Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

Authors

  • Tina Sri Sumartini STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v4i1.323

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Penalaran Matematis, kuasi eksperimen

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil-hasil penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis adalah pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa sebagai akibat dari pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang menerapkan dua pembelajaran yaitu pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di salah satu SMK di Kabupaten Garut. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dan diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional.

References

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dahlan, M.D, et, al. (2004). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematis Siswa SLTP Melalui Pendekatan pembelajaran Open- Ended. Disertasi Sps UPI: Tidak diterbitkan.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Standar Kompetensi Matematika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah aliyah. Jakarta: Depdiknas

Duch, B.J., Groh, S.E., dan Allen, D.E. (2001). Why Problem-Based Learning: A Case Study of Institutional Change in Undergraduate Education. Dalam B.J. Duch, S.E. Groh, dan D.E. Allen (Eds): The Power of Problem-Based Learning. Virginia, Amerika: Stylus Publishing.

Jacob. (2003). “Matematika Sebagai Penalaran (Suatu Upaya Meningkatkan Kreatifitas Berpikir)”. Makalah Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI.

Krismiati, A. (2008). Pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabry II dalam meningkatkan kemampuan pemecahan dan berpikir kritis siswa. Tesis UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Nurhasanah, L. (2009). Meningkatkan Kompetensi Strategis (Strategic Competence) Siswa SMP melalui

Model PBL (Problem Based Learning). Skripsi pada FPMIPA UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Rosnawati, R. (2011). “Kemampuan penalaran matematika siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011”. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar- Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Shadiq, F. (2004). “Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi”. Diklat instruktur/Pengembangan Matematika SMA di Yogyakarta.

Suherman, E dan Winataputra U.S. (1993). Strategi Belajar Mengajar Matematika.

Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumarmo, U. (1987). Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Dengan Kemampuan Penalaran Logic Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar-Mengajar. Disertasi PPS IKIP Bandung: tidak diterbitkan.

, U. (2006). Pembelajaran Keterampilan Mmebaca Matematika Pada Sekolah Menengah. Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika Se-Jawa Barat. Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Gunung Djati: Bandung.

, U. (2010). Hand Out Matakuliah Evaluasi Pengajaran Matematika. Sps UPI: Tersedia.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika Siswa dalam Pelajaran Matematika. Disertasi doktor pada PPS IKIP Bandung: Tidak dipublikasikan.

Usniati, M. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatulloh: Tidak diterbitkan.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Bandung: UPI

Downloads

Published

2015-01-30

How to Cite

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v4i1.323

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.