Students’ Profiles with Interpersonal and Intrapersonal Intelligence in Solving Mathematical Problems

Authors

  • Abdur Rochim SMKN 1 Purwoasri
  • Wiwin Sri Hidayati STKIP PGRI Jombang
  • Faridatul Masruroh STKIP PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.749

Keywords:

Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Intrapersonal, Pemecahan Masalah, Interpersonal Intelligence, Intrapersonal Intelligence, Solving Problem

Abstract

Kecerdasan interpersonal dan intrapersonal diperlukan dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan menganalisis profil siswa dengan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah dua. Pemilihan subjek berdasarkan pada skala kecerdasan majemuk. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara dan skala penilaian. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, sedangkan instrumen pendukung yaitu lembar tes pemecahan masalah, pedoman wawancara dan lembar skala kecerdasan majemuk. Keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Analisis dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan simpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa subjek berkecerdasan interpersonal dalam memecahkan masalah barisan aritmatika adalah subjek melakukan semua tahapan pemecahan masalah dengan benar tetapi kurang lengkap. Subjek mengkomunikasikan semua ide pemecahan masalah secara lisan dan tulis dengan lancar. Subjek berkecerdasan intrapersonal dalam memecahkan masalah barisan aritmatika adalah subjek melakukan semua tahapan pemecahan masalah dengan keyakinan dan berdasarkan waktu. Subjek menunjukkan kepercayaan diri dan manajemen waktu yang efektif.

 

Interpersonal and intrapersonal intelligence are required to solve mathematical problems. This study aims to analyze the profiles of students with interpersonal and intrapersonal intelligence in solving mathematical problems. This qualitative descriptive study involved two participants selected by multiple intelligences tests. The data collection techniques utilized tests, interviews and rating scales. The main instrument was the researcher himself, while the supporting instruments were the problem solving test sheets, interview guidelines and multiple intelligences scale sheets. The time triangulation was used to validate the data. The data reduction, data presentation and conclusions were conducted in the analysing process. Based on the results of the data analysis and discussion, the study concluded that in solving arithmetic sequence problems the participant with interpersonal intelligence performed all stages of problem solving correctly, but incomplete. The participant communicated all the problem solving ideas in written and spoken forms fluently. The participant with intrapersonal intelligence in solving arithmetic sequence problems confidently and efficiently conducted all problem solving stages. The participant demonstrated good self-confidence and an effective time management.

References

Alannasir, W. (2020). Characteristic-based development students aspect. International Journal of Asian Education, 1(1), 29-36.

Cavas, B., & Cavas, P. (2020). Multiple intelligences theory—Howard Gardner. Science Education in Theory and Practice: An Introductory Guide to Learning Theory, 405-418.

Dellermann, D., Ebel, P., Söllner, M., & Leimeister, J. M. (2019). Hybrid intelligence. Business & Information Systems Engineering, 61, 637-643.

Faradina, A., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Berpikir Logis Siswa Dalam Menyelesaikan Matematika Realistik Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 129-151. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.129-151

Hidayati, W. S. (2016). Description Verbal mathematics communication of students prospective mathematics teacher in teaching practice. IOSR Journal of Research & Method in Education(IOSR-JRME), 6(6), 08-11. https://doi.org/10.9790/7388-0606040811

Hidayati, W. S., Iffah, J. D. N., & Rafi, M. S. (2021a). Identifikasi Soft Skills Guru Dalam Pembelajaran Matematika. CORCYS: Prosiding Conference on Research and Community Services, 3(1), 95-102.

Hidayati, W. S., Iffah, J. D. N., & Rafi, M. F. (2021b). Soft Skill Attributes of High School Teachers in Teaching Mathematics. Review of Internatiomnal Geographical Education (RIGEO), 11(8), 2982–2998. https://doi.org/10.48047/rigeo

Hikmah, N., & Eva, L. M. (2021). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 419-424.

Irhamna. (2017). Efektivitas Penggunaan Strategi Krulik dan Rudnick Dalam Meningkatkan Kemampuan pemecahan Masalah Matematis. SEMNASTIKAUNIMED, 321-325.

