Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa melalui Collaborative Analysis of Sample Student Responses

Authors

  • Irkham Ulil Albab Universitas PGRI Semarang
  • Bagus Ardi Saputro Universitas PGRI Semarang
  • Farida Nursyahidah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.427

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah, Collaborative Analysis of Sample Student Responses

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan Collaborative Analysis of Sample Student Responses. Subjek Penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah matematika SLTP di Universitas PGRI Semarang. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah mahasiswa ketika belajar menggunakan Collaborative Analysis of Sample Student Responses. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian diperoleh dengan cara test kemampuan pemecahan masalah matematis, wawancara, observasi dan video – typing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa meningkat ketika menggunakan pembelajaran Collaborative Analysis of Sample Student Responses.

References

Darmana, I. K. R., Sedanayasa, G., & Antari, N. N. M. (2013). PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. MIMBAR PGSD, 1.

Heller, P., Keith, R., & Anderson, S. (1997). Teaching Problem Solving Through Cooperative Grouping (Part 1): Group Versus Individual Problem Solving. MAA NOTES, 159-172.

Krismiati, A. (2013). PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) SECARA BERKELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS X SMA. Jurnal Infinity, 2(2), 123-135.

Langer, G. M., Colton, A. B., & Goff, L. S. (2003). Collaborative analysis of student work: Improving teaching and learning. ASCD.

Sumarmo, Utari. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. FPMIPA UPI. Bandung

Tarsidi, Iding. Model, Bentuk dan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas. Alamat: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196601041993011-IDING_TARSIDI/MAKALAH_MODEL_PTK.pdf

Wahyudin. 2008. Pembelajaran & Model – Model Pembelajaran: Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon Guru Profesional. UPI. Bandung.

Widjajanti, D. B. (2010). ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PERKULIAHAN KOLABORATIF BERBASIS MASALAH DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS, KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PERKULIAHAN KOLABORATIF BERBASIS MASALAH DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS, KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, DAN KEYAKINAN TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Downloads

Published

2017-01-31

How to Cite

Ulil Albab, I., Ardi Saputro, B., & Nursyahidah, F. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa melalui Collaborative Analysis of Sample Student Responses. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 35–44. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.427

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 37 38 39 40 41 42 43 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.