Students’ Response, Learning Interest, and Conceptual Understanding Ability of Two-dimensional Figures in Junior High School: A Study on the Use of Quizizz App

Authors

  • Mohammad Syaifuddin Universitas Muhammadiyah Malang
  • Elfrida Rahmasari Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.828

Keywords:

Minat Belajar, Pemahaman Konsep, Respons, Quizizz, Concept Understanding, Interest in Learning, Responsse

Abstract

Quizizz sebagai aplikasi evaluasi memiliki peranan penting untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa. Di Indonesia, sudah terdapat beberapa guru menggunakan aplikasi tersebut, namun penggunaan secara luas masih belum optimal. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan respons, minat belajar, dan kemampuan pemahaman konsep bangun datar siswa SMP berbantuan aplikasi Quizizz. Penelitian ini berjenis deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah 30 siswa SMP. Data diperoleh dari angket dan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan menghitung total skor respons, minat belajar, dan pemahaman konsep siswa yang dikonversi pada skala 100 dan dikategorilan sangat baik, baik, cukup, dan kurang baik. Hasil penelitian menunjukkan respons dan minat belajar siswa pada pembelajaran bangun datar menggunakan Quizizz berkategori baik. Rata-rata kemampuan pemahaman konsep bangun datar siswa sebesar 66 berkategori cukup baik. Dengan demikian, guru diharapkan menggunakan Quizizz dalam pembelajaran dan evaluasinya sehingga dapat meningkatkan minat siswa belajar dan berlatih kemampuan pemahaman konsep matematika.

Quizizz as an evaluation application has an important role in increasing students' interest in learning and understanding mathematical concepts. In Indonesia, there are already several teachers using the application, but its use hasn’t been maximized. The purpose of this study was to describe the response, interest in learning, and the ability to understand the concept of two-dimensional figures for junior high school students with the help of the Quizizz application. This study was quantitative descriptive. The participants were 30 junior high school students. The data were obtained from questionnaires and tests. The data were analyzed using a quantitative descriptive technique by calculating the total response score, learning interest, and students' conceptual understanding converted on a scale of 100 and categorized as very good, good, fairly good, and poor. The results showed that the responses and students' interest in learning two-dimensional figures using Quizizz were in a good category. The average ability to understand the concept of two-dimensional shapes of 66 students was in a fairly good category. The teachers were expected to use Quizizz in their learning and evaluation so that it could increase students' interest in learning and practicing their ability to understand mathematical concepts.

References

Agustina, L., Rochmad, & Isnarto. (2021). Kemampuan pemahaman konsep matematis pada mata kuliah pengantar dasar matematika. PRISMA: Proseding Seminar Nasional Matematika, 4, 262–267.

Amany, A. (2020). Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–11.

Aqsa, M. D., Nurhaswinda, N., & Hidayat, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Soal Cerita Matematika dalam Materi Perkalian pada Siswa Kelas III SD Negeri 019 Tanjung Sawit. Journal On Teacher Education, 2(2), 9–16.

https://doi.org/10.3100/jote.v2i2.1249

Ali, N. N., Lestari, P., & Rahayu, D. V. (2023). Kesulitan Siswa SMP Pada Pembelajaran Geometri Materi Bangun Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 139-146.

Ardiansyah, A. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kepuasaan Belajar Peserta Didik dengan Media Pembelajaran Online Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Basicedu, 6(1), 1169–1176. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2080

Ardiansyah, M. A., & Nugraha, M. L. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Youtube Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 912–918. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5828

Asral, S., & Chandra, R. (2021). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Menggunakan Media Evaluasi Pembelajaran Quizizz dengan Media Evaluasi Pembelajaran Konvensional. MSI Transaction on Education. 02(02), 97-104.

Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis Antusiasme Siswa Dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17

Astuti, L. S., & Hikmah, R. (2021). Pemahaman konsep matematika ditinjau dari konsep diri dan minat belajar siswa SMP Swasta Tangerang. Jurnal Equation Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 24–34.

http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i1.3916

Aziyah, T. F., & Nugroho, A. A. (2022). Profil siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan pemahaman konsep matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 151–164.

https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.11427

Basyith, A., & Fauzi, F. (2022). Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi Menggunaan Quizizz Pada Bimbingan Belajar Al Hikmah Palembang. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 135–145. https://doi.org/10.47747/jnpm.v2i2.611

Cahani, K., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Datar Segiempat. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1, 120–128.

Elisa, E., Rambe, A., Mardiyah, A., Siregar, T. A., Roipalah, R., & Zunastri, F. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Quizizz Untuk Mengukur Kompetensi Pengetahuan Fisika Siswa. Journal of Natural Sciences, 2(2), 72–78. https://doi.org/10.34007/jonas.v2i2.125

Fadilla, S. D., Saepudin, A., & Erhamwilda. (2020). Persepsi siswa terhadap media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz dengan minat belajar jarak jauh PAI di SMA PGII 2 Bandung. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 6(2), 227–231.

