Unlocking Students’ Creative Thinking in Mathematics: A Study on Three-Dimensional Shapes
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i3.2204Keywords:
Kemampuan Berpikir Kreatif, SMP, Bangun Ruang Sisi Datar, Creative Thinking Skills, Junior High School, Three-Dimensional ShapesAbstract
Kemampuan berpikir kreatif perlu dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuab berpikir kreatif siswa SMP pada materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara Purposive Sampling dengan memilih 3 orang siswa kelas VIII. Data diperoleh dengan cara melakukan tes tertulis, wawancara, dan observasi. Setiap data atau informasi yang diperoleh dianalisis dalam bentuk deskriptif. Kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa dianalisis berdasarkan indikator-indikator kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian ini adalah keempat indikator kemampuan berpikir kreatif siswa perlu ditingkatkan karena belum optimal. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif yaitu proses pembelajaran, pemahaman siswa, serta pemberian latihan soal.
Creative thinking skills are essential for students in learning mathematics. This study aims to analyze the creative thinking abilities of junior high school students in the topic of Three-Dimensional Shapes, specifically cubes and rectangular prisms. The research method used is qualitative descriptive. The selection of research subjects was conducted using purposive sampling, involving three eighth-grade students. Data were collected through written tests, interviews, and observations. All obtained data or information were analyzed descriptively. Students' creative thinking skills were analyzed based on specific indicators of creative thinking ability. The results of this study show that all four indicators of students' creative thinking skills need improvement, as they are not yet optimal. Factors influencing creative thinking skills include the learning process, students' comprehension, and the provision of practice problems.
References
Afriansyah, E. A. (2021). Realistic mathematics education berbasis emergent modeling untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis serta curiosity mahasiswa calon guru (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141-150.
Ernita, E., Isnarto, I., & Suyitno, A. (2024). Improving Mathematical Creativity Through Self-Regulated Learning in a Problem-Based Learning Model Supported by GeoGebra. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 139-150. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1982
Faiziyah, N., Hanan, N. A., & Azizah, N. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal berbasis Etnomatematika Tipe Multiple Solutions Task. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 495-506. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.740
Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui creative problem solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107-118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.596
Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119-130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.692
Hasibuan, E.K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18-30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7il.1766
Khairunnisa, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di Kelas X MAs Amaliyah Sunggan TP 2020/2021. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Kosasih, U., Gita, T. W., & Nurjanah, N. (2024). Creative Thinking Ability in Quadrilateral Learning with Pos Math Game. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 449-460. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i2.1049
Mukaromah, A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. (Skripsi). Universitas Lampung
Nufus, Z. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematika siswa MTsN. (Doctoral dissertation, UIN Ar-raniry).
Nugrahani. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.
Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
Ratnasari, S., & Setiawan, W. (2007). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi himpunan. Journal On Education, 01(2), 473-479.
Setyaningsih, N., & Kustiana, M. N. (2023). Analysis of Students' Creative Thinking Ability in Solving HOTS Problems Viewed from Numeration Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 351-362. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.789
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabet.
Sumartini, T. S. (2022). Pengaruh habit of mind terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis melalui metode pembelajaran improve. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 167-178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.696
Suripah, S., & Sthephani, A. (2017). Kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dalam menyelesaikan akar pangkat persamaan kompleks berdasarkan tingkat kemampuan akademik. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2).
Wahyuni, W. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Visual, Aural, Read/Write, Kinesthetic (Vark) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bumiayu Kabupaten Brebes. (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).
Widianti Utami, R., dkk, (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1) 43-48.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.