Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pola Bilangan

Authors

  • Ucik Fitri Handayani Institut Agama Islam Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1504

Keywords:

Berpikir Kreatif, Matematika, Pola Bilangan, Creative Thinking, Mathematics, Number Patterns

Abstract

Abad 21 memberikan sebuah tantangan siswa untuk bisa menguasi beberapa kemampuan salah satunya kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan ini pada matematika mengharuskan siswa bisa menuliskan berbagai solusi yang benar dan berbeda pada permasalahan terbuka. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan permasalahan pola bilangan pada siswa kelas VIII. Sampel penelitian yakni 24 siswa kelas VIII di Kab. Blitar. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh 71% siswa memenuhi indikator kelancaran, 63% siswa memenuhi indikator keluwesan dan 4% siswa memenuhi indikator kebaruan. Indikator yang paling sedikit dipenuhi oleh siswa yakni indikator kebaruan. Sedangkan indikator yang paling banyak dipenuhi oleh siswa yakni indikator kelancaran. Guru disarankan untuk melatih siswa menyelesaikan masalah dengan jawaban benar yang beragam, sehingga kemampuan berpikir kreatif bisa terasah.

The 21st century provides a challenge for students to be able to master several abilities, one of which is the ability to think creatively. This ability in mathematics requires students to be able to write various correct and different solutions to open problems. The research aims to describe the ability to think creatively in solving number pattern problems in class VIII students. The research sample is 24 class VIII students in Kab. Blitar. Data was collected through tests and interviews. Data analysis using reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that 71% of students met the indicators of fluency, 63% of students met the indicators of flexibility and 4% of students met the indicators of novelty. The indicator that the students met the least was the novelty indicator. The indicator most fulfilled by students is the fluency indicator. Teachers are advised to train students to solve problems with a variety of correct answers so that creative thinking skills can be honed.

References

Afriansyah, E. A., Nuraeni, R., Puspitasari, N., Sundayana, R., Jejen, J., Sumia, S., & Lesmana, A. (2023). Training of Realistic Mathematics Education Learning Approach in Salawu Village. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 4(01), 26-32.

Agus, R. N., & Sholahudin, U. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 06(02), 138–142. https://doi.org/10.37150/jp.v6i2.1885

Annas, T. T., Imam, S., Isnandar, S., & Agus, H. (2023). Mathematical Critical Thinking: Analysis of Middle School Students' Thinking Processes in Solving Trigonometry Problems. Mathematical Critical Thinking: Analysis of Middle School Students' Thinking Processes in Solving Trigonometry Problems, 12(04).

Atiyah, A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 103-112.

Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141–150. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1585

Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui creative problem solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107-118.

Handayani, U. F. (2021). Kreativitas Siswa Kemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual. Pi: Mathematics Educations Journal, 4(2), 91–101.

Handayani, U. F., Sa’dijah, C., & Susanto, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Adopsi ‘PISA.’ Jurnal Math Educator Nusantara, 4(2), 143–156. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12109

Mimbarwati, M., Mulyono, M., & Suminar, T. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom. Journal on Education, 5(2), 4102–4109. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1106

Muthaharah, Y. A., Kriswandani, & Prihatnani, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 11–22.

Nabila, J. N., Hendrastuti, Z. R., & Chasanah, A. N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Dalam Penyelesaian Soal Open Ended Ditinjau Dari Gaya Berpikir Siswa. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 5(1), 1–10.

Nurhanifah, N. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas viii smp pada materi geometri. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 161-172.

OECD. (2015). PISA 2015 assessment and analytical framework: mathematics, reading, science, problem solving and financial literacy. (OECD Publishing (ed.)). https://bit.ly/2KR289R

Pratiwi, I., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di Kelas IV MI Al-Kamil Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.43

Rohmah, A., Rosita, M. D., Fatimah, E. R., & Wahyuni, I. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 175-184.

Rozi, F. A., Afriansyah, E. A. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan disposisi matematis siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172–185.

Sa’dijah, C. (2013). Kepekaan Bilangan Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual yang Mengintegrasikan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 20(2), 222–227. https://bit.ly/2FVdLJt

Sa’Dijah, C., Handayani, U. F., Sisworo, Sudirman, Susiswo, Cahyowati, E. T. D., & Sa’Diyah, M. (2019). The Profile of Junior High School Students’ Mathematical Creative Thinking Skills in Solving Problem through Contextual Teaching. Journal of Physics: Conference Series, 1397(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1397/1/012081

Sabarudin, Marzuki, Zaiyar, M., Hamdani, & Qalbi, D. (2023). Mathematical Creative Thinking Ability of Vocational School Students in Solving Composition Function Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 809-820.

Salsabila, R. T., & Delyana, H. (2023). Model Pembelajaran Collaborative Creativity dalam Mengoptimalkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 251-264.

Samo, D. D., Darhim, D., & Kartasasmita, B. (2017). Developing Contextual Mathematical Thinking Learning Model to Enhance Higher-Order Thinking Ability for Middle School Students. International Education Studies, 10(12), 17–29. https://doi.org/10.5539/ies.v10n12p17

Sari, F. Y. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Adversity Quotient. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 357-368.

Sari, R. F., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Belief Siswa pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 275–288. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1755

Suastika, K. (2017). Mathematics Learning Model of Open Problem Solving to Develop Students ’ Creativity. 12(6), 569–577. https://bit.ly/2wsOLK4

Susanti, D., Retnawati, H., Arliani, E., & Irfan, L. (2023). Peluang dan tantangan pengembangan asesmen high order thinking skills dalam pembelajaran matematika di indonesia. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 229-242.

Susilawati, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 512–525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.244

Susilo, D. A., Ferdiani, R. D., & Murniasih, T. R. (2018). Peningkatan Berpikir Kreatif mahasiswa Melalui Model Project Based Learning pada Mata Kuliah Media Manipulatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).

Yusnaeni, Susilo, H., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2016). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran Search Solve Create and Solve di SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi 2016, January 2018, 443–446.

Zubaidah, R., Pasaribu, R. L., Mirza, A., & Afriansyah, E. A. (2023). Students’ Scientific Attitudes and Creative Thinking Skills. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 315-326.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Handayani, U. F. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pola Bilangan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 399–410. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1504

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.