Development of Moodle-Based E-Learning to Improve Students’ Mathematical Ability
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v14i1.2708Keywords:
E-learning, Moodle, Pembelajaran Matematika, Mathematics LearningAbstract
Pengembangan pembelajaran elektronik yang merata merupakan isu pendidikan yang krusial dalam menjawab tantangan digitalisasi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem e-learning berbasis Moodle di SMK Bina Karya Mandiri untuk meningkatkan kemampuan matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan purposive sampling, melibatkan 35 peserta didik kelas X-Multimedia sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi komprehensif mengenai kemampuan matematis dan pengalaman belajar peserta didik. Analisis data dilakukan dengan uji t satu pihak (one-tailed t-test) untuk mengukur peningkatan kemampuan matematis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-learning berbasis Moodle efektif untuk meningkatkan kemampuan matematis peserta didik. Sistem e-learning ini berfungsi sebagai pelengkap dalam kegiatan belajar mengajar, terutama ketika pembelajaran tidak dapat dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan di sekolah. Namun demikian, pembelajaran yang ideal tetap memerlukan peran aktif guru secara langsung guna mencapai hasil belajar yang optimal.
The development of equitable e-learning is a crucial educational issue in responding to the challenges of digitalization. This study aims to develop a Moodle-based e-learning system at SMK Bina Karya Mandiri to improve students’ mathematical abilities. The research method used was Research and Development (R&D) with a purposive sampling approach, involving 35 tenth-grade Multimedia students as the sample. Data were collected through tests, questionnaires, and documentation to obtain comprehensive information on students’ mathematical abilities and learning experiences. Data analysis was carried out using a one-tailed t-test to measure the improvement in students’ mathematical abilities. The results showed that the development of Moodle-based e-learning was effective in enhancing students’ mathematical abilities. This e-learning system serves as a complement to teaching and learning activities, especially when learning cannot be conducted according to the predetermined school schedule. Nevertheless, ideal learning still requires the active role of teachers in person to achieve optimal learning outcomes.
References
Abdurahman, A., Wiliyanti, V., & Tarrapa, S. (2024). Model Pembelajaran Abad 21. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Anita, Y., Thahir, A., Anita, K., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku saku digital berbasis STEM: Pengembangan media pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401-412. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.672
Borg, Waler R., Gall, Meredith D, and Gall Joyce P. (2003). Educational Research an Introduction. United Sates 'of America: Perason Education Inc.
Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan. Remaja Rosdakarya
Darmawan, D. (2016). Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Remaja Rosdakarya
Darmawan, D. (2017). Teknologi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya
Dewantara, A. H., Setiawati, E., Astari, T., Zanthy, L. S., & Muljo, A. (2023). Potential Effect of Blended Problem-Based Learning to Support Students’ Mathematics Activity. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 795-808. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1192
Fauzi, H., Yaniawati, R. P., & Sari, N. M. (2024). Penerapan pembelajaran computer-based learning dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(2), 225-240. https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1671
Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 117-140.
Listiani, T., Maharani, R., & Chong, S. T. (2023). Qualitative Research in Geometry: ExamView as an Application in Facilitating Question Input in Moodle. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 345-358. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1500
Mulatsih, F. A. (2014). Implementasi Blended Learning Pada IPA Tema Hujan Asam untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Komunikasi Ilmiah Siswa Kelas VII-A SMPN 15 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Sebelas Maret.
Munandar, A. H., Amrullah, A., Junaidi, J., & Arjudin, A. (2022). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Learning Management System (LMS) Moodle Pada Materi Trigonometri di Kelas X SMAN 1 Lingsar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 841-852.
Muntu, S. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar.
Nasution, S. T. N., Darmayunata, M. Y., Kom, M., & Wahyuni, M. S. (2020). Augmented Reality dan Pembelajaran di Era Digital. Indramayu: Penerbit Adab.
Nuraeni, R., & Siregar, H. M. (2024). Eksplorasi Pembelajaran Kalkulus Integral dengan Menggunakan Teknologi. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 83-94. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1526
Nuryadi, N., Khuzaini, N., Kholifa, I., & Marhaeni, N. H. (2022). Pendampingan Pendesianan Hybrid Moodle System Pembelajaran Matematika Berbasis E-Learning. Surya Abdimas, 6(2), 301-310.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung.
Pradana, Y. A. W. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dalam Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Bangunan di SMK Nasional Malang Berbasis E-Learning Moodle. Doctoral dissertation: Universitas Negeri Malang.
Prasetyo, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Moodle dan PHP di Prodi PGMI FITK Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 7(1), 26-44.
Putri, I. A. (2017). Pengembangan E-Learning Fisika dengan Moodle Pada Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak di SMA. Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta.
Retnoningsih, E. (2017). Perbandingan Learning Management System Edmodo dan Moodle dalam Pembelajaran Online. Information System for Educators and Professionals, 1(2), 221-230.
Sagita, M., & Nisa, K. (2019). Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik di Era Digital 4.0. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 2(2), 35-41.
Saputro, T. V. D., Purnasari, P. D., Lumbantobing, W. L., & Sadewo, Y. D. (2024). Augmented Reality for Mathematics Learning: Could We Implement It in Elementary School?. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 163-174. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1984
Sari, R. M. M., & Priatna, N. (2020). Model-Model Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 (E-Learning, M-Learning, AR-Learning dan VR-Learning). Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 107-115.
Sharipuddin, S., Effiyandi, E., & Febryanto, D. (2019). Perancangan Aplikasi E-Learning Pada Mts Negeri 1 Merangin. Jurnal Processor, 14(1), 74-88.
Simanjuntak, N. S. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif “Moidel” Berbasis E-Learning. Bogor: Guepedia.
Suyetno, A., & Solichin, W. (2020). Pengembangan Massive Open Online Courses (MOOCs) pada Materi Pengelasan. Jurnal Teknik Mesin Dan Pembelajaran, 2(2), 141.
Tyas, D. N., Ahmadi, F., Sukasih, S., Wulandari, D., & Munawaroh, E. (2024). Akselerasi Learning Recovery Melalui Workshop Penyusunan E-Learning Berbasis Moodle untuk Guru Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SNPP), 3, pp. 45-55).
Zulkifli, M. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran PAI Berbasis TIK yang Efektif Pada SMA Negeri 4 Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Al-Qalam, 19(2), 241-252.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.