Minat Belajar Matematika Siswa di MTsN 2 Kerinci
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1335Keywords:
Minat belajar, Indikator, Pembelajaran matematika, Interest in learning, indicators, learning mathematicsAbstract
Minat siswa dalam mengikuti lingkungan pembelajaran, keaktifan mereka dalam bertanya, dalam menjawab pertanyaan, dalam menyimpulkan tujuan pembelajaran, dan indikator lainnya menunjukkan betapa bersemangatnya mereka dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan minat belajar siswa di MTsN 2 Kerinci. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C yang terdiri dari 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan 8 siswa memiliki minat belajar sangat baik dan 13 siswa minat belajar siswa cukup baik. Jika dilihat dari indikator siswa 57 % siswa senang dengan matematika, 85% siswa mengikuti pembelajaran dengan baik, 61% siswa aktif untuk berdiskusi, 85% siswa merasa puas jika berhasil menyelesaikan soal matematika dan 85% siswa giat belajar matematika untuk mendapatkan nilai yang tinggi. Jadi, siswa memiliki minat yang cukup baik untuk pembelajaran matematika dan mereka giat dalam belajar agar bisa mendapatkan nilai yang tinggi.
Students' interest in participating in the learning environment, their activeness in asking questions, in answering questions, in concluding learning objectives, and other indicators show how enthusiastic they are in learning. This study aims to analyze and describe students' interest in learning at MTsN 2 Kerinci. This type of research uses quantitative descriptive research. The research subjects were students of class VIII C which consisted of 21 students. Data collection techniques using a questionnaire. The results showed that 8 students had a very good interest in learning and 13 students had a good interest in learning. When viewed from student indicators, 57% of students are happy with mathematics, 85% of students follow the lesson well, 61% of students are active in discussions, 85% of students are satisfied if they successfully complete math problems and 85% of students are active in learning mathematics to get high scores. So, students have a pretty good interest in learning mathematics, and they are active in learning so they can get high scores.
References
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, VI(01), 77-79.
Amelia, P. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Citra Bangsa. (Bachelor's Thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah).
Anggraini, V., Jufri, L. H., & Juliati, W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Make a Match dan Index Card Match pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2016/2017. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 201-206.
Apriyanto, M. T., &Herlina, L. (2020). Analisis prestasi belajar matematika pada masa pandemi ditinjau dari minat belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).
Asih,A., & Imami, A, I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 799-808.
Dewi, E. K., & Yulia, P. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran TAI dan PBI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 50 Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 42-48.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dores, O,J., Huda, F, A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun pelajaran 2018/2019. J-Pimat: Jurnal Pendidikan Matematika, I(1), 38-48.
Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122.
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11.
Haryani, D., Amelia, F., & Yulia, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Stad Dan Tgt Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Di Mts Usb Sagulung Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2).
Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).
Munirah, m. (2023). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas IV Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2022/2023. (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram).
Navia, Y., & Yulia, P. (2017). Hubungan disiplin belajar dan kosentrasi belajar terhadao hasil belajar matematika siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).
Prastika, Y.D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17-22.
Purnama, I. M. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan. Formatif: JurnalIlmiah Pendidikan MIPA, 6(3).
Putri, W. A. (2023). Faktor rendahnya minat belajar siswa kelas v sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 123-128.
Rahmi, R., Yulia, P., & Putri, R. (2022). Edmodo-Based Mathematical Learning Analysis. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 10(2), 195-210.
Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289-293.
Sadiah, D. S., & Afriansyah, E. A. (2023). Miskonsepsi siswa ditinjau dari tingkat penyelesaian masalah pada materi operasi pecahan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 31-44.
Sari, R. N., & Yulia, P. (2017). Analisis Hubungan Adversity Quetient Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Universitas Riau Kepualauan. Jurnal Dimensi, 6(3).
Syaifuddin, M., & Rahmasari, E. (2023). Responses, Interest in Learning, and Ability to Understand Two-Dimensional Figure Concepts for Junior High School Students: A Study of the Use of the Quizizz Application. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 571-586.
Yulia, P. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas V SD. In Seminar Nasional (Vol. 1, No. 1).
Yulia, P., & Jamaliah, S. (2016). Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui PMRI Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2).
Yulia, P., & Suhendra, B. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran PAKEM ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1).
Yulianto, A., Sisworo, S., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran matematika berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 403-414.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.