Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1220Keywords:
Hasil belajar matematika, Motivasi belajar, siswa SMA, Learning motivation, Mathematics learning outcomes, Senior High School StudentsAbstract
Motivasi memiliki peran penting untuk mendorong semangat belajar siswa agar kegiatan belajar dapat dilaksanakan dengan baik sehingga terjadi peningkatan dalam hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengobservasi pengaruh motivasi siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode observasi atau survey. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XII IPA salah satu SMA Negeri di Serang. Instrumen penelitian adalah angket dan wawancara terhadap guru dan siswa terkait dengan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi, regresi, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar yang siswa terima baik dari faktor eksternal maupun internal akan sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar matematika. Motivasi perlu diperhatikan dengan baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Motivation has an important role to encourage student's enthusiasm for learning so that learning activities can be carried out properly so that there is an increase in learning outcomes. This study aims to observe the effect of students' motivation on mathematics learning outcomes. This study uses observation or survey methods. The research sample was students of class XII IPA at one of the State Senior High Schools in Serang. The research instruments were questionnaires and interviews with teachers and students related to the influence of learning motivation on mathematics learning outcomes. Data analysis was performed with correlation, regression, and t-tests. The results of the study show that the learning motivation that students receive from both external and internal factors will greatly influence the process and results of learning mathematics. Motivation needs to be considered properly to improve student learning outcomes.
References
Afriansyah, E. A. (2014). What Students’ Thinking about Contextual Problems is. In International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education. Innovation and Technology for Mathematic (pp. 279-288).
Afriansyah, E. A. (2022). Peran RME terhadap Miskonsepsi Siswa MTs pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 359-368.
Asdar, A., Arwadi, F., & Rismayanti, R. (2021). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dan Self Confidence Siswa SMP. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-16
Arends, R., I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning. New York: Routledge.
Ariany, R. L., Rosjanuardi, R., & Juandi, D. (2023). Self-Efficacy and Reflective Thinking Skills Attributes of Pre-service Mathematics Teachers. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 81-88.
Arnandi, F., Siregar, N., & Fitriawan, D. (2022). Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Smart Apps Creator pada Materi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 345-356.
Farhan, M., Hakim, A. R., & Apriyanto, M. T. (2022). Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 417-428. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1867
Fauzan, B. A., Kusnadi, D., & Sofyan, A. (2023). Changes in Students' Cognitive Abilities through STEM-Based Learning in Elementary Schools. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 89-100.
Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni S. (2021). Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal Of Education, 7(1), 193-204.
Isro’atun & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Jatmiko. (2015). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 205-213.
Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239-248.
Meilina, A., Mariana, N., & Rahmawati, I. (2023). Implementasi lkpd pmri dalam materi membilang sampai 20 untuk siswa fase a sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 45-54.
Muharomi, L. T., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Leibniz: Jurnal Matematika, 2(2), 45-64.
Ole, A. A., & Dipan, E. G. (2023). Hubungan kondisi lingkungan belajar di sekolah dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 71-78.
Putri, N. I. P., & Sundayana, R. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Problem Based Learning dan Inquiry Learning. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 157-168.
Ratna, R., & Yahya, A. (2022). Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 471-482.
Rizky, E. N. F., & Sritresna, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa Antara Guided Inquiry dan Problem Posing. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33-46.
Salamah, D., & Maryono, M. (2022). Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 461-470.
Saputra, R. J., Sofyan, D., & Mardiani, D. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self-confidence siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 79-92.
Sari, D. L., Fitriani, D. A., Khaeriyah, D. Z., Hartono, H., & Nursyahidah, F. (2022). Hypothetical Learning Trajectory pada Materi Peluang: Konteks Mainan Tradisional Ular Naga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 203-214.
Sari, F. Y., Sukestiyarno, S., & Walid, W. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Adversity Quotient. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 357-368.
Sundayana, R., & Parani, C. E. (2023). Analyzing Students’ Errors in Solving Trigonometric Problems Using Newman’s Procedure Based on Students’ Cognitive Style. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 135-144.
Tirtarahardja, U., & Sulo, L. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2009). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.
Minggi, I., Arwadi, F., & Bakri, R. A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 495-508.
Nugroho, R., & Warmi, A. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 2 Tirtamulya. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(2), 411-414.
Nuria, R. S. (2022). Global Learning terhadap Pemahaman Matematika Kelas VIII Materi Teorema Pythagoras. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 429-438.
Winkel, W. S. (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Wolkfolk, A. (2007). Educational psychology (10rd ed). Boston: Pearson Education.
Yani, V. P., Haryono, Y., & Lovia, L. (2022). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kemandirian Belajar Siswa pada Kelas VIII SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 439-448.
Yulianto, A., Sisworo, S., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 403-414.
Zay, D. A., & Kurniasih, M. D. (2023). Exploring Math Anxiety Towards the Students’ Computer Self-Efficacy in Learning Mathematics. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 113-124.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.