Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi FPB dan KPK di Sekolah Dasar

Authors

  • Nurmajumitasari Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1345

Keywords:

FPB, Kesulitan, Matematika, KPK, GCD, Difficulty, Mathematics, LCM

Abstract

Materi menentukan FPB dan KPK merupakan materi yang penting karena bersinggungan dengan keseharian. Namun, materi ini sering dianggap sulit oleh siswa. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika pada materi FPB dan KPK, beserta upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV salah satu SD di Pekanbaru. Subjek penelitian yaitu lima orang siswa kelas IV. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa mengalami kesulitan pada materi FPB dan KPK terutama pada soal cerita. Faktor penyebabnya yaitu kurangnya pemahaman konsep, prosedur, dan proses perhitungan. Upaya yang dapat dilakukan guru yaitu dengan menanamkan konsep materi FPB dan KPK dengan baik, menjelaskan kepada siswa untuk memahami sesuatu yang diketahui, membaca pertanyaan dengan baik untuk memahami apa yang ditanyakan, dan membuat catatan penting baik berupa gambar, diagram, tabel, grafik atau lainnya.

The material for determining GCD and LCM is important because it intersects with daily life. However, this material is often considered difficult by students. The purpose of this study is to describe students' difficulties in learning mathematics on GCD and LCM materials, along with the efforts that teachers can make to overcome these difficulties. This type of research is qualitative with a case study approach. The study was conducted on fourth-grade students of an elementary school in Pekanbaru. The research subjects were five grade IV students. Research data was obtained through interviews, observation, and documentation. The results of the study showed that students had difficulty with GCD and LCM material, especially in word problems. The causative factor is the lack of understanding of concepts, procedures, and calculation processes. Efforts that can be made by the teacher are by instilling the concepts of GCD and LCM material well, explaining to students to understand something that is known, reading questions well to understand what is being asked, and making important notes in the form of pictures, diagrams, tables, graphs or other.

References

Aeni, T. N., & Afriansyah, E. A. (2022). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Jurnal Kongruen, 1(3), 279-286.

As’ari, I., A. (2003). Peningkatan Hasil Belajar Konsep KPK dan FPB Melalui Dakon Bilangan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah, 37(7), 3697-3705.

Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 103-112.

Hamid, H., Arhasy, E. A., & Muhtadi, D. (2023). Kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan kriteria watson. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 139-156.

Irfan, A., Anzora, A., & Fuadi, T. M. (2018). Analisis Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Pada Program Studi Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 239-250.

Jasira, L., Ramadhona, R., & Tambunan, L. R. (2018). Kecepatan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Model Problem Based Learning di SMK Pembangunan Tanjungpinang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 229-238.

Laila, N., & Sriyanto, M. I. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Pada Materi FPB & KPK di Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Kecerdasan Logis Matematis. JPI (Jurnal Pendidikan Matematika): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 1–6.

Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take and Give Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179-188.

Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239-248.

Malawi, I. & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Magetan: CV Ae Media Grafika.

Mufidah, A., & Setyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dan Cara Mengatasinya pada Siswa Kelas IV SDN Bancaran 4 Bangkalan. Prosiding, 20, 23–28.

Nilasari, A., P. (2022). Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1505–1514.

Nurhanifah, dkk. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak Tunarungu. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 3(1), 9–19. https://doi.org/10.37729/jipm.v3i1.1047

Nurhasanah, D., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71-82.

Nurwahidah, L. S. (2023). The Analysis of Language Use in Math Story Problems in Mid and Final Semester Assessment Manuscript. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 675-688.

Rizky, E. N. F., & Sritresna, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa Antara Guided Inquiry dan Problem Posing. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33-46.

Rohmah, A., Rosita, M. D., Fatimah, E. R., & Wahyuni, I. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 175-184.

Sintika, U. S. I. D., Wardana, M. Y. S., & Subekti, E. E. K. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi FPB dan KPK Kelas IV SD Negeri Karangtempel. Dwijaloka: Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(4), 494–499.

Suhartini, D., A. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Soal Cerita KPK Dan FPB Siswa Kelas 5 SDN Lirboyo 4. Simki-Pedagogia, 2(3), 1-12.

Sundayana, R., & Parani, C. E. (2023). Analyzing Students’ Errors in Solving Trigonometric Problems Using Newman’s Procedure Based on Students’ Cognitive Style. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 135-144.

Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117-128.

Utami, L. W., Hidayanto, E., & Sisworo, S. (2022). Kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal program linear pada pembelajaran daring. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 257-268.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JUPENDAS, 2(2), 1–10.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Nurmajumitasari. (2023). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi FPB dan KPK di Sekolah Dasar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 299–306. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1345

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.