Assessing Problem-Solving Proficiency in Mathematics: Insights from Seventh-Grade Students
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i2.2206Keywords:
Kemampuan pemecahan masalah matematis, persamaan linear satu variabel, Mathematical problem-solving skills, linear equations in one variableAbstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan dalam melakukan prosedur matematika untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VII pada materi persamaan linear satu variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif dengan subjek penelitian tiga orang siswa kelas VII yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan adalah soal tes tulis, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi bisa memenuhi 3-4 indikator, siswa dengan kemampuan matematika sedang dapat memenuhi 2-3 indikator, dan siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya bisa memenuhi 1-2 indikator saja.
Mathematical problem-solving ability refers to the capacity to perform mathematical procedures to solve problems. This study aims to analyze the mathematical problem-solving abilities of seventh-grade junior high school students on the topic of linear equations with one variable. This research is a qualitative descriptive study involving three seventh-grade students with high, medium, and low mathematical abilities as the subjects. The instruments used in the study included written test questions, interviews, and observations. The results indicated that students with high mathematical abilities were able to meet 3–4 indicators, students with medium mathematical abilities met 2–3 indicators, and students with low mathematical abilities met only 1–2 indicators.
References
Agustami, A., Aprida, V., & Pramita, A. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 3(1), 224-231.
Anggraeni, R., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1072-1082.
Awalia, N. (2023). Model Problem Based Learning dan Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 277-288.
Christina, E. N. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah tahapan polya dalam menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 405-424.
Damayanti, N. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada materi barisan dan deret geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107-118.
Fitriyana, D., & Sutirna. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 512–520.
Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas vii dalam menyelesaikan persamaan linear satu variabel. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(01), 44-54.
Hasna, N., Sagita, L., & Utami, N. W. (2024). Pengembangan LKS Model PjBL untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 137-150.
Kusnadi, R. M., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah menengah pertama negeri 3 tarogong kidul dalam masalah statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 1(2), 173-182.
Layali,N.K.,Masri. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2),137-144.
Lisnani, & Inharjanto, A. (2023). Students' Problem-Solving Ability Using Picture Story Contexts. Students' Problem-Solving Ability Using Picture Story Contexts, 12(1), 101-112.
Mariam, Shinta, dkk, (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN dengan Menggunakan Metode Open Ended di Bandung Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1),178-186.
Minggi, I., Arwadi, F., & Bakri, R. A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 495-508.
Mukhibin, A., Herman, T., Aulia, L. S., & Firdaus, H. (2024). Integrating Computational Thinking in STEM Learning: An Effort to Improve Students’ Problem-Solving Skills. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 49-62.
Nadila, D., Mandailina, V., Mahsup, Mehmood, S., Abdillah, & Syaharuddin. (2023). Improved Problem-Solving Skills Using Mathematics Module. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 405-418.
Palapasari, R., Kadir., Anggo, M. (2017). Pengaruh Penerapan Konstruktivis Realistik dan Kemampuan Dasar Matematika Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1),46-56.
Pitriyani, D. C., & Afriansyah, E. A. (2023). Middle School Mathematics Problem Solving Ability Reviewed from Students' Learning Interests. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 321-340.
Polya, G. 1973. How To Solve It. A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press, Princeton, New Jersey.
Pradiarti, R. A. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 379-390.
Pratiwi, N. A., & Munandar, D. R. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP melalui soal tes pada materi persamaan linear satu variabel. Prosiding Sesiomadika, 2(1a).
Purnama Sari, I. Setyawan,W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM). Journal of Medives, 3(2), 208-215.
Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah,M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 352-357.
Rahayu, S., Cahyani, R. E., Herlina, Y., & Wahyuni, R. (2024). Analysis of high school students’ mathematical problem-solving abilities on matrix content. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(2), 209-224.
Rahmayanti, I., & Maryati, I. (2021). Kesalahan Siswa SMP pada Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Tahapan Teori Newman. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 61-70.
Rahmmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2),187-202.
Ramadoni, & Admulya, B. I. (2023). Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 333-344.
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175-187.
Sanidah, S., & Sumartini, T. S. (2022). Kesulitan siswa kelas viii dalam menyelesaikan soal cerita spldv dengan menggunakan langkah polya di desa cihikeu. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 15-26.
Sari, E. F. P. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi kubus dan balok di SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 141-152.
Sonia, E., Nurjaman, A., & Hutajulu, M. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Persamaan Linear Satu Variabel pada Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 1087-1094.
Suryani, Mulia, dkk, (2020). Analisis Kemampuan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–129.
Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57-68.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.