Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Authors

  • Ilham Minggi Universitas Negeri Makassar
  • Fajar Arwadi Universitas Negeri Makassar
  • Riska Amelia Insani Bakri Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1123

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Disposisi Matematis, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Mathematical Problem-Solving, Mathematical disposition, Linear equation system of two variables

Abstract

Siswa dituntut agar dapat menggunakan keahlian komunikasi, penalaran, menghubungkan berbagai ide matematika untuk memecahkan masalah, serta mengubah perilaku positif terhadap matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan disposisi matematis siswa kelas IX pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 3 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu pemberian angket, tes uraian, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kategori disposisi matematis tinggi sudah mampu menyelesaikan ketujuh tahapan pemecahan masalah; dan siswa dengan kategori disposisi matematis sedang masih kurang maksimal; sedangkan siswa dengan kategori disposisi matematis rendah hanya mampu menyelesaikan beberapa tahapan pemecahan masalah.

Students are required to be able to use communication skills, and reasoning, connect various mathematical ideas to solve problems, and change positive behavior toward mathematics. This study aims to analyze problem-solving abilities based on the mathematical dispositions of class IX students in the matter of a system of two-variable linear equations. This type of research is qualitative research with a descriptive approach. The research subjects were 3 students. Data collection techniques in this study were questionnaires, essay tests, and interviews. Data analysis techniques in this study are data condensation, data presentation, and conclusion. The results of this study indicate that the problem-solving abilities of students with high mathematical disposition categories have been able to complete the seven stages of problem-solving. The problem-solving abilities of students with moderate mathematical disposition categories are still not optimal. The problem-solving abilities of students with low mathematical disposition categories are only able to complete several stages of problem-solving.

References

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.

Aliah, S. N., Sukmawati, S., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Disposisi Matematika Siswa Pada Materi Spldv. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 91–98.

Annizar, A. M. R., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39-55.

Astalini, A., Darmaji, M. I., Kuswanto, R. P., Anggraini, L., & Putra, I. (2020). Attitude and Self-confidence Students in Learning Natural Sciences: Rural and Urban Junior High School. Universal Journal of Educational Research, 8(6), 2569-2577.

Celik, H. C., & Ozdemir, F. (2020). Mathematical Thinking as a Predictor of Critical Thinking Dispositions of Pre-Service Mathematics Teachers. International Journal of Progressive Education, 16(4), 81-98.

Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018). Contextual approach using VBA learning media to improve students’ mathematical displacement and disposition ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012025). IOP Publishing.

Claudia, L. F., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2020, May). High School Students’ Responses in Solving Linear Program Problems Based on SOLO Taxonomy Viewed from Mathematical Disposition. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1539, No. 1, p. 012087). IOP Publishing.

Damianti, D., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa SMP. INSPIRAMATIKA, 8(1), 21-30.

Depi, S., Suendarti, M., & Liberna, H. (2022). Disposisi Matematika dan Kecerdasan Logika Matematika: Apakah Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA?. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(3), 525-537.

Fatimah, E. S., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan koneksi matematis berdasarkan disposisi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 69-82.

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87-100.

Fitrianna, A. Y., Dinia, S., Mayasari, M., & Nurhafifah, A. Y. (2018). Mathematical representation ability of senior high school students: an evaluation from students’ mathematical disposition. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(1), 46-56.

Guswinda, G., Yuanita, P., & Hutapea, N. M. (2019). Improvement of Mathematical Problem Solving and Disposition Ability of MTs Students through StrategiesThink Talk Write in Cooperative Learning in Kuantan Singingi Regency. Journal of Educational Sciences, 3(3), 377-389.

Hanifah, H. R. F. N., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara think pair share dan think talk write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 155-166.

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(01), 44-54.

Hasibuan, A. M., Saragih, S., & Amry, Z. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education to Improve Problem Solving Ability and Student Learning Independence. International electronic journal of mathematics education, 14(1), 243-252.

Herawaty, D., Widada, W., Novita, T., Waroka, L., & Lubis, A. N. M. T. (2018, September). Students’ metacognition on mathematical problem solving through ethnomathematics in Rejang Lebong, Indonesia. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1088, No. 1, p. 012089). IOP Publishing.

Hermawati, H., Jumroh, J., & Sari, E. F. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Kubus dan Balok di SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 141-152.

Hutajulu, M., Wijaya, T. T., & Hidayat, W. (2019). The effect of mathematical disposition and learning motivation on problem solving: an analysis. Infinity Journal, 8(2), 229-238.

Katz, L. G. (1993). Dispositions as Educational Goals. ERIC Digest.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findel, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Kurniawan, A., & Kadarisma, G. (2020). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(2), 99-108.

Machmud, T., Pusi, R. A., & Pauweni, K. A. (2022). Deskripsi Disposisi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus 1. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 349-358.

Miatun, A., & Khusna, H. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 269–278. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2703

Mulyo, M. R. G. T., Sari, A. F., & Syarifuddin, A. (2019). Proses Berpikir Siswa Bergaya Kognitif Visualizer dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Non Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 167-178.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (1995). Principles and Standards for School Mathematics.

Nouri, J., Zhang, L., Mannila, L., & Norén, E. (2020). Development of computational thinking, digital competence and 21st century skills when learning programming in K-9. Education Inquiry, 11(1), 1-17.

Pohan, A. M., Asmin, A., & Menanti, A. (2020). The effect of problem based learning and learning motivation of Mathematical problem solving skills of class 5 students at SDN 0407 Mondang. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 531-539.

Rahayu, N. S., Liddini, U. H., & Maarif, S. (2022). Berpikir Kreatif Matematis: Sebuah Pemetaan Literatur dengan Analisis Bibliometri Menggunakan Vos Viewer. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 179-190.

Rezita, R., & Rahmat, T. (2022). Hubungan Disposisi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika. Lattice Journal: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), 79-90.

Ruswati, D., Utami, W. T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari tiga aspek. Maju (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 91–107.

Santia, I. (2015). Representasi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2).

Schukajlow, S., Blomberg, J., Rellensmann, J., & Leopold, C. (2022). The role of strategy-based motivation in mathematical problem solving: The case of learner-generated drawings. Learning and Instruction, 80, 101561.

Suryanto, H., Degeng, I. N. S., Djatmika, E. T., & Kuswandi, D. (2021). The effect of creative problem solving with the intervention social skills on the performance of creative tasks. Creativity Studies, 14(2), 323-335.

Syaban, M. (2009). Menumbuhkembangkan Daya dan Disposisi Matematis Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Investigasi. Jurnal Educationist, 3(2), 129-136.

Taufiq, D. A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 303-314.

Wang, M., Walkington, C., & Rouse, A. (2022). A meta-analysis on the effects of problem-posing in mathematics education on performance and dispositions. Investigations in Mathematics Learning, 1-23.

Wankat, P. C., & Oreovicz, F. S., (1993). Teaching Engineering, New York: Mc-Graw Hill.

Yaniawati, R. P., Indrawan, R., & Setiawan, G. (2019). Core Model on Improving Mathematical Communication and Connection, Analysis of Students' Mathematical Disposition. International Journal of Instruction, 12(4), 639-654.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Minggi, I., Arwadi, F., & Bakri, R. A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel . Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 495–508. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1123

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.