Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat

Authors

  • Nisa Sri Rahayu MTs Manbaul Huda
  • Ekasatya Aldila Afriansyah Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.859

Keywords:

Bangun Datar, Kualitatif, Miskonsepsi, Segiempat, Two-Dimentional Figure, Qualitative, Misconception, Square

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil penelitian terdahulu yang menunjukan adanya miskonsepsi yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar segiempat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk miskonsepsi yang dialami siswa SMP dalam menyelesaikan soal bangun datar segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 2 Garut yang diikuti oleh siswa kelas VII-E tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 31 siswa. Pengambilan sumber data dilakukan secara puposive sampling yang terdiri dari tiga orang siswa, masing-masing siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes dalam bentuk uraian dan option (benar-salah) beserta alasannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga jenis miskonsepsi yang dialami siswa, yaitu miskonsepsi klasifiksaional, miskonsepsi teoritikal dan miskonsepsi korelasional.

This research is motivated by the results of previous studies which show that there are misconceptions experienced by students in solving quadrilateral problems. The purpose of this study was to analyze the form of misconceptions experienced by junior high school students in solving two-dimentional figure problems of square. This research is qualitative. The research was conducted at MTs Negeri 2 Garut which was attended by 31 students of class VII-E in the 2019/2020 school year. Retrieval of data sources was carried out by purposive sampling consisting of three students, each student with high, medium, and low abilities. The instrument in this study was a test in the form of a description and options (true-false) along with the reasons. The results showed that there were three types of misconceptions experienced by students, namely classify cultural misconceptions, theoretical misconceptions, and correlational misconceptions.

References

Afriansyah, E. A., Herman, T., Turmudi, & Dahlan, J. A. (2021, February). Critical thinking skills in mathematics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1778, No. 1, p. 012013). IOP Publishing.

Ainiyah, L. A. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Geometri Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Punggelan. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).

Darmawati, Irawan, E. B., & Chandra, T. D. (2016). Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Segiempat Berdasarkan Teori Nolting. Seminar Nasional, 1-8.

Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V-B Min Buduran Sidoarjo Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75-81.

Mufidah, I., & Budiarto, M. T. (2018). Miskonsepsi Siswa SMP Dalam Memahami Konsep Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Gaya Belajar VAK. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(7), 232-239.

Ningrum, R. W., & Budiarto, M. T. (2016). Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar Segiempat Dan Alternatif Mengatasinya. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 59-66.

Nurkamilah, P., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 49-60.

Putra, M. A., Jaeng, M., & Sukayasa. (2016). Analisis Kesahalahan Siswa Kelas VII SMP Al-Azhar Mandiri Palu Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(3), 303-316.

Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439-450.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wardani, E. P., Mardiyana, & Subanti, S. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Lingkaran Ditinjau Dari Kesiapan Belajar Dan Gaya Berpikir Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(3), 328-340.

Wiryoatmojo, S., Muhtarom, & Shodiqin, A. (2013). Kesalahan Proses Berpikir Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret, 103-204.

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Rahayu, N. S., & Afriansyah, E. A. (2021). Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17–32. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.859

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.