Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X2 SMAN 1 Gedung Meneng Menggunakan Bahan Ajar Matriks Berbasis Pendekatan Saintifik
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.390Keywords:
Bahan Ajar, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Representasi Matematis, Subjects, Scientific Approach, Mathematical Representation AbilityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan representasi matematis siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Gedung Meneng dalam menggunakan bahan ajar matriks yang dikembangkan dengan pendekatan saintifik. Penelitian menggunakan metode classroomaction research atau penelitian tindakan kelas yang memiliki desain yang berupa daur spiral dengan empat langkah utama yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Semua data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matriks yang dikembangkan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas siswa yang dapat dilihat dari besarnya peningkatan aktivitas siswa tersebut sebesar 9,9%.Bahan ajar matriks yang dikembangkan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa yang dapat dilihat dari besarnya peningkatan kemampuan tersebut sebesar 8,15% yang diiringi juga dengan meningkatnya hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 10,3%.
This study aims to improve the activity and the ability of the mathematical representation X2 grade students of SMA Negeri 1 Gedung Meneng in using teaching materials matrix developed by scientific approach. Research method iss classroom action research or action research that has a design in the form of a spiral cycle with four main steps: planning, action, observation and reflection. Collecting data in this study used observation and tests. All data collected was analyzed and concluded that the teaching material matrix developed using a scientific approach could increase the activity of students. It could be seen from the increasing in the student activity by 9.9%. Teaching materials matrix developed using a scientific approach could improve students' mathematical representation that could be seen from the large increasing in the ability of 8.15% which accompanied by increasing student learning outcomes in classical amount to 10.3%.
References
NCTM. (2000). Principles and Standards for Schools Mathematics. USA : Reston. V.A
Pitadjeng. (2005). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Semarang: Depdiknas Dirjen Dikti.
Rohani, A. (2005). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Suhardjono. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Tandililing, E. (2011). Peningkatan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah atas Melalui Strategi PQ4R dan Bacaan Refutation Text (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.