Kuswana, W. S. (2013). Taksonomi Berpikir. PT Remaja Rosdakarya.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Lidinillah, D. A. M. (2011). Heuristik Dalam Pemecahan Masalah Matematika dan Pembelajarannya di Sekolah Dasar. Jurnal Elektronik: Universitas Pendidikan Indonesia, 1-11.

Ma’rufi. (2015). Pengajuan dan Pemecahan Masalah Matematika. Pustaka Ramadhan.

Mahfiroh, N., Wardani, D. A., Agustiningrum, F., & Mustangin. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi SPLTV Ditinjau dari Multiple Intelligences Peserta Didik Kelas X MIPA SMAS Diponegoro Tumpang Tahun Pelajaran 2020/2021. de Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1), 33-43.

Mairing, J. P. (2018). Pemecahan Masalah Matematika: Cara Siswa Memperoleh Jalan Untuk Berpikir Kreatif dan Sikap Positif. Alfabeta.

Paolini, A. C. (2020). Social Emotional Learning: Key to Career Readiness. Anatolian Journal of Education, 5(1), 125-134.

Pop, C., & Khampirat, B. (2019). Self-assessment instrument to measure the competencies of Namibian graduates: Testing of validity and reliability. Studies in Educational Evaluation, 60, 130-139.

Pratama, M. A. (2020, October). Mathematical critical thinking ability and students’ confidence in mathematical literacy. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1663, No. 1, p. 012028). IOP Publishing.

Putra, H. D., Putri, W. A. S., Fitriana, U., & Andayana, F. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 60-70. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1313

Rochim, A. (2021a). Profil Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. CORCYS: Prosiding Conference on Research and Community Services, 3(1), 72-83.

Rochim, A. (2021b). Profil Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Kemampuan Matematika di SMK Muhammadiyah 1 Baron. Vocational: Jurnal Inovasi pendidikan Kejuruan, 1(4), 185-195. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i4.644

Rochim, A., Herawati, T., & Nurwiani, N. (2021). Deskripsi Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Geogebra dan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 269-280. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.996

Rohmawati, E., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Kongruen, 1(4), 379-405.

Rokhima, N., & Fitriyani, H. (2017). Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal. Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, 272-278.

Saleh, A. (2009). Seni Mengajarkan Matematika Berbasis kecerdasan Majemuk. CV Regina.

Siswono, T.Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah fokus pada Pola Berpikir Kritis dan kreatif. PT Remaja Rosdakarya

Sumadi, S., Putra, T.Y., & Astutik, H.S. (2020). Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Berdasarkan Kecerdasan Majemuk. JHM: Journal Of Honai Math, 3(2), 123-144. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i2.107

Suparno, P. (2007). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Kanisius.

Sutarman, S. D., & Mulyati, Y.(2019). Investigating cooperative learning model based on interpersonal intelligence on language learners skill to write article. International Journal of Instruction, 12(4), 201-218.

Trimahesti, Kriswandani, & Ratu, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Krulik dan Rutnick dalam Mengerjakan Soal Olimpiade oleh Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 42-51. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.267

Wicaksono, A. (2020). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP dengan Kecerdasan Interpersonal Ditinjau Berdasarkan Gender. Koordinat: Jurnal Pembelajaran Matematika & Sains, 1(1), 39-51.

Wicaksono, A., Rizal, M., & Sukayasa. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP dengan Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal. Mitra Sains, 5(4), 12-24.

Widarto. (2011). Pengembangan Soft Skill Mahasiswa Pendidikan Vokasi melaui Clop-Work. Paramitra Publishing.

Xiang, X., Li, Q., Khan, S., & Khalaf, O. I. (2021). Urban water resource management for sustainable environment planning using artificial intelligence techniques. Environmental Impact Assessment Review, 86, 106515.

Yaumi, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. PT Dian Rakyat.

Yavich, R., & Rotnitsky, I. (2020). Multiple Intelligences and Success in School Studies. International Journal of Higher Education, 9(6), 107-117.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Rochim, A., Hidayati, W. S., & Masruroh, F. (2023). Students’ Profiles with Interpersonal and Intrapersonal Intelligence in Solving Mathematical Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 35–46. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.749

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.