Model Pembelajaran Collaborative Creativity dalam Mengoptimalkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

Authors

  • Rija Tasya Salsabila Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rahmi Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Hafizah Delyana Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1341

Keywords:

model pembelajaran, collaborative creativity, berfikir kreatif, learning model, think creatively

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika yang masih rendah menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek penelitian menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa lebih dominan pada kategori kreatif dan cukup kreatif. Jadi, keterampilan berfikir kreatif siswa di kelas IX 1 adalah kreatif dan cukup kreatif.

Creative thinking skills in learning mathematics which are still low are the background of this research. The research objective is to determine students' creative thinking abilities using the Collaborative Creativity (CC) learning model. This research uses descriptive research with a qualitative approach. Taking research subjects using purposive sampling. Data collection techniques used are test methods, interviews, and documentation. Data analysis used is data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that students' creative thinking skills were more dominant in the creative and moderately creative category. So, the creative thinking skills of students in class IX 1 are creative and quite creative.

References

Astutik, S., E. Susantini, & Madlazim. (2017). Model Pembelajaran Collaborative Creativity untuk Meningkatkan Afektif Kolaboratif Ilmiah dan Kreativitas Ilmiah Siswa pada Pembelajaran IPA. Disertasi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Dewi, N. P. S., Wiyasa, I. K. N., & Suniasih, N. W. (2020). Pembelajaran Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies 3(2): 246–54.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender Dan Resiliensi Dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 2(1): 129.

Fajri, M. (2017). Kemampuan Berpikir Matematis Dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Lemma, 3(2), 1–11.

Fatra, M., Kurniawati, L., Sihombing, A. A., & Maisalamah, H. (2023). KR-Heuristic Learning: Strategies to Develop Mathematical Lateral Thinking Skills for Gifted Students. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1-12.

Guyotte, K. W., N. W. Sochacka, T. E. Costantino, dan N. N. Kellam. (2015). Collaborative Creativity in STEAM: Narratives of Art Education Students’ Experiences in Transdiciplinary Spaces. International Journal of Education & the Arts,16(15): 1-38

Haerudin. (2011). Penerapan Metode SAVI Dengan Pendekatan Induktif dan Peningkatan Berpikir Kreatif Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Volume 1 tahun 2011: 287-291.

Halini, H., Zubaidah, R., Pasaribu, R. L., Mirza, A., & Afriansyah, E. A. (2023). Students’ Scientific Attitudes and Creative Thinking Skills. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 315-326.

Hamzah. (2000). Pembelajaran Matematika I. Jakarta: Bumi Aksara

Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 58–64.

Koestiani, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Terhadap Kreativitas Ilmiah Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Di SMA. Skripsi. Repository Universitas Jember.

Liberna, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(23), 190–97.

Marlinda, L. (2020). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Berdasarkan Kepribadian dan Status Pekerjaan. Jurnal Program Studi Penidikan Matematika, 9(4), 1268-1282.

Munawwarah, M., Laili, N., & Tohir, M. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Keterampilan Abad 21. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 37–58.

Nuqthy, F., Nityana, A. H., & Navia, N. A. (2022). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal berbasis etnomatematika tipe multiple solutions task. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 495-506.

Nurhalimah, Rahmi, & Suryani, M. (2021). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN I Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Matematika.,9(3), 244-255.

Nurhanifah, N. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas viii smp pada materi geometri. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 161-172.

Puspitasari, F., Astutik, S., & Sudarti. (2018). Efektifitas Model Collaborative Creativity Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Fisika Indonesia, 3(2), 65–70.

Rahmi. (2015). Menciptakan Pembelajaran Matematika Yang Kreatif Dan Menyenangkan. Jurnal Pelangi, 6(1).

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rohmah, A., Rosita, M. D., Fatimah, E. R., & Wahyuni, I. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 175-184.

Santika, M. T., Sulistiani, W. S., & Asih, T. (2020). Pengaruh Probing Prompting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Koordinasi Kelas XI SMA Negeri 5 Metro. Edubiolock ,1(2), 21–30.

Sari, F. Y., Sukestiyarno, S., & Walid, W. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Adversity Quotient. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 357-368.

Setyaningsih, N., & Kustiana, M. N. (2023). Analysis of Students' Creative Thinking Ability in Solving HOTS Problems Viewed from Numeration Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 351-362.

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika (Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science, 2(1), 58–67.

Sobarningsih, N., Sugilar, & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2022). Pengaruh habit of mind terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis melalui metode pembelajaran improve. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 167-178.

Susanti, D., Retnawati, H., Arliani, E., & Irfan, L. (2023). Peluang dan tantangan pengembangan asesmen high order thinking skills dalam pembelajaran matematika di indonesia. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 229-242.

Tendrita, M., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2016). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Model Remap Think Pair Share. Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742) 13(1): 285–91.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Salsabila, R. T., Rahmi, & Delyana, H. (2023). Model Pembelajaran Collaborative Creativity dalam Mengoptimalkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 251–264. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1341

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.