Penalaran Statistis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Case Study

Authors

  • Baiq Rika Ayu Febrilia IKIP Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.551

Keywords:

penalaran statistis, deskriptif kualitatif, masalah case study

Abstract

Penalaran siswa secara statistika belum begitu baik, kebanyakan siswa menggunakan terminologi yang tidak sesuai dengan maksud dari terminologi yang seharusnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai penalaran statistis melalui permasalahan case study. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan melibatkan 9 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, di mana 3 diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan yang lainnya adalah perempuan. Instrumen yang digunakan berupa permasalahan case study yang relevan dengan permasalahan nyata di dunia dengan fokus materi pada hal-hal yang berhubungan dengan konsep dasar statistika dan bentuk penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir sebagian besar subjek memiliki kemampuan penalaran statistis pada level penalaran idiosinkratik dan penalaran verbal berkaitan dengan konsep tertentu sedangkan level prosedural dan pengintegrasian proses muncul pada permasalahan terkait bentuk penyajian data. Agar level penalaran statistis siswa dapat meningkat, maka diperlukan adanya rancangan permasalahan yang tepat.

References

Apriawan, D. C., Irham, I., & Mulyo, J. H. (2014). Analisis produksi tebu dan gula di PT. Perkebunan Nusantara VII (PERSERO). Agro Ekonomi, 26(2), 159-167.

Batanero, C., Godino, J. D., Vallecillos, A., Green, D. E., & Holmes, P. (1994). Errors and difficulties in understanding elementary statistical concepts. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 25(4), 527-547.

Ekayanti, A. (2017). Diagnosis Kesalahan Mahasiswa dalam Proses Pembuktian Berdasarkan Newmann Error Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 105-116.

Febrilia, B. R. A. (2017). Pembelajaran distribusi Poisson dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 1-14.

Garfield, J. (2002). The challenge of developing statistical reasoning. Journal of Statistics Education, 10(3).

Garfield, J., & Chance, B. (2000), Assessment in statistics education: issues and challenges. Mathematics Thinking and Learning, 2, 99-125.

Nisa, S., Zulkardi, Z., & Susanti, E. (2019). Kemampuan penalaran statistis siswa pada materi penyajian data histogram melalui pembelajaran PMRI di SMANegeri 11 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 21-40.

Manfaat, B., & Nurhairiyah, S. (2013). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan penalaran statistik mahasiswa Tadris Matematika. Jurnal Jurusan Tadris Matematika, 2(02).

Maryati, I. (2017). Peningkatan kemampuan penalaran statistis siswa Sekolah Menengah Pertama melalui pembelajaran kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 129-140.

Mirawati, T. D., Yasin, H., & Rusgiyono, A. (2013). Prediksi curah hujan di Kota Semarang dengan Metode Kalman Filter. In Prosiding Seminar Nasional Statistika Universitas Dipenogoro 2013 (pp. 561-570). Jurusan Statistika Undip.

Lestiani, M. E. (2018). Faktor-faktor dominan promosi yang mempengaruhi motivasi konsumen dalam membeli suatu produk dengan menggunakan metode Ahp. Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, 1(1).

Prabowo, A. (2013). Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa atas permasalahan statistika pada perkuliahan studi kasus dan seminar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 82-90.

Rahman, A. A. (2018). Penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi statistika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa. Genta Mulia, 8(2).

Reading, C. (2002). Profile for statistical understanding. In Proceedings of the sixth international conference on teaching statistics, Cape Town, South Africa.

Setyorini, I. A., Pramudya, I., & Setiawan, R. (2017). Analisis pemahaman konsep siswa terhadap materi pokok statistika ditinjau dari kebiasaan belajar matematika pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 1(4), 1-14.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298.

Tresnawati, R., Nuraini, T. A., & Hanggoro, W. (2010). Prediksi curah hujan bulanan menggunakan metode kalman filter dengan prediktor sst nino 3.4 diprediksi. Jurnal meteorologi dan geofisika, 11(2).

Ulpah, M. (2009). Belajar statistika: mengapa dan bagaimana?. Insania, 14(3), 325-435.

Ulpah, M., & Kusumah, Y. S. (2012, November). Meningkatkan kemampuan penalaran statistis siswa Madrasah Aliyah melalui pembelajaran kontekstual. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 563-570). Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UNY

Weiss, N. A. (2011). Elementary statistics 8th Edition. Boston, USA: Pearson Education, Inc.

Yulianingsih, A., Febrian, F., & Dwinata, A. (2018). Analisa Kesalahan Konsep Pecahan pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 13 Satu Atap Tanjungpinang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 199-206.

Yusuf, Y. (2017). Konstruksi Penalaran Statistis pada Statistika Penelitian. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 60-69.

Downloads

Published

2019-05-31

How to Cite

Febrilia, B. R. A. (2019). Penalaran Statistis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Case Study. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 179–190. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.551

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.