Febrianti, N. F., Muslim, A. H., & Mareza, L. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Kelas V Sd Neegeri 1 Karangduren. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1), 128.

https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1024

Fikri, I. A., Khamdun, K., & Ulya, H. (2022). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 139–143. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1796

Firdaus, T. (2018). Pemanfaatan Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran Pemanfaatan Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran. Artikel: Media Pembelajaran STKIP Nurul Huda, 1–8.

Hartono, H., Indra Putri, R. I., Inderawati, R., & Ariska, M. (2022). The strategy of Science Learning in Curriculum 2013 to Increase the Value of Science’s Program for International Student Assessment (PISA). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 79–85.

https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1185

Haryati, S., Albeta, S. W., Futra, D., & Siregar, A. D. (2021). The Development of Evaluation Instruments in Online Learning using the Quizizz Application: During Covid-19 Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1), 364–373.

https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.383

Hikmah, S. N. (2021). Hubungan Kecerdasan Numerik Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 33–39.

https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.1065

Ikhsan, D. M., & Afriansyah, E. A. (2023). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI HIMPUNAN. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 5(2).

Kamin, V. A., Andinny, Y., & ... (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Fungsi Komposisi Dan Invers Kelas X. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 189–200.

Karim M. A., & Hidayanto, E. (2012). Bangun Datar Berpetak. Pendidikan Matematika, 134–160.

Khairunnisa, N. C., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1(1), 546–554.

Kurnia, S., Hidayat, S., & Wardhani, S. (2021). Analisis Minat dan Hasil Belajar Biologi Siswa pada Pembelajaran Daring di SMA Negeri Purwodadi Kabupaten Musi Rawas. Biodik, 7(4), 70–76. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14489

Kurniasari, W., Murtono, M., & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Pada Google Classroom. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 141–148.

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.891

Laga, Y., Nona, R. V., Langga, L., & Jamu, M. E. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 699–706. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1951

Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.634

Mardarani, F. D., & Apriyono, F. (2023). Kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah ditinjau dari self-concept matematis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 243-252.

Najikha, A., Fauziyah, N., Khikmiyah, F., & Suryanti, S. (2022). Pemahaman Konsep Segitiga dan Segi Empat Siswa SMP ditinjau dari Gaya Belajar. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 95. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2.3799

Ningsih, M. P., Sugiyanti, S., & Ariyanto, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning dan Active Learning Berbantu Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(5), 366–374. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i5.7732

Nisa, H. U., Nurbaeti, R. U., & Budiana, N. (2022). Pengaruh Minat Belajar Peserta Didik terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1528–1535. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2110

Nisa, K. (2022). Quizizz as Indonesian Learning Media During The COVID-19 Pandemic. Proceeding of International Conference on Language Pedagogy (ICOLP), 1(1), 106–113. https://doi.org/10.24036/icolp.v1i1.27

Nurmala. (2022). Minat Belajar Siswa Menggunakan Pocket Book Mathematic (Pockemath) Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran. Mathematic Education And Aplication Journal (META), 3(2), 1–8. https://doi.org/10.35334/meta.v3i2.2396

Nurmanita, M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Pancasila Berbasis Google Sites Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 137. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.644

Nurnazarudin, I., & Sulistyaningsih, D. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Dengan Model Blendeed POE2WE Berbasis Augmented Reality Pada Materi Induksi Elektromagnetik: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 1–8.

https://doi.org/10.30738/cjipf.v8i1.10464

Oktiani, M., & Nugroho, O. F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran ICM Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan. Jurnal IKRA-ITH INFORMATIKA, 5(2), 43–53.

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56.

https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.1008

Pasaribu, E. Z., Ritonga, M. W., Watrianthos, R., & Hidayah, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Rantau Selatan. Maju, 7(2), 212–220.

Pratiwi, S. I., Lusiana, & Fuadiah, N. F. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN 30 Palembang Melalui Pembelajaran CORE. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 15–28.

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9749

Purwoko, A. A., Andayani, Y., Hadisaputra, S., Yulianti, L., Nudia Fitri, Z., Pariza, D., & Burhanuddin. (2021). Validity of instruments in the framework of developing innovative learning methods to increase student interest in learning. LPPM University of Mataram, 3(0), 94–102.

Puspitasari, R., Suparman, S., & Fahrunnisa, F. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Berbasis Game Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 8211–8220. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4382

Putri, A., & Nasution, E. Y. P. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Bentuk Aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 127-138.

