Numeration-Based Teaching Materials on Algebra Shape Materials for Blended Learning

Authors

  • M. David Safitra Universitas Sriwijaya
  • Hapizah Universitas Sriwijaya
  • Budi Mulyono Universitas Sriwijaya
  • Ely Susanti Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.793

Keywords:

Bahan Ajar, Bentuk Aljabar, Blended Learning, Numerasi, Numeration, Teaching Material, Algebraic Form

Abstract

Kebutuhan bahan ajar diperlukan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran dan pemahaman peserta didik. Penelitian bertujuan menghasilkan bahan ajar berbasis numerasi materi bentuk aljabar untuk blended learning yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan numerasi peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah angket, tes dan wawancara. Sampel penelitian ini adalah 24 peserta didik kelas VII salah satu SMP Negeri di Palembang. Kevalidan bahan ajar dilihat dari aspek kelayakan isi, bahasa, tampilan, serta komentar dan saran dari hasil uji coba one-to-one. Kepraktisan bahan ajar dilihat dari angket. Skor rata-rata kevalidan bahan ajar adalah 74,77 dengan kriteria cukup valid atau layak digunakan dengan revisi. Sedangkan skor rata-rata kepraktisan bahan ajar adalah 87,08 dengan kriteria sangat praktis. Bahan ajar yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap kemampuan numerasi dilihat dari hasil tes 8 peserta didik terkategori sangat baik, 9 peserta didik terkategori baik, 4 peserta didik terkategori sedang dan 3 peserta didik terkategori kurang.

The need for teaching materials is needed to help improve effective learning and student understanding. This study aims to produce numeration-based teaching materials in algebraic forms for blended learning that are valid, practical and have a potential effect on students' numeracy abilities. Data collection techniques used are questionnaires, tests and interviews. The sample of this research was 24 class VII students of one of the state Junior High School in Palembang. The validity of teaching materials was seen from the aspects of content feasibility, language feasibility, display feasibility, also comments and suggestions from the results of one-to-one trials. The practicality of teaching materials can be seen from the questionnaire. The average score for the validity of teaching materials is 74.77 with the criteria being quite valid or suitable for use with revisions. While the average practicality score of teaching materials is 87.08 with very practical criteria. The developed teaching materials also have a potential effect on numeracy skills as seen from the test results with 8 students in the very good category, 9 students in the good category, 4 students in the moderate category and 3 students in the poor category.

References

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829

Amelia, R., Chotimah, S., & Putri, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Daring Pada Materi Geometri SMP dengan Pendekatan Project Based Learning Berbantuan Software Wingeom. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 759–769. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.417

Apertha, F. K. P., Zulkardi, & Yusup, M. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis Open-Ended Problem Pada Materi Segiempat Kelas Vii. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62.

Cahyo Putro, P., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Komik Petualangan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1).

Chaeruman, U. A. (2013). Merancang Model Blended Learning. Jurnal Teknodik, 053–063. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.577

Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning - Konsep dan Implementasi pada Pendidikan Tinggi Vokasi. In Jl. Tukad Batanghari VI.B No. 9 Denpasar-Bali (Issue 28).

Diva, S. A., Khafidin, D., & Ulya, H. (2022). Pengaplikasian Pmri Dengan Soal Hots Guna Meningkatkan Kompetensi Literasi Numerasi Dalam Asesmen Kompetensi Minimum. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 9, 138–148.

Elyana, D., Wulandari, A. A., & Mulyani, O. B. T. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Video. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 77-86.

Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 395-408.

Gella, N. J. M., & Bien, Y. I. (2022). Pengembangan Buku Ajar Aljabar Linear Berbasis IT untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Basicedu, 6(3), 3473–3481.

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 8, Issue 9).

Hapizah, H., Indaryanti, I., Susanti, E., Yusup, M., Sari, N., Araiku, J., & Pratiwi, W. D. (2022a). Pendampingan Pendesainan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based-Learning Bagi Guru-Guru Matematika Kota Lubuklinggau. Jurnal Martabe, 5(4), 1512–1523.

