Peningkatan Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Kontekstual

Authors

  • Iyam Maryati STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.435

Keywords:

Kemampuan Penalaran statistis, Pendekatan Pembelajaran Kontekstual

Abstract

Artikel ini menyajikan apa itu  pembelajaran kontekstual dan apa saja karakteristiknya? Apa itu kemampuan penalaran statistis? Mengapa pembelajaran kontekstual dapat mengembangkan kemapuan penalaran statistis siswa Sekolah Menengah Pertama? Kemampuan penalaran statistis sangat penting dimiliki oleh siswa Sekolah Menengah Pertama, karena dengan kemampuan penalaranr statistis ini siswa dapat memiliki kompetensi dalam hal: 1) memahami informasi-informasi statistis yang tersurat maupun yang tersirat pada setiap permasalahan yang dihadapi.  2) Pemahaman yang baik terhadap bagaimana cara  memilih, menyajikan, mererduksi, dan mempresentasikan data yang akan digunakan untuk menjawab permasalahan yang ada. 3) pemahaman dan penalaran yang baik terhadap proses statistis secara keseluruhan termasuk setiap perhitungan yang terlibat dalam proses tersebut. 4) pemahaman untuk memecahkan masalah secara statistis berdasarkan data yang ada, dan menginterprestasikannya dalam pengambilan keputusan yang dapat berlaku secara umum. Oleh karena itu untuk mengembangkan kemampuan penalaran statistis tersebut harus mempertimbangkan pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Model pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk siswa Sekolah Pertama salah satunya adalah pendekatan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning).  Pendekatan pembelajaran kontekstual ini mengambil permasalahan-permasalahan dalam kehidupan sehari-hari atau permasalahan yang disimulasikan dengan dialog, diskusi,, tanya jawab, dan representasi. Aktivitas pengajaran kontekstual yang dikembangkan adalah: a) belajar berbasis masalah, b) belajar dengan multi konteks, c) belajar mandiri, d) penilaian otentik, dan e) masyarakat belajar.

References

Dasari, D. (2009). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Statistis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Model PACE. Disertasi SPS UPI, tidak diterbitkan.

Delmas et al. (2001). Validating Types of Reasoning about Sampling Distribution. Presentation at The Second International Research Forum on Statistical Reasoning, Thinking and Literacy, Armidale, Australia.

Dirjen Pendidikan Lanjutan Pertama, (2003). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikdasmen.

Garfield, J. & Chance, B. (2000). Assesment in Statisyics Issues and Challenges. Mathematical Thinking and Learning. 2,99-125.

Garfield, J. (2002). The Challenge of Developing Statistical Reasoning. Journal of Statistics Education Volume 10, Number 3.[on line], 10 (3).www.amstst.org/publications/jse/10v3/garfield.html. [8 November 2016].

Garfield, J. Dan Ben-Zvi, D. (2004). Statistical Literacy, Reasoning, And Thinking: Goals, Defenitions, And Challeges. In D. Ben-Zvi & Garfield (Eds). The Netherland: Kluwer Academic Publishers.

Johnshon, E.B.(2002). Contextual Teaching and learning. California: CROWIN PRESS, INC.

Libman, Z. (2010). Integrating Real-Lifedata Analysisin Teaching Descriptive Statistics: A. Contructivist Approch. Journal of Statistics Education, 18(1).

Lovett, M. (2001). A Collaborative Convergence On Studyng Reasoning Procesess: A Case Study In Statistics. In D. Khair & S. Cerver (Eds), Cognition And Instrucion: Twenty-Five Of Progress (Pp. 347-384). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaun.

Nur, M.,& Wikandari, P.R.(2000). Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran. Surabaya : Pusat Studi Mattematika dan IPA Sekolah. Universitas Negeri Surabaya.

Nurhadi.(2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/ CTL). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Dikdasmen, Dirjen Pendidikan Lanjutan Pertama.

Olani et al. (2011). Statistical Reasoning Abiliy, Self-Eficacy, And Value Beliefs In A Reform Based University Statistics Course. The Netherland Institute For Educational Research, University Of Groningen.

Rosman, A.M. & Chance, B.L. (2001). Workshop Statistics: Discovery with Data, New York: Springer Verlag.

Downloads

Published

2017-01-31

How to Cite

Maryati, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 129–140. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.435

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.