Development of Digital Interactive Modules Based on Al Islam and Muhammadiyah in Basic Mathematics Courses
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i4.1649Keywords:
Al Islam and Muhammadiyah, Basic mathematic, Digital Interactive Module, Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Matematika DasarAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital interaktif yang menggabungkan konsep Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam mata kuliah Matematika Dasar, guna meningkatkan pemahaman konsep matematika serta menanamkan nilai-nilai moral dan karakter kepada mahasiswa. Penelitian dilakukan pada Mahasiswa PGSD semester 2 FKIP UNAMIN pada mata kuliah matematika dasar. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) ini menggunakan model ADDIE (Analisa, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Pengumpulan data dilakukan melalui soal pretest-posttest, observasi, wawancara, dan kuesioner yang melibatkan mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah Matematika Dasar. Validasi modul dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul digital interaktif yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep dasar matematika. Penilaian oleh dosen dan mahasiswa menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, dengan integrasi nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang baik. Modul ini memberikan solusi inovatif dalam pembelajaran matematika yang relevan dengan kebutuhan pendidikan modern dan tuntutan moral. Pengembangan lebih lanjut dan implementasi secara luas dapat meningkatkan kualitas pendidikan matematika di lingkungan perguruan tinggi Muhammadiyah.
Abstract
This research aims to develop an interactive digital module that combines the concepts of Al-Islam and Muhammadiyah in Basic Mathematics courses, to increase understanding of mathematical concepts and instill moral values and character in students. The research was conducted on 2nd semester PGSD students of FKIP UNAMIN in the basic mathematics course. This research uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model. Data collection was carried out through pretest-posttest questions, observations, interviews and questionnaires involving students and lecturers teaching Basic Mathematics courses. Module validation is carried out by material experts, media experts and language experts. The research results show that the interactive digital module developed is effective in increasing students' understanding of basic mathematical concepts. Assessments by lecturers and students show a high level of satisfaction, with good integration of Al-Islam and Muhammadiyah values. This module provides innovative solutions in mathematics learning that are relevant to modern educational needs and moral demands. Further development and widespread implementation can improve the quality of mathematics education in Muhammadiyah higher education institutions.
References
Ammy, P. M. (2021). Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’ 13 Dalam Pembelajaran Matematika Materi Himpunan. SiNTESa CERED, Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora 2021, Ke-1, 14, 641–648.
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Ariyanti, N., Taurusta, C., & Farihah, A. (2023). Integrating Al-Islam Kemuhammadiyahan Values into Linear Algebra E-Module: Analysis of Development Needs. Indonesian Journal of Cultural and Community Development, 14(2). https://doi.org/10.1016/s1000-9361(23)00260-1
Arsyad, R. Bin, Fathurrahman, M., Kahar, M. S., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Geometri. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 96–100. https://doi.org/10.33506/jq.v11i2.2096
Darna, I. W. (2021). Studi Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Interaksi Sosial dan Tingkat Spiritual Mahasiswa. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 395–408. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1402
Dinihari, Y., Musringudin, & Lutfi. (2023). Pengajaran Bahasa Indonesia Yang Mengadopsi Nilai-Nilai Al- Islam Dan Kemuhammadiyahan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Kemuhammadiyahan Dan Integrasi Ilmu, 1(1), 25–32.
Fauzi, I., & Fhilrizki, S. I. (2022). Dampak Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 terhadap Kompetensi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(3), 893–912. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i3.722
Florentina Turnip, R., & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(2), 485–498. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11057
Hendri, S., Hendika, R., Kenedi, A. K., & Ramadhani, D. (2021). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematic untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2395–2403.
Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811
Irwandani, I., Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, M., & Widayanti, W. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 221–231. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862
Khoiriyah, U., & Rizki, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Himpunan Matematika Yang Dikaitkan Dengan Nilai-Nilai Islam. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 315. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1142
Munandar, A., & Rizki, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komputer Menggunakan Flipbook Maker Disertai Nilai Islam Pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 262–269. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1957
Musa’ad, F., Musa’ad, F., Setyo, A. A., Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278–286.
Nurhairunnisah, N., & Sujarwo, S. (2018). Bahan ajar interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika pada siswa SMA kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 192–203. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15320
Nurkhasanah, D., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 35(1), 33–41. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p33-41
Octavianis, R., & Subroto, W. T. (2022). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Berbasis IT dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Kearsipan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Sunan Giri Menganti. 10, 211–222.
Putra, L. D., & Salsabila, N. D. (2023). Pengembangan Modul Digital Interaktif Materi Bilangan Pecahan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2517–2529. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2057
Rodiawati, H., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan E-Learning Melalui Modul Interaktif Berbasis Learning Content Development System. Jurnal Tatsqif, 16(2), 172–185. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.190
S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763
Sumaryani, E., Nugraheni, P., & Purwoko, R. Y. (2019). Pengembangan modul matematika berbasis masalah dengan penguatan literasi matematis pada siswa SMP. UM Purworejo. 13–18.
Sundari, S., & Purwanto, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Al Islam Kemuhammadiyahan di Taman Kanak-Kanak. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 49–55.
Suryandari. (2016). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Kalam Cendikia PGSD Kebumen, 4(3), 1–8.
Tampubolon, R., Gulo, Y., & Nababan, R. (2022). Pengaruh Reformasi Kurikulum Pendidikan Indonesia Tehadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Darma Agung, 30(2), 389. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1748
Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning dan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Karakter Anti Korupsi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 203–214.
Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2021). Pengembangan Kartu Make a Match Berbasis Karakter Anti Korupsi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 293. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3395
Zainal, A., & Walida, S. E. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case (Creative, Active, Systematic, Effective) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Geometri Transpormasi Untuk Mendukung Kemandirian Belajar dan Kompetensi Mahasiswa. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya di Universitas Airlangga Surabaya, 197–202.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.