Tingkat Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Pola Bilangan Berdasarkan Teori APOS

Authors

  • Novianti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Fika Widya Pratama Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.702

Keywords:

APOS, Hasil Belajar, Pemahaman Konsep, Pola Bilangan, Learning Outcomes, Concept Understanding, Number Patterns

Abstract

Apabila guru dalam mengajarkan materi dapat berjalan dengan baik kemudian siswa dapat memahami isi materi tersebut maka fungsi pendidikan itu dapat dikatakan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep siswa pada materi Pola Bilangan dengan hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan teori APOS. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan purposive sampling sebagai teknik dalam pengambilan sampel. Instrumen yang digunakan adalah peneliti itu sendiri sebagai instrumen utama, 2 soal materi Pola Bilangan, dan pedoman wawancara dengan jenis semiterstruktur. Sampel diambil dari siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga tahun ajaran 2019/2020 semester 2. Terdapat 3 subjek dengan masing-masing dipilih dari 3 kategori hasil belajar yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian pada subjek RU (subjek dengan hasil belajar tinggi) dan subjek RA (subjek dengan hasil belajar sedang) pemahaman konsepnya dapat memenuhi tahap aksi, proses, objek, dan skema. Sedangkan hasil penelitian pada subjek DE (subjek dengan hasil belajar rendah) pemahaman konsepnya hanya sampai tahap aksi dan proses.

If the teacher in teaching the material can run well then students can understand the content of the material, then the educational function can be said to be achieved. This study aims to analyze the level of understanding of students' concepts on the Number Pattern material with high, medium, and low learning outcomes based on the APOS theory. This type of research is descriptive qualitative with purposive sampling as a sampling technique. The instrument used was the researcher himself the main instrument, 2 questions about the number pattern material, and a semi-structured interview guide. The sample was taken from class VIII SMP Negeri 3 Salatiga academic year 2019/2020 semester 2. There were 3 subjects with each selected from 3 categories of learning outcomes, namely high, medium, and low. The results of research on RU subjects (subjects with high learning outcomes) and RA subjects (subjects with moderate learning outcomes) understanding the concept can meet the stages of action, process, object, and schema. While the results of research on the subject of DE (subjects with low learning outcomes) the understanding of the concept is only up to the stage of action and process.

References

Apiati, V., Heryani, Y., & Muslim, S. R. (2019). Etnomatematik dalam Bercocok Tanam Padi dan Kerajinan Anyaman Masyarakat Kampung Naga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 107-118.

Evani, R. T. (2017). Analisis Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object dan Schema) pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel di Kelas VII MTS Al-Ma’arif Tulungagung Semester II Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi pada Jurusan Tadris Matematika FTIK IAIN Tulungagung: Tidak diterbitkan.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Muslimah, M. (2018). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Scheme) pada Materi Program Linear Kelas XI MAN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi pada UIN Tulungagung: Tidak diterbitkan.

Ngandas, S. A., Ferdiani, R. D., & Fayeldi, T. (2019). Apos. Seminar Nasional FST Universitas Kanjuruhan Malang, 2, 384–392.

Pham, L., Limbu, Y. B., Bui, T. K., Nguyen, H. T., & Pham, H. T. (2019). Does e-learning service quality influence e-learning student satisfaction and loyalty? Evidence from Vietnam. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1-26.

Pramesti, B. T., & Mampouw, H. L. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Peluang Siswa SMP ditinjau dari Teori APOS. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1054–1063.

Ridia, N. S., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Auditory Intellectualy Repetition dan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 515-526.

Rosali, D. F., Asdar, & Talib. (2019). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Turunan Berdasarkan Teori APOS pada Siswa Kelas XII SMA. Issues in Mathematics Education, 3(1). 49–57.

Ruswana, A. M., & Zamnah, L. N. (2018). Korelasi antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 381-388.

Sari, F. Y., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2022). Model Pembelajaran CUPs Berbantuan Media Handout: Dampak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 95-106.

Silalahi, L. F. (2016). Analisis Pemahaman Konsep Bilangan Berpangkat Berdasarkan Teori APOS bagi Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran III SMK Negeri 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi pada FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga: Tidak diterbitkan.

Virdanismaya, A. S. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Teori Apos (Action, Process, Object, Scheme) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas Viii-G SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi pada FTIK IAIN Tulungagung: Tidak diterbitkan.

Widarti, A. (2013). Kemampuan Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa. Skripsi: STKIP PGRI Jombang: Tidak diterbitkan.

Zahid, M. Z., Sujadi, I., & Sari, D. R. (2014). Eksplorasi Konstruksi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Surakarta Menggunakan Teori Action, Process, Object, Scheme (APOS) pada Materi Pokok. Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(7), 714–726.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Novianti, & Pratama, F. W. (2022). Tingkat Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Pola Bilangan Berdasarkan Teori APOS. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 237–246. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.702

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.