The Correlation of Junior High School Students’ Self-Confidence and Mathematical Problem-Solving Ability

Authors

  • Lioni Anka Monalisa University of Jember
  • Arika Indah Kristiana University of Jember
  • Edy Wihardjo University of Jember
  • Saddam Hussen University of Jember
  • Fiorent Annastasia Putri University of Jember

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i4.1692

Keywords:

correlation, Problem Solving Ability, Self-Confidence, korelasi, pemecahan masalah matematis, kepercayaan diri

Abstract

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki oleh siswa, dan kepercayaan diri diyakini memiliki kontribusi signifikan terhadap pencapaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri (self-confidence) dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek penelitian adalah 87 siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Jember pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan melalui angket kepercayaan diri dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan analisis deskriptif, nilai rata-rata kepercayaan diri siswa adalah 96,08 dengan kategori dominan berada pada tingkat sedang (74,71%). Hasil analisis korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara kepercayaan diri dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi tingkat kepercayaan diri siswa, maka semakin baik kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal-soal matematika secara problematis. Implikasi dari temuan ini menunjukkan pentingnya strategi pembelajaran yang tidak hanya fokus pada aspek kognitif, tetapi juga afektif siswa, seperti penguatan rasa percaya diri guna mendukung keberhasilan akademik, khususnya dalam pembelajaran matematika.

Abstract

Mathematical problem-solving ability is one of the essential competencies students must possess, and self-confidence is believed to significantly contribute to its achievement. This study aims to determine the correlation between self-confidence and junior high school students’ mathematical problem-solving ability. The research employed a quantitative method with a correlational design. The subjects were 87 eighth-grade students at SMP Negeri 12 Jember during the even semester of the 2023/2024 academic year. Data were collected through a self-confidence questionnaire and a mathematical problem-solving test. Based on descriptive analysis, the average self-confidence score was 96.08, with the majority (74.71%) falling into the average category. The results of the correlation analysis showed a positive relationship between self-confidence and mathematical problem-solving ability. The conclusion of this study indicates that the higher the level of students’ self-confidence, the better their ability to solve mathematical problems. The implications of these findings highlight the importance of learning strategies that focus not only on cognitive aspects but also on students’ affective domains, such as enhancing self-confidence to support academic success, particularly in mathematics learning.

References

Annisa, S., & Abadi, A. P. (2023). Level-Level Kepercayaan Diri (Self Confidence) Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 4103–4108. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13927

Annizar, A. M., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39–55. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1688

Asari, T. R., Balkist, P. S., & Imswatama, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence. Prisma, 11(2), 447. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2440

Atiyah, A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 103-112.

Awalia, N. (2023). Model Problem Based Learning dan Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 277-288.

Daiman, K., Yuni, Y., & Marlina, A. (2024). Self-confidence and mathematical problem-solving ability in junior high school. Proceeding of International Conference on Education, 3, 1-8.

Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141-150.

Faturohman, I., Iswara, E., & Gozali, S. M. (2022). Self-Confidence Matematika Siswa dalam Penerapan Pembelajaran Online. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 85-94.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Utari, S. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Refika Aditama.

Kudsiyah, S. M., Novarina, E., & Suryani Lukman, H. (2017). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X Di SMA Negeri 2 Kota Sukabumi. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 110–117.

Lauster, P. (2015). Tes Kepribadian (19th ed.). Bumi Aksara.

Lestari, P., Supratman, & Komara. (2023). Digibook and Novice Teachers’ Mathematical Belief. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 545-556.

Malik, A. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan.

Malik, F. F., Nurdin, I. T., & Hidayat, W. (2024). Correlation between students’ critical thinking ability and self-confidence on junior high school. Journal of Innovative Mathematics Learning, 7(4), 438-447.

Minggi, I., Arwadi, F., & Bakri, R. A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 495-508.

Ningsih, S. P., & Warmi, A. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Maju, 8(2), 621–628.

Nugraha, M. R., & Basuki, B. (2021). Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235–248. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1259

Nurhayati, E., Mulyana, T., Avip, B., Martadiputra, P., Matematika, P., & Pascasarjana, S. (2016). Penerapan scaffolding untuk pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 107–112. https://doi.org/10.37058/jp3m.v2i2.162

Oktapiani, M., Laelasari, L., & Sundawan, M. D. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP pada Materi Aritmatika Sosial. Prisma, 12(1), 131. https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2637

Putri, D. R., Nasir, F., & Maharani, A. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 5(4), 57. https://doi.org/10.37058/jarme.v5i1.6220

Rahman, B., & Arifin, S. (2022). The relationship between confidence and mathematics learning achievement of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 2279(1), 012009.

Ratna, & Yahya, A. (2022). Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 471-482.

Ratnasari, R. T., Iska, Z. N., & Anis, F. Z. (2022). Hubungan Antara Self Confidence dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 177–185. https://doi.org/10.15408/elementar.v2i2

Sani, N. N. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem Solving Performance Modelling Pada Konten Change And Relationship Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Jember Universitas Jember.

Santoso, F. G., & Ariyanti, G. (2023). Student Anxiety Level When Going to College in the Mathematics Education Study Program with Mathematics Scores. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 531-544.

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Tamba, K. P., & Bermuli, J. E. (2023). Pre-Service Biology Teachers’ Mathematics Anxiety. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 327-338.

Ulfa, Y. L., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada materi jarak pada bangun ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 415-424.

Ulfa, N. C. A., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi bilangan berdasarkan self-confidence. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 193-200.

Widana, I. W. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450–462. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744

Yates, J. (2013). Successful Kids Through Character; Mendidik Anak Untuk Memiliki 8 Karakter Utama. Andi Publisher.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Monalisa, L. A., Indah Kristiana, A., Wihardjo, E., Hussen, S., & Annastasia Putri, F. (2024). The Correlation of Junior High School Students’ Self-Confidence and Mathematical Problem-Solving Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(4), 1097–1108. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i4.1692

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.