Kesesuaian Buku Teks Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013

Authors

  • Aan Nurhasanah Universitas Kuningan
  • Rahayu Syafari Universitas Kuningan
  • Ade Ratna Nurfaidah Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.701

Keywords:

Analisis isi, Buku Teks, Matematika SD, Kurikulum, Content Analysis, Textbook, Elementary Mathematics, Curriculum

Abstract

Penggunaan dua buku sumber berbeda untuk kelas VI Sekolah Dasar, yaitu buku yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan oleh Swasta yaitu Quadra melatarbelakangi dilakukannya penelitian. Tujuannya, untuk menganalilis kesesuaian buku yang digunakan berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data berupa materi ajar matematika pada buku teks matematika kelas VI yang diterbitkan Kementrian Pendidikan dan Swasta. Pengumpulan data dilakukan malalui studi dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar analisis yang disusun berdasarkan indikator pembelajaran matematika SD Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukan persentase kesesuaian isi buku dengan kurikulum 2013 pada buku teks matematika terbitan swasta adalah 100%, sedangkan pada buku teks matematika terbitan Kementrian Pendidikan adalah 82,3%. Buku teks matematika kelas VI terbitan swasta lebih sesuai dengan kurikulum 2013 dan lebih direkomendasikan untuk digunakan.

The use of two different sourcebooks for grade VI Elementary School, namely the book published by the Ministry of Education and by the private sector, namely Quadra, was the background for the research. The aim is to analyze the suitability of the books used based on the 2013 curriculum. This study uses a qualitative descriptive approach. The data source is in the form of mathematics teaching materials in grade VI mathematics textbooks published by the Ministry of Education and Private. Data was collected through a documentation study. The research instrument was in the form of an analysis sheet based on the 2013 Curriculum Elementary Mathematics learning indicators. The results showed that the percentage of conformity of the contents book with the 2013 curriculum in privately published mathematics textbooks was 100%, while in mathematics textbooks published by the Ministry of Education it was 82.3%. Privately published grade VI mathematics textbooks are more in line with the 2013 curriculum and more recommended for use.

References

Abdullah, T., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kelengkapan RPP Matematika pada Guru SMAN 5 Tapung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 391-400.

Abi, A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 1-6.

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo.

Asri, A. S. (2017). Telaah Buku Teks Pegangan Guru Dan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Berbasis Kurikulum 2013. Retorika: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70-82.

Dewi, R. P., & Afriansyah, E. A. (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Google Classroom pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 39-52.

Elias, M. J. (2019). What if the doors of every schoolhouse opened to socialemotional learning tomorrow: Reflections on how to feasibly scale up high-quality SEL. Educational Psychologist, 54(3), 233-245?

Ernawati, Y. (2018). Telaah Buku Teks Tematik Terpadu Kelas IV SD Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(2), 109-123.

Fatimah, I. F. (2021). Strategi Inovasi Kurikulum. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 16- 30.

Hakim, L. (2017). Analisis perbedaan antara kurikulum KTSP dan kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 17(2), 280-292.

Hildani, T., & Safitri, I. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 591-606.

Jensen, J. L., Holt, E. A., Sowards, J. B., Heath Ogden, T., & West, R. E. (2018). Investigating strategies for pre-class content learning in a flipped classroom. Journal of Science Education and Technology, 27(6), 523-535.

Khaulani, F., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Dasar Terkait Standar Isi Di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 121-127.

Lapitan Jr, L. D., Tiangco, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Diaz, J. M. (2021). An effective blended online teaching and learning strategy during the COVID-19 pandemic. Education for Chemical Engineers, 35, 116-131.

Lisnani, L., & Asmaruddin, S. N. (2018). Desain Buku Ajar Matematika Bilingual Materi Bangun Datar Menggunakan Pendekatan PMRI Berkonteks Kebudayaan Lokal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 345-356.

Margana, A. (2012). Analisis Kurikulum terhadap Daya Matematik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 83-90.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016a). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan 2025:5.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016b). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2013 Tentang Buku Teks Pelajaran Dan Buku Panduan Guru Untuk Pendidikan Dasar Dan Menengah. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (July):1–23.

Merona, S. P. (2017). Kombinasi tutorial dengan metode tanya jawab untuk meningkatkan pemahaman matematika di perguruan tinggi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 153-162.

Murniati, S., Roza, Y., & Maimunah. (2021). Analisis Kesesuaian Materi Himpunan Buku Teks Siswa Matematika Kelas VII Terhadap Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 177–88.

Ndihokubwayo, K., & Habiyaremye, H. T. (2018). Why did Rwanda shift from knowledge to competence-based curriculum? Syllabuses and textbooks point of view. African Research Review, 12(3), 38-48.

Nengsih, S., & Septia, T. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Peluang untuk Siswa Kelas XI IPA SMA Adabiah 2 Padang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 299-304.

Niculescu, R. M. (2020). Teaching and Assessment Focused on Learning in The Context of New Curriculum Concepts. Educația Plus, 27(2), 163- 171.

Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurhikmayati, I., & Jatisunda, M. G. (2019). Pengembangan Bahan Matematika Berbasis Scientific yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 50-60.

Purwati, N. K. R., & Erawati, N. K. (2021). Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Pembelajaran Kolaboratif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 37-48.

Puspitasari, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. Pengembangan Bahan Ajar degan Pendekatan Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan Represetasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 307-317.

Ramdhani, S. (2017). Kemampuan Penalaran Analogis Santri Dalam Geometri: Penelitian Kualitatif Di Sebuah Pondok Pesantren. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 385-396.

Restian, A., Deviana, T., & Saputri, Y. N. E. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Kearifan Lokal di Malang Untuk Siswa Kelas IV SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 85- 91.

Siregar, I., & Sari, V. T. A. (2020). Strategi Motivasi Green’s, Gaya Baru Pembelajaran Matematika pada Siswa Kemampuan Rendah di Indonesia. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 383-394.

Sunuyeko, N., Lani, A., & Wahyuni, L. (2017). Analisis kebutuhan guru dalam pengimplementasian kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(1), 18- 26.

Torkos, H. (2020). The Place of Outdoor Learning Activities in The Romanian Core Procurement Curriculum. Educația Plus, 26(1), 276- 286.

Utami, R., Fadillah, & Enawaty, E. (2021). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor Menggunakan Bahan Ajar Berbasis E-Learning Edmodo. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 12(1), 28–37.

Yunianto, T. (2021). Analisis Kesesuaian Materi IPA Dalam Buku Siswa Kelas IV Semester 1 SD/MI Dengan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1-17.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Nurhasanah, A., Syafari, R., & Nurfaidah, A. R. (2022). Kesesuaian Buku Teks Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 227–236. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.701

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.