Putri, N. Q. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Qraved sebagai Media Memilih Tempat Makan. Jurnal Pewarta Indonesia, 2(1), 22–32.

https://doi.org/10.25008/jpi.v2i1.28

Radiusman. (2020). Studi literasi: pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8.

https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rahayu, D. R., & Prayitno, E. (2020). Minat dan Pemahaman Konsep siswa dalam Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Media Video. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 3(1), 69–80. https://doi.org/10.31331/jipva.v4i1.1064

Ramadoni, R., & Shakinah, N. (2023). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Metode Newman. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 147-158.

Rismen, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Lemma, 7(2), 24–32.

https://doi.org/10.22202/jl.2021.v7i2.4911

Rizky, M. R. F., Marhaeni, N. H., & Budiningsih, V. A. (2022). Analisis Respon Siswa Terhadap Penggunaan Game Edukasi Quizizz Dalam Pembelajaran Matematika. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 146. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.10568

Rofiq, A. A., Anjaina, A., Romdloni, R., & Ulwiyah, N. (2022). Media Quizizz Mampu Mengatasi Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 101. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.101-112.2022

Saleh, M. (2021). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Masa Pandemi dengan Pembinaan dan Pemantauan Menggunakan Google Forms. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(1), 35–45. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i1.1999

Salsabila. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Sepriani, R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Garis Dan Sudut. Maju, 8(1), 291–298.

Setiawati, S. (2021). Penggunaan Quizizz sebagai Media Penilaian pada Perkuliahan Daring. Seminar Nasional Pendidikan Ke-4 FKIP Universitas Lampung 2021.

Setiyani, S., Fitriyani, N., & Sagita, L. (2020). Improving student’s mathematical problem solving skills through Quizizz. JRAMathEdu: Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 5(3), 276–288.

https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i3.10696

Setyaningsih, N., & Kustiana, M. N. (2023). Analysis of Students' Creative Thinking Ability in Solving HOTS Problems Viewed from Numeration Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 351-362.

Sholihah, H., & Istiqomah, N. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru di SDN 1 Brumbung Kecamatan Jepon Kabupaten Blora. JPP: Jurnal Pengabdian Pancasila, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.55927/jpp.v1i1.1294

Siregar. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.

Solihah, A., Yusuf Aditya, D., & Saefullah Kamali, A. (2022). Pengaruh Gaya Dan Kemandirian Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Berajah Journal, 2(2), 231–240. https://doi.org/10.47353/bj.v2i2.82

Son, A. L. (2019). Instrumentasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Analisis Reliabilitas, Validitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal. Gema Wiralodra, 10(1), 41–52. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v10i1.8

Suciningsih. (2020). Quizizz sebagai Alat Penilaian Hasil Belajar dalam Masa Covid-19 di MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas. Tesis Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah: IAIN Purwokerto.

Sukmaningthias, N., Hasyanah, Y., Sari, N., & Nuraeni, Z. (2023). The Influence of RME-Based Teaching Media Assisted by Pixton Application on Students' Mathematics Problem Solving Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 363-374.

Wahyudi. (2020). Quizizz: Alternatif Penilaian di Masa Pandemi Covid-19. Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 95.

https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3062

Wihartanti, L. V., Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019). Penggunaan Aplikasi Quizizz Berbasis Smartphone Dalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 362–368.

Winahyu, W., Ma’rufi, M., & Ilyas, M. (2020). Pengaruh Pendekatan Stem Berbasis Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep Dan Minat Belajar Siswa Kelas V Min Pangkajene Kepulauan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 120–134.

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.419

Winarsih, M., & Mampouw, H. L. (2019). Profil Pemahaman Himpunan oleh Siswa Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Matematika Ditinjau dari Teori APOS. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 249–260. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.506

Winata, R., & Friantini, R. N. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Dan Gender. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(1), 1.

https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i1.7385

Wulandari, A. D., Juni’ah, & Susilawati. (2021). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan di Sekolah Dasar. Proseding Didaktis, 147–157.

Yana, A. U., Antasari, L., & Kurniawan, B. R. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Gelombang Mekanik Melalui Aplikasi Online Quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 143–152.

https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14284

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408.

https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Zacharias, A. K. W. S., & Yustina Dwi, A. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa smp pada materi relasi dan fungsi. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sendika), 6(2), 112–117. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.

Zahid, M. Z. (2020). Telaah Kerangka Kerja PISA 2021: Era Integrasi Computational Thinking dalam Bidang Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3(2020), 706–713.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Syaifuddin, M., & Rahmasari, E. (2023). Students’ Response, Learning Interest, and Conceptual Understanding Ability of Two-dimensional Figures in Junior High School: A Study on the Use of Quizizz App. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 571–586. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.828

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.