Analisis Kesesuaian Materi Himpunan Buku Teks Siswa Matematika Kelas VII terhadap Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.651Keywords:
Bab Himpunan, Buku Teks Siswa Matematika, Kurikulum 2013, Association Chapter, Mathematics Student Textbook, 2013 CurriculumAbstract
Buku teks merupakan sarana pendidikan yang standar mutunya perlu diatur. Tetapi kenyataannya guru masih memiliki keluahan mengenai buku siswa Kurikulum 2013. Tujuan penelitian adalah menganalisis kesesuaian Bab Himpunan pada Buku Siswa Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang ditulis oleh Atang Supriadi dan diterbitkan oleh Grafindo Media Pratama tahun 2019 dengan Kurikulum 2013. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan instrumen sesuai dengan 4 kriteria Kurikulum 2013. Instrumen yang digunakan adalah lembar penskoran analisis kesesuaian bab himpunan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan observasi. Hasil analisis diperoleh 91,67% untuk kesesuaian dengan SKL, kategori sangat baik; 87,5% kesesuaian dengan pendekatan saintifik, kategori sangat baik; 81,25% kesesuaian dengan penilaian autentik, kategori baik; dan 90,9% kesesuaian dengan kelayakan materi, kategori sangat baik. Buku teks sudah cukup baik dijadikan sebagai sumber referensi yang digunakan dalam pembelajaran matematika, walaupun ada beberapa kekurangan atau ketidaksesuaian dengan Kurikulum 2013.
Textbooks are educational facilities whose quality standards need to be regulated. But the fact is that teachers still have concerns about the 2013 Curriculum student books. The research aims to analyze the suitability of the Chapters of the Association of Mathematics Student Books for Class VII SMP / MTs of the Revised 2013 Curriculum written by Atang Supriadi and published by Grafindo Media Pratama in 2019 with the 2013 Curriculum The type of research is descriptive qualitative research with instruments by the 4 criteria of the 2013 Curriculum. The instrument used is a score sheet for the set of chapter conformity analyses. Data collection methods used are documentation and observation methods. The analysis results obtained 91.67% for conformity with SKL, very good category; 87.5% conformity with the scientific approach, very good category; 81.25% conformity with authentic assessment, good category; and 90.9% conformity to the eligibility of the material, very good category. Textbooks are good enough to be used as a reference source used in mathematics learning, even though there are some deficiencies or inconsistencies with the 2013 Curriculum.
References
Abi, A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1-6.
Afriansyah, E. A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2021, February). Critical thinking skills in mathematics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1778, No. 1, p. 012013). IOP Publishing.
Amirono. (2016). Evaluasi & Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media.
Anwar, M. S., Choirudin, C., Ningsih, E. F., Dewi, T., & Maseleno, A. (2019). Developing an interactive mathematics multimedia learning based on ispring presenter in increasing students’ interest in learning mathematics. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 135-150.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Brassler, M., & Dettmers, J. (2017). How to enhance interdisciplinary competence—interdisciplinary problem-based learning versus interdisciplinary project-based learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 11(2), 12.
Elias, M. J. (2019). What if the doors of every schoolhouse opened to social-emotional learning tomorrow: Reflections on how to feasibly scale up high-quality SEL. Educational Psychologist, 54(3), 233-245.
Fatimah, I. F. (2021). Strategi Inovasi Kurikulum. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 16-30.
Glasnovic Gracin, D. (2018). Requirements in mathematics textbooks: a five-dimensional analysis of textbook exercises and examples. International journal of mathematical education in science and technology, 49(7), 1003-1024.
Habiby, W. N. (2017). Manajemen Adaptasi Pembelajaran Kurikulum 2013 ke Kurikulum 2006 (KTSP) pada Siswa Kelas I SDN Sondakan Surakarta. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 180-189.
Hadi, S. (2017). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1).
Hakim, L. (2017). Analisis perbedaan antara kurikulum KTSP dan kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 17(2), 280-292.
Hartono. (2012). Statistik untuk Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Hildani, T., & Safitri, I. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 591-606.
Ibáñez, M. B., & Delgado-Kloos, C. (2018). Augmented reality for STEM learning: A systematic review. Computers & Education, 123, 109-123.
Ida, R. (2018). Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data dan Metode Penelitian. The Journal of Society and Media, 2(2), 130-145.
In'am, A., & Hajar, S. (2017). Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. International Journal of Instruction, 10(1), 55-70.
Kemendikbud. (2013). Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta : Kemendikbud.
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan. Jurnal Primary, 6( 2), 389-396.
Margana, H. A. (2012). Analisis Kurikulum terhadap Daya Matematik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 83-90.