Hapizah, Mulyono, B., Susanti, E., & Fs, C. A. (2022b). Constraints of Blended Learning Implementation in Higher Education. Jurnal Gantang, 7(2), 115–120.

Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.652

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p1--13

Ladyawati, E., & Rahayu, S. (2022). Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Literasi dan Numeari Sebagai Penguat AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1433–1448. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1312

Lestari, A., Hapizah, Mulyono, B., & Susanti, E. (2022). Implementasi Blended Learning Pada Materi Bilangan Pecahan. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 5, 60–70.

Lestari, R., Faelasofi, R., & Suminto. (2021). Efektivitas Penggunaan Modul Numerasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh. JURNAL E-DuMath, 7(2), 42–50. https://doi.org/10.52657/je.v7i2.1543

Loli, K. J., Damayanti, N. W., & Yuniarto, E. (2018). Pengembangan Lks Berdasarkan Masalah Kontekstual Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), 30. https://doi.org/10.23971/eds.v6i1.897

Mariani, Y., Putri, R. I. I., Hapizah, & Betty, M. (2022). COVID-19 Context in PISA-Like Mathematics Problems. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 141–156.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Daring. Jurnal PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 1(1), 1-13.

OECD. (2016). Draft Analytical Frameworks. In OECD Publishing.

OECD. (2019). Indonesia Education at a Glance. In OECD: Country Note.

Ole, A. A., & Dipan, E. G. (2023). Hubungan kondisi lingkungan belajar di sekolah dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 71-78.

Patriana, W. D., Sutama, & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302

Putri, B. A., Utomo, D. P., & Zukhrufurrohmah. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 141–153. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.2.141-153

Putri, D. A., Susanti, V. D., & Apriandi, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Rme Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Xi Smk. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 138–146. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.470

Putri, M., Inayah, F., & Hadiany, D. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Smp Ditinjau dari Kemandirian Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 3, 196–207.

Rahman, M. T. Q., Hapizah, & Yusup, M. (2021). Penerapan Problem Based Learning Dengan Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Android Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 1–16. https://doi.org/10.36706/jls.v3i2.14376

Rahmawati, A., Cholily, Y. M., & Zukhrufurrohmah, Z. (2023). Analyzing Students' Mathematical Communication Ability in Solving Numerical Literacy Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 59-70.

Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Konteks Sosial Budaya Pada Topik Geometri Jenjang Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4879

Rismawati, M., Hidayat, M., Saputri, A. S., & Isa, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik Materi Bentuk Aljabar Untuk Meningkatkan Literasi Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(1), 131–138.

Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Fajaroh, F. (2020). Pengembangan Bahan Belajar Flipbook Pada Materi Redoks dan Elektrokimia Berbasis Pendekatan STEM-PjBL Berbantuan Video Pembelajaran. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 234. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p234--250

Sari, P. P., Hasbi, M., & Umam, K. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aljabar Kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2, 81–90.

Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459-470.

Susetyawati, M. M. E., & Kintoko. (2022). Pengembangan butir soal kemampuan literasi numerasi matematika materi bangun ruang kelas viii smp di yogyakarta. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 2(2), 52–61.

Syifa, R., Hapizah, Susanti, E., Mulyono, B., & Hadi, C. A. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Implementasi Blended Learning Materi Program Linear Kelas XI. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(3), 417–430.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. https://doi.org/10.1177/026142949901400115

Utomo, S. W., & Wihartanti, L. V. (2019). Penerapan Strategi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Era Revolusi Industri 4.0. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 30–44. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p30--44

Yuliastuti, R., & Soebagyo, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Matematika Terapan pada Materi Matriks. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2270–2284. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.811

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Safitra, M. D., Hapizah, Mulyono, B., & Susanti, E. (2023). Numeration-Based Teaching Materials on Algebra Shape Materials for Blended Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 375–388. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.793

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.