture-Based Landscape Elements of Minangkabau Traditional Settlement. International Journal of Conservation Science, 10(4).

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Jurnal : Aksioma, 8(2) 99-110.

Hosaini, A. (2016). Akulturasi Nilai Dan Budaya Dalam Sistem Pendidikan Pesantren. Jurnal: At-Turas, 3(1), 28-41.

Huda, N. T. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah

Istimewa Yogyakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 217-232.

Imswatama, A. & Lukman, H. S. (2018). The Effectiveness of Mathematics Teaching Material Based on Ethnomathematics. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 35-28.

Inda, R. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Jurnal: Mathedunesa, 1(1).

Kurniawati, I. D. & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan

Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75.

Kuziboyevna, K. S. (2020). Didactical principles of initial teaching in Mathematics. Academic research in educational sciences, (4).

Lestari, N. D. S., & Murtafiah, W. (2020, October). Exploring ethnomathematics activities to tobacco farmers’ community at Jember, East Java, Indonesia. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1657, No. 1, p. 012027). IOP Publishing.

Lisnani, L., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Somakim, S. (2020). Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 359-370.

Muhtadi, D. (2017). Sundanese Ethnomathematics: Mathematical Activities in Estimating, Measuring, and Making Patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185-198.

Mulyani, E. & Natalliasari, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematik Batik Sukapura. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 131-142.

Muslim, S. R. & Prabawati, M. R. (2020). Studi Etnomatematika terhadap Para Pengrajin Payung Geulis Tasikmalaya Jawa Barat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 59-70.

Nan, H., Tong, S., & Xu, Y. (2019). Cultivation of Students'core Literacy Based on The Mathematical Culture Perspective. East Asian mathematical journal, 35(2), 163-172.

Niss, M., & Højgaard, T. (2019). Mathematical competencies revisited. Educational Studies in Mathematics, 102(1), 9-28.

Nopriyanti & Sudira, P. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan Dan Wiring Kelistrikan Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 222-235.

Nuh, Z. M. & Dardiri. (2016). Etnomatematika Dalam Sistem Pembilangan Pada Masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 220-238.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87-98.

Prez, M. D. M., Duque, A. G., & Garca, L. F. (2018). Game-based learning: Increasing the logical-mathematical, naturalistic, and linguistic learning levels of primary school students. Journal of New Approaches in Educational Research (NAER Journal), 7(1), 31-39.

Puspadewi, K. R. & Putra, I. G. N. N. (2014). Etnomatematika di Balik Kerajinan

Anyaman Bali. Jurnal Matematika, 4(2), 80-89.

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 21-31.

Rosaa, A. T. R. (2019). Development of Islamic Cultural Education in Industrial Revolution. Development, 9(9).

Sharma, T., & Orey, D. C. (2017). Meaningful mathematics through the use of cultural artifacts. In Ethnomathematics and its diverse approaches for mathematics education (pp. 153-179). Springer, Cham.

Simamora, R. E., & Saragih, S. (2019). Improving Students' Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61-72.

Sjöström, J., & Eilks, I. (2018). Reconsidering different visions of scientific literacy and science education based on the concept of Bildung. In Cognition, metacognition, and culture in STEM education (pp. 65-88). Springer, Cham.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suharta, I. G. P., Sudiarta, I. G. P. & Astawa, I. W. P. (2017). Ethnomathematics of Balinese Traditional Houses. International Research Journal of Engineering, IT & Scientific Research, 3(4), 47-56.

Suranny, L. E. (2015). Peralatan Dapur Tradisional Sebagai Warisan Kekayaan Budaya Bangsa Indonesia. Jurnal Arkeologi Papua, 7(1), 47-62.

Umbara, U., & Prabawanto, S. (2021, March). Symbolic measuring: an exploration of ethnomathematics based on people’s daily communication. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012075). IOP Publishing.

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I.

& Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268-283

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY” Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik". 113-118. Yogyakarta, 9 November 2013.

Wang, D. R., Hajjar, D. P., & Cole, C. L. (2020). International Partnerships for the Development of Science, Technology, Engineering, Mathematics, and Medical Education of Middle Eastern Women. International Journal of Higher Education, 9(2), 1-15.

Downloads

Published

2021-05-30

How to Cite

Faqih, A., Nurdiawan, O., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media pembelajaran Multimedia Interaktif Alat Masak Tradisional Berbasis Etnomatematika . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 301–310. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.663

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.