Students' Mathematical Connection Ability in Solving Higher Order Thinking Skills Problems Based on Jambi Culture

Authors

  • Arshinta Vrasetya Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Eline Yanty Putri Nasution Institut Agama Islam Negeri Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i2.2087

Keywords:

Sensing Personality, Intuiting personality, Mathematical Connection Ability, Hots Problem, Jambi Culture, Budaya Jambi, Kemampuan Koneksi Matematis, Soal HOTS, Tipe kepribadian Intuiting, Tipe Kepribadian Sensing

Abstract

Kemampuan koneksi penting sebagai bagian dari keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berbasis budaya Jambi. Penelitian studi kasus ini melibatkan 32 siswa dengan tipe kepribadian sensing dan intuiting. Instrumen penelitian mencakup tes kepribadian MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), lembar tes soal HOTS, dan wawancara. Data dikumpulkan melalui triangulasi sumber dan waktu, dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan koneksi matematis siswa dengan tipe kepribadian sensing lebih baik (70%) daripada tipe intuiting (56,25%). Temuan ini mengindikasikan siswa dengan tipe sensing lebih efektif dalam mengaitkan dan menerapkan konsep matematika pada soal HOTS berbasis budaya Jambi, sementara siswa dengan tipe intuiting menghadapi kesulitan dalam membangun koneksi matematis, yang mempengaruhi akurasi jawaban mereka. Dengan demikian, tipe kepribadian memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa dalam mengintegrasikan dan menerapkan pengetahuan matematika dalam situasi kompleks.

Connection abilities are important as part of higher order thinking skills. This study aims to explore students' mathematical connection skills in solving HOTS problems based on Jambi culture, with a focus on the Kajang leko traditional house and the padamaran cake typical of Jambi. This research used a case study approach involving 32 students with sensing and intuiting personality types. The research instruments included MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) personality tests, HOTS question test sheets, and interviews. Data were collected through triangulation of sources and time, then analyzed using data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that students with sensing personality type had better mathematical connection ability (70%) than students with intuiting type (56.25%). This finding indicates that students with the sensing type are more effective in connecting and applying mathematical concepts to Jambi culture-based HOTS questions, while students with the intuiting type face difficulties in building mathematical connections, which affects the accuracy of their answers. Thus, personality type has a significant influence on students' ability to integrate and apply mathematical knowledge in complex situations.

References

A’dadiyyah, N. L., & Malasari, P. N. (2023). Implementasi Model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating Transferring) Berbasis Etnomatematika Menara Kudus untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. NCOINS: National Conference of Islamic Natural Scienc, 3.

Ali, F. A., Murni, V., & Jelatu, S. (2018). Analisis kesulitan mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Bermuatan HOTS Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis. Journal of Songke MatH, 1(2), 32–46.

Aprillia, D. T. (2021). Profil Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar Dibedakan dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Skripsi Sarjana: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Arwadi, A., Arwadi, F., & Rismayanti, R. (2021). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dan Self Confidence Siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–16.

Aspuri, A. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita: Studi Kasus di SMP Negeri 3 Cibadak. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 124. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i2.3651

Ayu, L. L. (2020). Profil Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Siswa SMP Ditinjau Dari Kepribadian Myer Briggs Indicator (Mbti). MATHEdunesa, 9(3), 631–646.

Fahira, J., Arjudin, A., Amrullah, A., & Subarinah, S. (2023). Analisis Matematis Ditinjau Dari Tipe Kepribadian MBTI (Myers Briggs Type Indicator) Siswa Kelas VII SMPN 6 Mataram pada Materi Perbandingan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3).

Fauzi, Miftah, A., & Abidin, Z. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Tipe Kepribadian Thinking-Feeling Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1).

García, & Flores, D. (2018). Intra-Mathematical Connections Made by High School Students in Performing Calculus Tasks. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 49(2), 227–252.

