Kemampuan Mengajukan Masalah Direlasikan dengan Kemampuan Berpikir Logis Matematik

Authors

  • Nitta Puspitasari Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.482

Keywords:

mengajukan masalah, berpikir logis

Abstract

Kajian ini memaparkan tentang kemampuan mengajukan masalah matematis direlasikan dengan kemampuan berpikir logis matematis. Kemampuan mengajukan masalah serta berpikir matematis merupakan kemampuan esensial yang dimiliki dan dikembangkan oleh siswa untuk bisa menghadapi kemajuan IPTEK yang semakin pesat. Karena kedua kemampuan tersebut menjadi hal yang penting, maka diperlukan panduan pengembangan kemampuan tersebut jika dikaitkan satu dengan yang lainnya. Pada kajian ini juga menyajikan bagaimana rubrik penilaian mengajukan masalah direlasikan dengan kemampuan berpikir logis. Hal ini diharapkan dapat menjadi stimulus untuk mengembangkan kemampuan mengajukan masalah matematis secara optimal.

References

Aminah, M. (2011). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis Matematis melalui Pembelajaran Metakognitif. Paper presented in a dicussion at Post Graduate Study of Indonesia University of Education. Unpublished

Albrecth, K. (1984). Brain Building. New Jersey: Prentice-Hall, Inc., 1984.

Bonotto, C. (2013). “Artifacts as sources for problem-posing activities”. Educational Studies in Mathematics (2013) 83:37–55. DOI 10.1007/s10649-012-9441-7

Cai, J. (2002). “Singaporean students' mathematical thinking in problem solving and problem posing: an exploratory study” International Journal of Mathematical Education in Science and Technology. 2003. Vol.34. No.5. 719 -717. http://www.tandfonline.com/loi/tmes20

Ellerton, N.F. (2013) “Engaging pre-service middle-school teacher-education students in mathematical problem posing: development of an active learning framework”Educational Studies in Mathematics (2013) 83:87–101. DOI 10.1007/s10649-012-9449-z

Ellerton, N. F., & Clarkson, P. C. (1996). Language factors in mathematics teaching. In A. J. Bishop, K.Clements, C. Keitel, J. Kilpatrick, & C. Laborde (Eds.), International handbook of mathematics education (pp. 987–1053). Netherlands: Kluwer.

Hendriana, H. (2002). Meningkatkan Kemampuan Pengajuan dan Pemecahan Masalah Matematika dengan Pembelajaran Berbalik. (Eksperimen pada siswa kelas I SMUN di Bandung). Tesis pada Program Pascasarjana UPI. Tidak dipublikasi.

Hendriana, H. dan Sumarmo, U. (2013). Penilaian Pembelajaran Matematika. PT Refika Aditama. Bandung.

Leung, Shuk-kwan S. (2013). “Teachers implementing mathematical problem posing in the classroom: challenges and strategies” Educational Studies in Mathematics (2013) 83:103–116. DOI 10.1007/s10649-012-9436-4

Markovits, H.; Barrouillet, P. (2004 )“Introduction: Why Is Understanding The Development Of Reasoning Important?” In Evans, J. B. T; Griggs, R.; Harvey, N.; Over, D. (Eds.) Thinking And Reasoning.Special Issue Development And Reasoning. Psychology Press: Taylor & Francis Group, 2004, P. 113-121.

NCTM [National Council of Teacher of Mathematics](2009). Principles and Standrads for School Mathematucs. Reston Verginia: NCTM.INC

Permendiknas. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Dan Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas, 2006.

Rohaeti, E.E. Budiyanto, A.M., Sumarmo, U. (2014). “Enhancing Students’ Mathematical Logical Thinking Ability and Self Regulated Learning Trough Problem Based Learning”. International Journal of Education Vol.8, No. 1. Desember 2014. pp 54-63. Graduate School, Indonesia University of Education.

Shriki, A. (2013). “A Model for Assessing the Development of Students’ Creativity in the Context of Problem Posing”. Creative Education, Vol.4, No.7, 430-439, 2013.

Silver, E.A (2013). “Problem-posing research inmathematics education: looking back, looking around, and looking ahead”. Educational Studies in Mathematics. (2013) 83:157–162

Singer, F.M., Ellerton, N., Cai. J. (2013). “Problem-posing research in mathematics education: new questions and directions” Educational Studies in Mathematics (2013) 83:1–7. DOI 10.1007/s10649-013-9478-2

Singer, F.M and Voica, C. (2013) “A problem-solving conceptual framework and its implications in designing problem-posing tasks”. Educational Studies in Mathematics. 2013. 83:9–26, DOI 10.1007/s10649-012-9422-x

Sumarmo, U. (1987). “Kemampuan Pemahaman Dan Penalaran Matematik Siswa Sma Dikaitkan Dengan Kemampuan Penalaran Logik Siswa Dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajar.” Dissertation In Post Graduate Study, Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Bandung. Un published.

Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Laporan tahun pertama Hibah Bersaing Pascasarjana UPI.

Sumarmo, U. (2010). “Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik”. Published in Suryadi, D, Turmudi, Nurlaelah, E. (Eds). Kumpulan Makalah Proses Berpikir dan Disposisi Matematik dan Pembelajarannya. 2014. Pp.. 75-89. Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.

Sumarmo, U. Hidayat, W, Zulkarnaen, R, Hamidah, Sariningsih, R (2012). “Mengembangkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Siswa SMA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write” . Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 17, No.1, 17-33, April 2012

Sumarmo, U. (2015a). “Pedoman Pemberian Skor pada Butir Tes Kemampuan Matematik”.Makalah dimuat dalam utari-sumarmo@ dosen.stkipsiliwangi. ac.id

Sumarmo, U. (2015 b). “Pengembangan Dan Contoh Butir Skala Nilai, Karakter, Budaya Dan Aspek Afektif Lain Dalam Pembelajaran Matematika”. Makalah dimuat dalam utari-sumarmo@dosen.stkipsiliwangi.ac,id

Suryasumantri, J. S. (1996). Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan,

Tobin, K. G.; Capie, W. (1981). The development and validation of a group test of logical thinking. In Educational and Psychological Measurement. 1981, 41, p. 413-423. Available at: . Access in: 4 April 2011.

Downloads

Published

2018-01-31

How to Cite

Puspitasari, N. (2018). Kemampuan Mengajukan Masalah Direlasikan dengan Kemampuan Berpikir Logis Matematik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.482

Issue

Section

Articles