Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question Getting Answer dan Think Pair Share terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.567Keywords:
Model Pembelajaran, GQGA, TPS, Kemampuan Penalaran MatematikaAbstract
Penelitian ini didasari atas permasalahan pentingnya kemampuan penalaran matematis dan pencapaiannya yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Giving Question Getting Answer dan Think Pair Share terhadap kemampuan penalaran matematika siswa, dan efektifitasnya dalam meningkatkan kemampuan tersebut. Populasi Penelitian eksperimen semu ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Balong. Kelas VIIA diberi pembelajaran dengan model TPS sedangkan kelas VIIB dengan model GQGA. Instrumen pengumpulan data berbentuk tes, meliputi soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran GQGA berpengaruh terhadap kemampuan penalaran siswa kelas VIIB dengan peningkatan yang terjadi dari nilai pretest ke posttest. Begitu juga dengan model pembelajaran TPS berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIIA dengan peningkatan nilai pretest ke posttest. Model pembelajaran GQGA tidak lebih efektif daripada model pembelajaran TPS dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa.
References
Ahmad, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Materi Trigonometri Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Pada Kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 1–9.
Aisyah, E. S., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Active Learning Tipe Giving Question And Getting Answer Dengan Konvensional. Jurnal Pendidikan Mosharafa, 3(1), 12–24.
Arikunto, S. (1995). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research Fouth Edition (Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research). Boston: Pearson Education, Inc.
Depdiknas. (2006). Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi sekolah dasar (p. 2006). Jakarta: Depdiknas.
Jainuri, M. (n.d.). Materi Pertemuan Ke- 6 Instrumen dan Uji Syarat Instrumen. Retrieved from https://anzdoc.com/instrumen-dan-uji-syarat-instrumen.html
Nasution, Y. S., & Surya, E. (2017). Application of TPS Type Cooperative Learning in Improving Student’s Mathematics Learning Outcomes. International Journal of Science: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(1), 116–125.
Nataliasari, I. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 1–12.
Nurmanita, & Surya, E. (2017). Membangun Kemampuan Penalaran Matematis (Reasoning Mathematics Ability) dalam Pembelajaran Matematika. Retrieved July 10, 2018, from https://www.researchgate.net/publication/321825158
Sari, S. P. (2013). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIPE TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP (Studi Penelitian Ekspermen di SMPN 1 Banyuresmi Garut). Jurnal Pendidikan Mosharafa, 2(1), 37–54.
Siregar, N. (2016). Meninjau Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP melalui Wawancara Berbasis Tugas Geometri. Jurnal Pendidikan Mosharafa, 5(2), 128–137.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. Kumpulan Metode Pembelajaran . 1: 88-89. (pp. 88–89).
Syartika, Y. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Confidence Siswa . Universitas Lampung.
Wuryani, A. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.