Gilang, A. F., Zuliana, E., Henry, B. S., & A. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga. BONGPAS. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).

Hana, H., & Sumartini, T. S. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Problem Based Learning Dan Direct Instruction. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 83-96.

Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep, kemampuan komunikasi dan koneksi terhadap kemampuan pemecahan masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43–72.

Indriani, N. D., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending dan Means Ends Analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 339-352.

Kamid, K., Patri, F. D., Saharudin, S., & Sofnidar, S. (2020). Ethnomathematical Analysis of Geometry Form in the Great Mosque of Pondok Tinggi at Sungai Penuh City and Relationship to Mathematics Instructional. American Research Journal of Humanities & Social Science, 3(5),15–22.

Kamid, Wandari, A., & Rohati. (2018). Ethnomathematics Analysis on Jambi Plait Art as the Mathematics Learning Resources. Journal of Physics: Conference Series, 7–12.

Khoiriah. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Myer Briggs Type Indicator (MBTI). Doctoral dissertation: UIN Raden Patah Lampung.

Kristanto, P. D., & Setiawan, P. G. F. (2020). Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait Dengan KonteksPedesaan. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 370–376.

Kusmaryono, I. (2012). Designing Quality Learning Landscape in Indonesia. Makalah Seminar Kemendikbud Dikti.

Maharani, S., I. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Kepribadian Sensing Intuitive. Journal of Mathematics Education, 5(1), 11-23.

Meylinda, D., & Surya, E. (2017). Kemampuan Koneksi Dalam Pembelajran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nainggolan, S. P., Amalia, J., & Silalahi, S. M. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Del Mathematics dan Science Competition (DMSC) ditinjau dari Kepribadian Sensing(S)-Intuiting (N). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2584–2598. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1671

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. VA.

Ni’mah, F. A., Setiawani, S., & Oktavianingtyas, E. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas IX A MTs Negeri 1 Jember Subpokok Bahasan Kubus dan Balok. Jurnal Edukasi, 4(1), 30–33.

Ningsih, D. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatika Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Putra, & Syarifuddin. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Tipe Sensing-Intuiting dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade. Jurnal Gantang IV, 1, 61–70.

Putri, A. E. P., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Theorems: The Original Reasearch of Mathematics, 7(1).

Putri, W. A., & Masriyah. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Segiempat Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert. MATHEdunesa, 9(2).

Radite, R., Yogyakarta, N., Sulistyawati, E., & Firmansyah, A. N. (2022). Evaluasi Program Bimbingan Belajar Matematika dan UTBK Lembaga Bimbingan Belajar Non-Profit di Pekalongan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(2).

Ramalisa, Y., & Syafmen, W. (2014). Analisis Pengetahuan Prosedural Siswa Tipe Kepribadian Sensing dalam Menyelesaikan Soal Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Rawa, N. R., & Sutawidjaja, A. S. (2016). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas X pada Materi Perbandingan Trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Prodi S2-S3 Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Septiani E P, & Rubowo R M. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Soal Hots Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis Sedang. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(5), 388–396.

Siagian, D. M. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 59–65.

Sutrimo, S., Kamid, K., & Saharudin, S. (2019). LKPD Bermuatan Inquiry dan Budaya Jambi: Efektivitas dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1).

Wandari, A., Kamid, K., & Maison, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 47.

Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK Pada Materi Trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28-39.

Wulan, E. R., & Rosidah, N. I. (2020). Bagaimana Problem Solving Geometri Ruang dari Level Berpikir Van Hiele Siswa. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 22–40.

Yuwono, T., Londar, E. G., & Suwanti, V. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pemecahan Masalah Segitiga. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(2), 111–123.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Vrasetya, A., & Nasution, E. Y. P. (2024). Students’ Mathematical Connection Ability in Solving Higher Order Thinking Skills Problems Based on Jambi Culture . Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 269–286. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i2.2087

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.