Mukhlis, Y. M. (2015). Analisis Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas VII SMP Pelajaran Matematika ditinjau dari Pendekatan Scientiic dan Penilaian Autentik. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta: Tidak diterbitkan.
Mukminah, M. (2018). Problematika Penerapan Kurikulum 2013 (K13) Pada Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Mertak Tombok Praya Kabupaten Lombok Tengah. Jupe: Jurnal Pendidikan Mandala, 3(3), 1-4.
Murdaningsih, S., & Murtiyasa, B. (2016). An Analysis on Eight Grade Mathematics Textbook of New Indonesia Curriculum (K-13) Based on PISA’s Framework. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 1(1), 14-27.
Niculescu, R. M. (2020). Teaching and Assessment Focused on Learning in The Context of New Curriculum Concepts. Educația Plus, 27(2), 163-171.
Nurdin, Syafruddin, dan Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Pardi, M. H. H., & Mauliddin, M. (2021). Analisis kompetensi pedagogik guru matematika dalam menerapkan kurikulum 2013 di SMA. Journal of Math Tadris (jMt)), 1(01), 55-67.
Permendikbud. (2014). Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Permendikbud.
Ramda, A. H. (2017). Analisis Kesesuaian Materi pada Buku Teks Matematika Kelas VII dengan Kurikulum 2013. Jurnal Pythagoras, 12(1),12-22.
Ramda, A. H., Kurnila, V. S., & Jundu, R. (2018). Analisis Kesesuaian Standar Isi Buku Teks Matematika Kelas VIII dengan Kurikulum 2013. Jurnal Eksakta Pendidikan, 2(2), 162-169.
Rapanta, C., Botturi, L., Goodyear, P., Guàrdia, L., & Koole, M. (2020). Online university teaching during and after the Covid-19 crisis: Refocusing teacher presence and learning activity. Postdigital Science and Education, 2(3), 923-945.
Restian, A., Deviana, T., & Saputri, Y. N. E. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Kearifan Lokal di Malang Untuk Siswa Kelas IV SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 85-91.
Rizkianto, I., & Santosa, R. H. (2017). Analisis Buku Matematika SMP Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 229-236.
Rizqi, M. M., Wijayanti, D., & Basir, M. A. (2021). Analisis Buku Teks Matematika Materi Himpunan Menggunakan Model Prakseologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika: Delta, 9(1), 57-76.
Rohim, A. (2020). Analisis Kesalahan Buku Matematika Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII serta Alternatif Penyelesaiannya. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 259-268.
Rumahlatu, D., Huliselan, E. K., & Takaria, J. (2016). An Analysis of the Readiness and Implementation of 2013 Curriculum in The West Part Of Seram District, Maluku Province, Indonesia. International Journal of Environmental & Science Education, 11(12), 5662-5675.
Sari, N. E., & Suryana, D. (2019). Thematic Pop-Up Book as a Learning Media for Early Childhood Language Development. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 43-57.
Subagiyo, L., & Safrudiannur, S. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 pada Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK di Kalimantan Timur Tahun 2013/2014. Jurnal Pancaran, 3(4), 131-144.
Suharyono, E., & Rosnawati, R. (2020). Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika SMP ditinjau dari Literasi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 451-462.
Sunuyeko, N., Lani, A., & Wahyuni, L. (2017). Analisis kebutuhan guru dalam pengimplementasian kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(1), 18-26.
Sutiarso, S. (2020). Keterlaksanaan Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 8 (2), 57-67.
Suyadi & Dahlia. (2017). Implementasi dan Inovasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Torkos, H. (2020). The Place of Outdoor Learning Activities in The Romanian Core Procurement Curriculum. Educația Plus, 26(1), 276-286.
Utari, T., & Hartono, H. (2019). Muatan penalaran dan pembuktian matematis pada buku teks matematika SMA kelas X Kurikulum 2013. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 1-13.
Van Zanten, M., & van den Heuvel-Panhuizen, M. (2018). Opportunity to learn problem solving in Dutch primary school mathematics textbooks. ZDM, 50(5), 827-838.
Widyaharti, M. S., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2015). Analisis Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 untuk Kelas X Berdasarkan Rumusan Kurikulum 2013. Jurnal Kadikma, 6(2), 173-184.
Wu, T. T., & Wu, Y. T. (2020). Applying project-based learning and SCAMPER teaching strategies in engineering education to explore the influence of creativity on cognition, personal motivation, and personality traits. Thinking Skills and Creativity, 35, 100631.
Yunianto, T. (2021). Analisis Kesesuaian Materi IPA Dalam Buku Siswa Kelas IV Semester 1 SD/MI Dengan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1-17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.