Hypothetical Learning Trajectory pada Materi Peluang: Konteks Mainan Tradisional Ular Naga

Authors

  • Dina Lita Sari Universitas PGRI Semarang
  • Devi Asfira Fitriani Universitas PGRI Semarang
  • Denti Zaedatul Khaeriyah Universitas PGRI Semarang
  • Hartono Universitas PGRI Semarang
  • Farida Nursyahidah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.699

Keywords:

Adobe Flash, Hypothetical Learning Trajectory, Peluang, Permainan Tradisional Ular Naga, PMRI, Opportunity, Traditional Snake Dragon Game

Abstract

Siswa masih mengalami kesulitan belajar materi peluang, diantaranya sulit memahami konsep peluang, salah dalam menggunakan rumus peluang, dan kurangnya motivasi dalam belajar materi peluang. Desain pembelajaran dengan konteks pembelajaran yang tepat dapat menjadi solusi. Penelitian ini bertujuan mendesain pembelajaran materi peluang menggunakan konteks permainan ular naga. Metode penelitian yaitu design research dengan 3 tahapan yaitu: tahap persiapan, eksperimen desain dan analisis retrospektif. Tahap persiapan memberikan penjelasan mengenai persiapan sebelum uji coba HLT pada tahap ekperimen desain. Penelitian ini melibatkan 6 siswa kelas VIII MTs NU Mftahul Ulum Margasari dan 1 guru pengampu matematika. Penelitian ini merumuskan HLT yang terdiri dari 4 aktivitas pembelajaran siswa, yaitu: (1) Menonton video permainan ular naga, untuk mengidentifikasi banyaknya kejadian dan banyaknya eksperimen dan menentukan rumus peluang empirik, (2) menentukan rumus peluang teoritik, (3) menentukan ruang sampel, titik sampel, dan rumus frekuensi harapan, (4) menyelesaikan masalah kontekstual berkaitan materi peluang.

Students still have difficulty learning opportunity material, including difficulty understanding the concept of opportunity, incorrectly using the probability formula, and lack of motivation in learning opportunity material. Learning design with the right learning context can be a solution. This study aims to design learning opportunities material using the context of the dragon game. The research method is design research with 3 stages, namely: preparation stage, experimental design, and retrospective analysis. The preparation stage explains the preparation before the HLT trial at the design experiment stage. This study involved 6 students of class VIII MTs NU Miftahul Ulum Margasari and 1 teacher of mathematics. This study formulates the HLT which consists of 4 student learning activities, namely: Watching a video game of dragon snakes, identifying the number of events and the number of experiments and determining the empirical probability formula, determining the theoretical probability formula, determining the sample space, sample point, and expected frequency formula, solve contextual problems related to probability material.

References

Afriansyah, E. A., Herman, T., Turmudi, T., & Dahlan, J. A. (2020). Mendesain soal berbasis masalah untuk kemampuan berpikir kritis matematis calon guru. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 239-250.

Afriansyah, E. A., & Arwadi, F. (2021). Learning Trajectory of Quadrilateral Applying Realistic Mathematics Education: Origami-Based Tasks. Mathematics Teaching Research Journal, 13(4), 42-78.

Akker, V. D., J dkk. (2006). Educational Design Research. Taylor & Francis e-Library.

Bennu, S., & Tandiayuk, M. B. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Peluang di Kelas VIII A SMP Negeri 3 Sindue. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 7(4), 437–450.

Deviana, D. R., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Monopoli Matematika pada Materi Peluang untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 114–131. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.2.114-131

Fadzillah, N. (2016). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 20(2).

Fahrurozi, A., Maesaroh, S., Suwanto, I., & Nursyahidah, F. (2018). Developing Learning Trajectory Based Instruction of the Congruence for Ninth Grade Using Central Java Historical Building. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(2), 78–85. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v3i2.6616

Firmansyah, A. U. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Adobe Flash Cs6 pada Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Hessa Air Genting. Jurrnal Teknologi dan Sistem Informasi, 02(01), 15–20.

Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Ultrecht: Freudenthal Institute.

Gravemeijer, K., & van Eerde, D. (2009). Design research as a means for building a knowledge base for teachers and teaching in mathematics education. The elementary school journal, 109(5), 510-524.

Hartono, H., & Nursyahidah, F. (2021). Supporting 7th Grade Students’ Understanding of Angles using Central Java Traditional House. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 12 (2), 212-226.

Pedro, L. F. M. G., Barbosa, C. M. M. D. O., & Santos, C. M. D. N. (2018). A critical review of mobile learning integration in formal educational contexts. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1), 1-15.

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134-150.

Li, C. (2022). Foreign language learning boredom and enjoyment: The effects of learner variables and teacher variables. Language Teaching Research, 13621688221090324.

Lisnani, L., & Asmaruddin, S. N. (2018). Desain Buku Ajar Matematika Bilingual Materi Bangun Datar Menggunakan Pendekatan PMRI Berkonteks Kebudayaan Lokal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 345-356.

Lisnani, L. (2019). Pemahaman Konsep Awal Calon Guru Sekolah Dasar Tentang Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 61-70.

Marlinda, I., & Wijaya, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berorientasi pada Minat dan Prestasi. PYTHAGORAS, 13(1).

Nengsih, S., & Septia, T. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Peluang untuk Siswa Kelas XI IPA SMA Adabiah 2 Padang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 299-304.

Nickerson, S. D., & Whitacre, I. (2010). A local instruction theory for the development of number sense. Mathematical Thinking and Learning. 12(3), 227-252.

Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-12.

Nursyahidah, F., and Albab, I.U. (2021). Learning Design on Surface Area and Volume of Cylinder Using Indonesian Ethno-Mathematics of Traditional Cookie maker Assisted by GeoGebra. Mathematics Teaching Research Journal. 13(4), 79-98.

Nursyahidah, F, Albab, I. U., & Saputro, B. A. (2021). Learning cylinder through the context of Giant Lopis tradition. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4), 042086. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042086

Nursyahidah, F., Putri, R. I. I., & Somakim. (2014). Instructional Design Of Subtraction Using Pmri Approach Based On Traditional Game. 978, 132–141.

Prasetya, S. P. (2014). Memfasiltasi Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Jurnal Geografi, 1(12), 1–11.

Sari, DL, & Nursyahidah, F. (2022). Desain pembelajaran materi statistika dengan konteks pasar tradisional berbantuan video interaktif. Jurnal Elemen, 8(1), 29-42.

Suwartono, T., Mularsih, P. S., & Khomsatun, K. (2022). Good Or Bad Teaching Practices? Learning From Efl Classrooms. Khazanah Pendidikan, 16(1), 103-116.

Tjiptiany, E., As’ari, A., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1938–1942. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.6973

Wahidin, & Sugiman. (2014). Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Motivasi Berprestasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Prestasi Belajar. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 99–109. https://doi.org/10.21831/pg.v9i1.9072

Wahyuni, R. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 85-92.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Sari, D. L., Fitriani, D. A., Khaeriyah, D. Z., Hartono, & Nursyahidah, F. (2022). Hypothetical Learning Trajectory pada Materi Peluang: Konteks Mainan Tradisional Ular Naga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 203–214. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.699

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.