Analysis of Students' Mathematical Literacy in Solving Problem-Solving Questions Based on Self-Regulated Learning

Authors

  • M. Duskri Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Afrizal Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Susanti Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i3.2180

Keywords:

Analisis, Kemampuan Literasi Matematis, Analysis, Mathematical Literacy Ability, Self-Regulated

Abstract

Sangat penting bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan literasi matematika sehingga mereka dapat memanfaatkan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan tidak hanya memahami materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa baik siswa menggunakan literasi matematika untuk memecahkan masalah yang telah ditinjau dari SRL. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Tiga anak dari kelas IX MTsN 3 Banda Aceh mereka yang memiliki kemampuan SRL tinggi, sedang, dan rendah menjadi subjek penelitian. Peneliti, soal tes untuk literasi matematika, kuesioner SRL, dan protokol wawancara berfungsi sebagai instrumen penelitian. pengumpulan data melalui wawancara dan penilaian tertulis. Tiga langkah prosedur analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan memberikan STKLM-1 dan STKLM-2 pada berbagai waktu, teknik pemeriksaan validitas data menggunakan triangulasi waktu. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peserta dengan SRL tinggi memenuhi ketiga kriteria literasi matematika: merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan. Hanya dua indikator literasi merumuskan dan menggunakan yang dipenuhi oleh subjek dengan SRL menengah; mereka tetap tidak mampu memahami hasil mengingat tingkat kesulitannya. Hanya indikator merumuskan yaitu, mengartikulasikan masalah matematika yang dapat dipenuhi oleh subjek dengan SRL rendah; mereka tetap tidak mampu memenuhi indikator menggunakan dan menginterpretasi.

It is crucial that students develop mathematical literacy abilities so that they can utilize mathematics to solve problems in their daily lives and not just understand the subject matter. The purpose of this study is to evaluate how well students use mathematical literacy to solve problems that have been reviewed from SRL. This study employs a descriptive qualitative methodology. Three kids from class IX MTsN 3 Banda Aceh those with high, medium, and low SRL abilities were the study's subjects. Researchers, test questions for mathematical literacy, SRL questionnaires, and interview protocols served as the study's instruments. collecting data through interviews and written assessments. The three steps of data analysis procedures are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. By administering STKLM-1 and STKLM-2 at various times, the data validity checking technique employs time triangulation. The study's findings demonstrated that participants with high SRL satisfied all three criteria for mathematical literacy: formulate, employ, and interpret. Only two literacy indicators formulate and employ were met by subjects with intermediate SRL; they were nevertheless unable to understand the results in light of the difficulty. Only the formulate indikator that is, articulating mathematical problems could be met by subjects with low SRL; they were nevertheless unable to fulfill the employ and interpret indicators.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Akhdiyat, A. M., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh kemandirian belajar matematik siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sma. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1045-1054.

Anggoro, B. S., Puspita, N., Pratiwi, D. D., Agustina, S., Komala, R., Widyastuti, R., & Widyawati, S. (2021). Mathematical-analytical thinking skills: The impacts and interactions of open-ended learning method & self-awareness (Its application on bilingual Test instruments). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 89-107.

Anggraeni, R., Ratnaningsih, N., & Nimah, K. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Self Regukated Learning Dimasa Pandemi Covid-19, Jurnal Gema Pendidikan, 28(2), 124-133.

Estari, A. W. (2020). Pentingnya memahami karakteristik peserta didik dalam proses pembelajaran. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 3, No. 3, pp. 1439-1444).

Faruq, F., & Daliman, D. (2021). pelatihan self-regulated learning untuk meningkatkan prestasi matematika siswa SMP. Abdimas Dewantara, 4(2), 38-49.

Haqqul, A., & Saraswati, S. (2023). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Statistika Kelas VIII. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 119-128.

Hudaifah, F. (2020). Peran self-regulated learning di era pandemi covid-19. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 6(2), 76-84.

Izzatin, M., Kartono, K., Zaenuri, Z., & Dewi, N. R. (2022, September). Pengembangan Literasi Numerasi Siswa Melalui Soal HOTS. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 5, No. 1, pp. 630-634).

Juniansyah, J., Mariyam, M., & Buyung, B. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1167-1181.

Khishaaluhussaniyyati, M., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 10 SMK Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Barisan Dan Deret Aritmetika Ditinjau Dari Self-Regulated Learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 905-923.

Kholifasari, R., Utami, C., & Mariyam, M. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari karakter kemandirian belajar materi aljabar. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 117-125.

Maisarah, S. (2025). Analisis Kemampuan Literasi matematis Siswa Melalui Penyelesaian Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP/MTs (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Putri, R. N., Pujiastuti, H., & Yuhana, Y. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Di Kota Cilegon. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 5(3), 1798-1814.

Sari, E. K., Sugiyanti, S., & Pramasdyahsari, A. S. (2021). Profil kemampuan literasi matematis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal cerita berbasis PISA. Jurnal Gantang, 6(1), 83-92.

Septhiani, S. (2022). Analisis Hubungan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3078-3086.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafitri, A., Atariq, D., & Saputri, R. E. (2024). Pengaruh Self-Regulation Learning Dan Self-Efficacy Terhadap Prestasi Akademik. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(6), 81-90.

Muslimah, H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(1), 36-43.

Waridah, W. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Pemecahan Masalah Ekspresi Aljabar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 4013-4023.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

M. Duskri, Afrizal, & Susanti. (2024). Analysis of Students’ Mathematical Literacy in Solving Problem-Solving Questions Based on Self-Regulated Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(3), 575–584. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i3.2180

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.