Analysis of Mathematics Learning Based on Minimum Competency Assessment in the 2013 Curriculum at SMP Muhammadiyah 1 Malang

Authors

  • Rani Oktaviana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Moh. Mahfud Effendi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Alfiani Athma Putri Rosyadi Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1195

Keywords:

Pembelajaran, Matematika, AKM, Kurikulum 2013, Learning, Mathematics, Curriculum 2013

Abstract

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menciptakan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai pengganti Ujian Nasional. Dengan adanya AKM diharapkan siswa mampu mewujudkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Penelitian ini menganalisis kesesuaian pembelajaran matematika berbasis AKM di SMP Muhammadiyah 1 Malang. SMP Muhammadiyah 1 Malang menggunakan kurikulum 2013 yang selaras dengan AKM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data yaitu dokumen, observasi, dan wawancara. Dengan tujuan penelitian ini maka hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 1 Malang sudah mengikuti AKM literasi dan numerasi, dilihat dari perangkat pembelajaran yaitu, RPP, RPS, buku media pembelajaran, dan website AKM, dan metode pembelajaran. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Malang. Sampel yang digunakan adalah 30 siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan instrumen wawancara dan observasi.

The Ministry of Education and Culture created the Minimum Competency Assessment (AKM) as a substitute for the National Examination. With the existence of AKM, it is hoped that students will be able to realize their problem-solving and critical-thinking skills. This research analyzes the suitability of AKM-based mathematics learning at SMP Muhammadiyah 1 Malang. Muhammadiyah 1 Middle School Malang uses the 2013 curriculum, which aligns with AKM. This research uses a descriptive method with a qualitative approach, with data collection methods, namely documents, observations, and interviews. With the aim of this research the results obtained from this research are that mathematics learning at SMP Muhammadiyah 1 Malang is following AKM literacy and numeracy, which is viewed from learning tools, namely, RPP, RPS, learning media books, and AKM websites, and learning methods. The population used was class VII students of SMP Muhammadiyah 1 Malang. The sample used was 30 class VIII students. This research uses interview and observation instruments.

References

Aisyah, S., & Astuti, R. (2021). Analisis Mengenai Telaah Kurikulum K-13 pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6120–6125.

Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/1010/544

Asrijanty, A. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan implikasinya pada pembelajaran. Pusat Asesmen dan Pembelajaran.

Baharuddin, M. R., Fitriani, A., & Nasir, F. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Assesmen Kompetensi Minimum Siswa. Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 105–111.

Bintang, F. S. (2022). Analisis Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) berbasis komputer untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Tarbiyatul Falah. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Effendi, M. (2017). Analysis of Relevance of Mathematics Curriculum Development. Atlantis Press.

Effendi, M. M., Ummah, S. K., & Cahyono, H. (2023). Teacher Perspective and Performance in Curriculum Prototype Implementation through the Development of Innovative Project-Based Learning Modules. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 47-58.

Endayati, Tutik, Rahmawati, I. (2019). KELAS IV SEKOLAH DASAR Abstrak. Jpgsd, 7, 2601–2612.

Fadholi, T., & Waluya, B. (2015). Analisis Pembelajaran Matematika Dan Kemampuan Literasi Serta Karakter Siswa SMK. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1).

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Gais, Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal high order thinking ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 255–266.

Imron, M. A. (2021). Memanfaatkan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Untuk Mendesain Multimodal Learning. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 2(1), 48–62.

Meriana, T., & Murniarti, E. (2022). Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2).

Murniati, S., Roza, Y., & Maimunah. (2021). Analisis Kesesuaian Materi Himpunan Buku Teks Siswa Matematika Kelas VII terhadap Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 177-188.

Muslimin, M., Indaryanti, I., & Susanti, E. (2017). Pembelajaran Matematika Dengan Model Reciprocal Teaching Untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3906.1-14

Nila, K. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Numerasi, K. L. (2022). * Corresponding author. Surakarta, Indonesia. 11(3), 2199–2208.

Nurhasanah, A., Syafari, R., & Nurfaidah, A. R. (2022). Kesesuaian Buku Teks Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 227–236.

Nurhayati, S., Robandi, B., & Fitriani, A. D. (2021). Analisis Kesesuaian Modul Aki Bagi Dengan Kemampuan Literasi Membaca Dan Numerasi Menggunakan Instrumen AKM. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 75–82.

Pradiarti, R. A., & Subanji, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 379–390.

Prasetyowati, D. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Smp Berbasis Kurikulum K-13. Jurnal Media Penelitian Pendidikan, 10(2), 142–148.

Pujana, L. A., Dwijayanti, I., Siswanto, J., & Semarang, U. P. (2022). No Title. 07.

Purnomo, B. W., & Sari, A. F. (2021). Literasi Matematika Siswa IPS dalam Menyelesaikan Soal PISA Konteks Saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 357–368.

Pusporini, W., Widodo, S. A., Wijayanti, A., Wijayanti, N., Utami, W. B., Taqiyudin, M., & Irfan, M. (2023). Mathematical knowledge content in junior high school curriculum: a comparative study of the 2013 curriculum and merdeka curriculum. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 389-404.

Rahadyan, A. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Didactical Mathematics, 3, 84–91.

Rizky, O., Putri, U., Kusumawardana, A. S. (2015). Penguatan penguasaan konsep dasar matematika bagi mahasiswa prodi pendidikan matematika yang berkemampuan rendah. 1–8.

Rosyadi, A. A. P. (2021). Analisis Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontroversial Matematika. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i1.9988

Sandy, D. N., Cholily, Y. M., & Ummah, S. K. (2022). Pengembangan Flipbook Bermuatan Literasi Numerasi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. E-Journal UIN SATU Tulungagung, 5, 135–148.

Saputri, N. W. (2020). Pengembangan LKPD Pemodelan Matematika Siswa SMP Menggunakan Konteks Ojek Online. JPM, 14(1), 1–14.

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2021). The Application of Mathematics Learning Model to Stimulate Mathematical Critical Thinking Skills of Senior High School Students. European Journal of Educational Research, 10(1), 509–523.

Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.

Widyastuti, W., Wijaya, A. P., Rumite, W., & Marpaung, R. R. T. (2018). Minat Siswa Terhadap Matematika Dan Hubungannya Dengan Metode Pembelajaran Dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 83–100. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6750.83-100

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Oktaviana, R., Effendi, M. M., & Rosyadi, A. A. P. (2023). Analysis of Mathematics Learning Based on Minimum Competency Assessment in the 2013 Curriculum at SMP Muhammadiyah 1 Malang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 833–844. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1195

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.